Inovasi dan Persaingan Septo Indarto (Team Double S)

28 Okt

Inovasi dan Persaingan
Septo Indarto (Team Double S)

Slogan inovasi saat ini bergema diseluruh dunia, semangat inovasi adalah semangat untuk menciptkan keunggulan untuk mampu memenangkan persaingan. Inovasi bukan hanya dijadikan sebuah semangat tetapi harus dilakukan untuk menjadi sebuah budaya kerja, baik untuk organisasi maupun untuk inidvidu. Inovasi bukan hanya mengenai bagaimana kita harus bekerja keras dan menciptakan ide-ide yang kreatif tetapi juga berkaitan untuk bagaimana melihat masa depan untuk mengukur kelebihan dan kekurangan kita, belajar untuk mempelajari hal-hal yang baru. Inovasi membutuhkan keberanian dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan aksi dalam mewujudkannya. Gairah inovasi harus dijadikan sebuah langkah untuk berjalan saat ini dan dimasa mendatang.
Kita hidup pada abad ke 21, era dimana inovasi telah menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita melihat dilingkungan sekeliling kita, berapa banyak hal-hal baru saat ini ditemukan dan dikembangkan oleh orang-orang yang berjiwa inovator dan mereka melakukan langkah yang hebat dalam mewjudkannya, walaupun sering dikatakan mereka adalah orang-orang gila yang berpikir diluar kotak atau bahasa yang sering kita dengar dan kita baca adalah out of the box (keberanian untuk berpikir lebih maju dan terbuka yang berbeda dari cara berpikir yang telah ada sebelumnya).
Dalam organisasi perusahaan sangat penting untuk membahas mengenai bagaimana inovasi harus dijadikan budaya kerja perusahaan dan juga selalu memperbaiki kinerja perusahaan dari waktu ke waktu. Ketika dunia teknologi berkembang dengan sangat pesat manusia dengan sangat mudah mengakses data dalam bentuk teks dan multimedia untuk mempelajari hal-hal baru yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Peradaban umat manusia bergerak ke arah yang lebih maju karena manusia tidak pernah puas terhadap hasil-hasil yang telah diperoleh, manusia tidak pernah akan puas, oleh karena itu mereka selalu berpikir untuk meningkatkan kualitas kehidupan mereka dengan terus belajar untuk menciptakan penemuan-penemuan baru yang jauh lebih baik dari penemuan-penemuan dimasa lampau. Orang-orang yang mempunyai jiwa inovator akan selalu melihat masa depan sebagai sebuah ruang untuk menciptakan banyak penemuan yang bermanfaat dan dapat digunakan oleh masyarakat luas. Mereka selalu berpikir kreatif dengan ide-ide baru dan sering dianggap sebagai ide-ide gila karena berani melampaui zamannya, berani melihat peluang saat ini dan peluang dimasa mendatang untuk membuat perubahan besar sehingga penemuan-penemuannya bisa digunakan oleh masyarakt luas, mereka melihat perubahan terjadi karena perubahan selalu terjadi setiap saat dan mereka adalah pelopor bagi perubahan itu sendiri dan tidak menunggu waktu sampai orang lain menciptakan perubahan tersebut.
Ada satu hal yang harus kita ketahui: MENJADI SEORANG INOVATOR DAPAT DILAKUKAN OLEH SETIAP ORANG. KARENA KITA HARUS INGAT BAHWA AKAL DIBERIKAN OLEH TUHAN KEPADA KITA SUPAYA KITA MAMPU UNTUK BERPIKIR BAGI DIRI KITA DAN ORANG LAIN UNTUK MENCIPTAKAN KARYA-KARYA YANG MAMPU MENCIPTAKAN KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK. SAAT INI INOVATOR BUKAN DIMILIKI OLEH HANYA BEBERAPA ORGANISASI PERUSAHAAN, INOVATOR ADALAH KEWAJIBAN BAGI DIRI INDIVIDU YANG INGIN MERAIH SUKSES DALAM BERKARYA.
Saat ini hampir semua perusahaan diseluruh dunia gencar untuk melakukan riset untuk menciptakan inovasi-inovasi baru untuk terus mampu bertahan dan menciptakan keunggulan kompetitif dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan-perusahaan yang lain. Perusahaan menganggarkan banyak sekali dana untuk penelitian dan merekrut orang-orang berkualitas untuk menciptakan inovasi-inovasi baru untuk menciptakan sebuah produk dan jasa yang mampu memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Sebagian perusahaan besar di dunia telah menganggap bahwa inovasi adalah roh perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan memenangkan persaingan pasar untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik.
Kenapa Inovasi begitu menjadi penting sekali saat ini? Inovasi sangat penting karena perubahan yang terjadi begitu cepat, inovasi telah menjadi sebuah kebutuhan untuk meningkatkan standar kualitas kerja yang akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam jangka panjang, tanpa itu semuanya adalah hal yang mustahil. Inovasi diciptakan untuk menciptakan sebuah perubahan, perubahan untuk meningkatkan kualitas hidup, bagi kebanyakan perusahaan inovasi telah menjadi kebutuhan yang mendesak dalam mengantisipasi perubahan-perubahan yang akan terjadi saat ini dan juga saat yag akan datang. Ini membutuhkan sebuah pengorbanan dalam bertindak, artinya kita harus berani dalam mengambil sebuah aksi untuk menciptakan perubahan itu sendiri.
Contohnya perusahaan-perusahaan teknologi diseluruh dunia, saat ini paling banyak melakukan inovasi dalam budaya kerja mereka dan juga menciptakan produk-produk baru yang memberikan manfaat besar bagi kemajuan kehidupan manusia. Contoh perusahaan Google menciptakan banyak produk-produk IT yang inovatif dengan harga yang terjangkau bagi sebagian besar orang sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas kerja mereka baik di kantor dan di luar kantor. Produk Google Map saat ini banyak dimanfaatkan oleh organisasi perusahaan dan individu ketika mereka mencari sebuah lokasi yang penting untuk dikunjungi. Google Map memberikan kemudahan yang diinginkan oleh pengguna dan terus diperbaiki dari waktu ke waktu sehingga produk tersebut menjadi lebih baik dan mempunyai features yang lengkap dan sangat bermanfaat bagi para penggunanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: