Strategi Bisnis Jangka Panjang Septo Indarto (Team Double S)

9 Okt

Strategi Bisnis Jangka Panjang
Septo Indarto (Team Double S)

Apakah Anda telah mempunyai strategi bisnis jangka panjang saat ini? Apakah Anda telah melakukan perubahan saat ini? Apa yang Anda pikirkan dan Anda lihat mengenai perkembang teknologi yang mampu menciptakan kekuatan luar biasa bagi bisnis Anda? Mampukah Anda menciptakan semuanya sebagai strategi bisnis jangka panjang. Strategi bisnis jangka panjang adalah hal yang penting ketika perusahaan atau usaha Anda telah berjalan lebih dari sepuluh tahun dan telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Ini adalah mengenai kemampuan Anda memimpin sebuah perusahaan dan kemampuan Anda berinovasi, strategi bisnis jangka panjang adalah sebuah kunci menuju keberhasilan Anda.
Kemampuan Anda memimpin perusahaan dan berhasil mencapai target-target perusahaan akan menciptakan sebuah tolak ukur baru bagi para pemegang saham. Tetapi Anda harus yakin bahwa Anda bisa melakukan hal itu semua, bahwa perusahaan dapat terus berjalan dalam keadaan wajar dari segi operasional dan menunjukkan pertumbuhan pendapatan dan pertumbuhan laba bagi kemajuan perusahaan Anda saat ini dan dimasa mendatang. Hal yang mungkin Anda tidak pernah duga adalah jika para pemegang saham tiba-tiba memutuskan untuk menjadi pemilik saham perusahaan Anda. Karena mereka melihat kinerja Anda sangat bagus dalam menjalankan roda organisasi perusahaan Anda.
Apa yang dimaksud dengan pemilik saham? Pemilik saham adalah investor yang membeli saham suatu perusahaan untuk memilikinya dalam jangka panjang. Mereka adalah investor terbaik yang harus dimiliki karena mereka membeli saham untuk jangka waktu jangka panjang untuk melihat pertumbuhan yang konsisten dari waktu ke waktu. Mereka adalah jenis investor yang memiliki visi jangka panjang dan melihat masa depan mempunyai sebuah kesempatan untuk melihat perkembangan bisnis semakin berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari pada saat ini.
Tapi ada hal yang Anda harus perhatikan. Para pemilik saham adalah orang yang menginginkan transparansi yang mendetail, karena hal ini sangat penting bagi mereka. Mereka adalah investor jangka panjang dan selalu ingin disediakan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh diri mereka untuk melihat perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu. Jika bisnis berjalan sesuai harapan mereka dan mendapatkan keuntungan maka mereka tidak segan untuk menambah modal mereka lagi kepada perusahaan. Ini hal yang luar biasa bagi pertumbuhan bisnis perusahaan. Pemilik saham sangat memperhatikan transparansi, strategi bisnis Anda dalam jangka panjang, kemampuan produk yang Anda jual untuk bertahan di pasar daam jangka waktu lama. Mereka adalah orang yang sangat serius tetapi mereka juga adalah orang yang akan membantu perkembangan bisnis Anda. Ciptakan pola komunikasi dua arah mengenai arah perkembangan bisnis Anda saat ini dan dimasa yang akan datang.
Menyampaikan strategi bisnis jangka panjang dan kultur kerja perusahaan adalah hal yang sangat penting. Apalagi ketika ada seorang atau beberapa investor yang menghubungi Anda untuk mempunyai keinginan membeli saham perusahaan. Hal ini memerlukan sebuah negosiasi yang panjang dan alot karena semua hal akan dibahas sampai mendetail mengenai dampak positif dan dampak negatif dari sebuah kebijakan baru yang diambil perusahaan yaitu antara top managemen perusahaan dan juga para pemilik saham. Banyak sekali hal yang akan dibahas secara bersama-sama karena ini menyangkut kinerja perusahaan saat ini dan dimasa mendatang dan kemampuan perusahaan memberikan keuntungan. Ini menyangkut strategi bisnis jangka panjang.
Komunikasi dua arah yang berjalan setip saat adalah salah satu kunci dari sebuah keberhasilan proses negosiasi. Negosiasi membutuhkan strategi tetapi untuk membangun perusahaan, bagaimana memberikan informasi yang tepat kepada para calon investor yang ingin menjadi para pemegang saham. Ini adalah hal yang sangat penting. Anda berjalan bersama tim Anda dan juga para calon investor. Kemampuan Anda membuat posisi bisnis Anda adalah hal yang sangat penting untuk selalu Anda katakan kepada para calon investor. Hal yang terpenting adalah selalu memperbaiki kinerja perusahaan dari waktu ke waktu. Lihat perjalanan bisnis Anda sebagai rencana jangka panjang saat ini. Ini yang paling penting.
Hal yang selalu Anda harus ingat adalah bahwa calon investor selalu ingin sebuah kepastian dalam jangka panjang sedangkang siklus bisnis selalu berubah setiap saat. Tentu Anda harus meyakinkan mereka semua, hal yang terbaik adalah Anda membuat presentasi perjalanan bisnis Anda dari waktu ke waktu dan prestasi-prestasi apa yang telah dicapai dan kegagalan-kegagalan seperti apa yang telah menimpa perusahaan Anda dan bagaimana Anda menciptakan solusinya untuk mengatasi kegagalan tersebut. Para investor akan lebih menghargai sikap jujur apa yang telah terjadi baik keberhasilan dan kegagalan. Karena ini adalah sebuah siklus bisnis. Ada saatnya perusahaan mendapatkan keuntungan besar ada saatnya perusahaan menderita kerugian besar, maka hal yang terbaik adalah transparasi yang penuh keterbukaan maka calon investor akan lebih menghargai Anda dan juga bisa memberikan prediksi bisnis dalam jangka panjang yang akan membantu Anda sebagai sebuah masukan untuk membesarkan bisnis Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: