Masa Depan Ekonomi Amerika Septo Indarto (Team Double S)

6 Okt

Masa Depan Ekonomi Amerika
Septo Indarto (Team Double S)

Sampai saat ini, Amerika tetap menjadi tempat tujuan investasi, perusahaan-perusahaan kelas dunia. Amerika memiliki infrastruktur yang memadai sebagai negara paling kuat dibidang ekonomi dan terus didukung kemajuan teknologi untuk memudahkan investasi bisnis. Tetapi Amerika sering dilanda masalah krisis keuangan, mulai dari era presiden Ronald Reagan hingga era presiden Barack Obama. Di era pemerintahan Bill Clinton, masalah ini bisa diatasi dan menciptakan pertumbuhan yang kuat dan stabil dan hasilnya berhasil menciptakan pondasi perekonomian Amerika mampu bersaing, meningkatkan ekspor ke seluruh dunia. Era pemerintahan yang dipimpin oleh presiden Bill Clinton telah menciptakan kemakmuran bagi semua kelas dan hal ini merupakan salah satu prestasi terbaik dalam sejarah pemerintahan Amerika. Di era pemerintahan Bill Clinton, Amerika mulai mengembangkan kemajuan teknologi informasi dan menjadikan Silicon Valley menjadi tempat terbaik bagi ilmuwan teknologi untuk menciptakan karya-karya baru dibidang teknologi.
Tapi saat ini Amerika harus bekerja keras untuk menyelamatkan perekonomiannya dari resesi yang sangat panjang. Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu lama akan menciptakan bom waktu bagi perokonomian Amerika dan menciptakan ketidakstabilan ekonomi yang tentunya akan menciptakan masalah-masalah baru yang akan mengganggu jalannya pemerintahan, aktivitas bisnis, membuat biaya perawatan kesehatan akan semakin mahal. Tentunya masalah-masalah lain akan timbul, yang akan menjadi korban adalah kelas pekerja, karena harus berjuang keras untuk mencukupi kebutuhan hidup saat ini dan dimasa mendatang. Ketika banyak perusahaan-perusahaan harus tutup, maka banyak para pekerja yang akan kehilangan pekerjaan. Ini akan menjadi efek bola salju yang lebih besar bagi perekonomian Amerika. Defisit anggaran adalah wacana yang sering terjadi disetiap era pemerintahan presiden Amerika dan itu masih menjadi pekerjaan rumah yang menguras energi politik yang besar untuk menciptakan sebuah kompromi yang kuat diantara para elit politik dari Partai Demokrat dan Partai Republik. Jika kompromi masih terus berjalan tetapi menghasilkan keputusan yang tidak menyentuh akar permasalahan maka itu akan menciptakan sebuah tragedi besar bagi jalannya pemerintahan di Washington, karena akan banyak para pekerja untuk sementara waktu hari diliburkan untuk menghemat anggaran untuk biaya operasional.
Pemerintahan Obama sedang berada dalam sebuah krisis besar dalam menyelesaikan krisis ekonomi yang sangat panjang. Semua keputusan yang diambil oleh presiden Obama akan dilihat dan dianalisa oleh semua orang baik di Amerika dan diseluruh dunia. Hal ini disebabkan karena Amerika masih menjadi negara sentral bagi aktivitas bisnis global dan dampak dari keputusan presiden Obama juga akan berdampak global. Ini menyebabkan presiden Obama harus lebih fokus dan melihat ke masa depan mengenai keputusan yang akan diambil segera untuk menyelesaikan anggaran pemerintahan federal dalam waktu yang tidak terlalu lama, jika terlalu lama maka hal ini akan menciptakan banyak masalah baru yang akan muncul dan tentunya tidak akan baik bagi perkembangan perekonomian Amerika dan perekonomian dunia.
Pada pertemuan tingkat tinggi APEC di Bali-Indonesia (2013), presiden Obama tidak bisa menghadirinya karena kompromi dengan Partai Republik masih terus berjalan. Sekretaris Pers Gedung Putih mengatakan: Pembatalan perjalanan ini merupakan konsekuensi kengototan anggota DPR AS dari Partai Republik yang memaksa pemerintah Federal harus merumahkan sepertiga pegawai federal dan menghentikan aktivitasnya. Presiden Obama akhirnya mengutus Menteri Luar Negeri AS John Kerry untuk memimpin delegasi Amerika Serikat ke Bali-Indonesia.
Salah seorang pekerja yang diliput sebuah media mengatakan bahwa: Konggres itu seperti anak kecil yang sedang berkelahi memalukan. Dia mengatakan akibat konflik ini dia terpaksa terkena cuti akibat penghentian sebagian aktivitas pemerintah. Kondisi ini tentunya akan membahayakan pemulihan perekonomian dunia. Ini adalah masalah besar yang harus segera diselesaikan dengan cepat. Program Obamacare yang sering disebut sebagai akar permasalahan dari konflik antara Partai Republik dan Partai Demokrat, justru disisi lain banyak menolong warga dari kelas menengah, saya seorang pria kulit putih yang di liput oleh CNN mengatakan bahwa saya bisa tertolong dan dirawat karena penyakit kanker karena program Obamacare. Menteri keuangan AS Jack Lew dan juga Gurbenur Sentral AS Ben Bernanke telah memberi komentar: Pemerintahan berada dalam bahaya besar jika terjadi gagal bayar. Pihak partai Republik menolak kenaikan pagu hutang karena tidak suka dengan program layanan kesehatan Affordable Care act atau Obamacare. Amerika Serikat bisa mengajukan utang baru dengan membayar utang lama dengan membuat surat hutang baru. Syaratnya pagu hutang baru harus dinaikkan dari nilai 16,7 triliun dollar AS. Tetapi sampai saat ini Partai Repulik belum mau menyodorkan undang-undang kenaikan pagu hutang. Ini yang menjadi persoalan besar bagi perekonomian Amerika saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: