Konteks APEC diAbad ke 21 Septo Indarto (Team Double S)

9 Okt

Konteks APEC diAbad ke 21
Septo Indarto (Team Double S)

APEC adalah organisasi yang dinamis bergerak menuju visi yang sama, tujuannya hanya satu yaitu menciptakan perdagangan bebas di kawasan Asia-Pasifik yang adil dan memberikan kemakmuran kepada Negara-negara anggota-anggotanya. Forum kerjasama yang berlangsung di Bali pada tanggal 1-8 Oktober 2013 di Nusa Dua Bali-Indonesia bertujuan untuk menciptakan langkah bersama dan aksi yang nyata bagaimana semua Negara-negara anggota APEC akan mendapatkan peluang yang sama untuk menciptakan kerjasama yang adil, bagaimana perdagangan bebas bisa memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan ekonomi dan menggerakan industri Negara-negara anggota APEC, memberikan kesejahteraan kepada rakyat. Satu hal yang harus dijadikan poin penting bahwa pada abad ke 21: Tidak ada satupun Negara di dunia ini yang mampu untuk memenuhi sendiri kebutuhan domestik tanpa mau melakukan kerjasama internasional. Intinya adalah semua Negara akan saling bergantung satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya. Kerjasama internasional APEC adalah salah satu tempat atau wadah yang mampu mewujudkan semua kepentingan semua Negara-negara anggotanya.
APEC penting sekali bagi semua Negara saat ini, bahkan Negara-negara yang bukan anggota APEC juga ingin melakukan kerjasama dengan Negara-negara anggota APEC. APEC telah menjadi sebuah kekuatan global yang mampu menciptakan pertumbuhan, menjadi salah satu pusat kawasan yang kuat untuk kegiatan perdagangan internasional. Negara-negara yang mempunyai kekuatan ekonomi besar seperti Amerika, Jepang, Australia, Kanada, China, Indonesia, Singapura mempunyai peran yang penting untuk menjaga kestabilan perdagangan dunia ketika dunia sedang dalam krisis ekonomi. Ini adalah sebuah kesempatan besar dan akan menciptakan efek yang besar bagi kemajuan kawasan. Sudah waktunya setiap Negara anggota APEC mulai mendesign produk-produk unggulan untuk dijadikan ikon produk dikawasan Asia-Pasifik.
Kerjasama Trans-Pacific Partnership dan Regional Comprehensive Economic Partnership harus terus digalakan oleh semua anggota APEC. Kerjasama ini yang merupakan sebuah satu kesatuan di dalam APEC harus dilakukan sebagai aksi yang nyata. Contohnya Vietnam adalah Negara yang terlebih dahulu memanfaatkan TPP dibandingkan Indonesia, khususnya dalam segmen pasar tekstil. Ekspor tekstil dan garmen Vietnam ke Amerika meningkat tajam karena mendapatkan ekspor khusus ke Amerika. Kejelian Vietnam dalam melihat pasar tekstil Amerika akan menciptakan produk tekstil yang kompetitif (mampu bersaing di pasar Amerika dengan produk-produk Negara lain), membuka lapangan kerja, memberikan kontribusi kepada pembangunan ekonomi Vietnam.
Banyak sekali peluang yang bisa kita ambil dari kerjasama APEC dibidang ekonomi dan perdagangan. Masyarakat dan pemerintah harus bersinergi satu sama lain. Penting sekali bagi setiap pemerintahan dari Negara-negara anggota APEC untuk memberikan informasi kepada masyarakatnya bahwa APEC merupakan kerjasama ekonomi yang sangat penting bagi kemajuan sebuah Negara dan bagaimana memanfaatkan kerjasama ini untuk mendorong ekspor, kreativitas masyarakat dan juga para pelaku industri sangat penting. APEC harus dilihat sebagai sebuah kerjasama global yang harus dimanfaatkan oleh setiap Negara-negara anggotanya untuk aktif dan berkontribusi mendukung upaya menciptakan perdagangan bebas yang adil dan transparan. Hal ini sangat penting ketika dunia sedang dalam krisis ekonomi dunia, APEC harus didesign menjadi organisasi yang siap untuk memberikan sebuah solusi yang dapat kita rasakan bersama untuk kemajuan kita bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: