Kepemimpinan dan Era Demokrasi Septo Indarto (Team Double S)

31 Okt

Apakah Kemampuan Berbicara Sebagai Orator sangat Diperlukan Bagi Seorang Pemimpin?
Kemampuan berbicara didepan umum dengan baik sangat diperlukan bagi seorang pemimpin. Keterampilan berbicara dimuak umum dengan baik adalah sebuah keharusan karena para pemimpin akan menyampaikan ide-ide mereka kepada massa dalam jumlah yang besar, bagaimana menyampaikan gagasan dengan kata-kata yang menarik dan penuh motivasi adalah sebuah nilai pribadi yang cukup bagus bagi seorang pemimpin untuk mampu berdialog dan berkomunikasi dengan massa.
Berkomunikasi dengan kata-kata yang mudah dipahami adalah salah satu cara bagi seorang pemimpin untuk menarik perhatian massa. Menggunakan bahasa yang mudah dicerna adalah sebuah keharusan untuk menerangkan maksud dan tujuan. Para pemimoin dapat menyampaikan ide-ide mereka kepada massa, massa akan menilai apakah kemampun berbicara yang bagus mampu menarik simpati massa dalam jumlah yang besar.
Kemampuan berbicara adalah hal yang mutlak yang harus dimiliki setiap pemimpin untuk mampu berkomunikasi dengan massa. Massa adalah jumlah besar yang lebih dari seribu orang dan kemampuan Anda dilihat apakah Anda sebagai seorang pemimpin mampu berbicara tentang ide-ide Anda kepada mereka semua, apakah mereka tertarik untuk mendengarkan isi pidato Anda kemudian memberikan feedback (masukan kepada Anda), mereka akan menilai sejauh mana Anda dapat dijadikan seorang tokoh dan mampu memimpin. Anda harus menguasai bagaimana caranya menguasai massa untuk mendengarkan isi pidato Anda kepada mereka. Ini menyangkut kualitas diri Anda sebagai seorang pemimpin. Kemampuan Public Speaking sangat dibutuhkan untuk berbicara di depan massa dalam jumlah yang besar. Ini menyangkut kualitas Anda dalam berkomunikasi dan menyangkut kualitas cara berpikir Anda dalam menggagas ide-ide yang Anda miliki. Sistem Demokrasi dibangun membutuhkan banyak energi, bukan hanya partisipiasi rakyat saja, tetapi kemampuan untuk melahirkan ide-ide baru adalah hal yang penting. Kehidupan masyarakat selalu berjalan dengan dinamis, masyarakat selalu membutuhkan ide-ide baru untuk dipelajari untuk meningkatkan kualitas diri mereka. Kemampuan Anda melahirkan ide-ide baru dan Anda mampu berkomunikasi dengan massa dalam jumlah besar adalah sebuah prestasi bagi diri Anda sebagai pemimpin yang berkualitas.
Karena gagasan Demokrasi berasal dari situasi dimana demokrasi dilahirkan oleh keadaan bahwa rakyat mempunyai hak berdaulat penuh dan memberikan mandat mereka kepada pemerintahan mereka sendiri untuk memimpin diri mereka dan meningkatkan kualitas diri hidup mereka. Demokrasi membutuhkan pengorbanan dan juga kerja keras secara bersama-sama dan tidak mudah untuk mewujudkannya dalam waktu yang sangat singkat. Karena Demokrasi dalam perjalanan waktu membutuhkan ide-ide baru untuk memperbaiki keadaan yang sudah ada menjadi lebih baik dari era sebelumnya. Dialog-dialog dalam sistem politik modern bisa dilakukan dengan media internet. Media internet, khususnya social media adalah sarana yang memadai untuk melakukan komunikasi dua arah. Pemimpin dapat berdialog dengan massa tanpa batasan waktu dan tempat. Internet memberikan kemudahan tersebut. Teknologi internet yang berkembang dengan pesat telah membantu para pemimpin untuk berdialog dengan massa dalam jumlah yang lebih besar dan juga massa dapat terlibat dan mampu memberikan masukan-masukan yang membangun atau konstuktif terhadap ide-ide dari seorang pemimpin untuk membuat kebijakan-kebijakan dalam pemerintahan.
Saat ini banyak para pemimpin membuat iklan-iklan dalam bentuk video yang menerangkan kebijakan mereka dan meng-upload (memasang) di halaman situs Youtube.com. Youtube.com saat ini merupakan media internet yang paling efisien dalam menjangkau massa yang lebih besar. Karena hampir semua orang saat ini, mencari referensi video melalui Youtube.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: