Free Trade Zone di China Septo Indarto (Team Double S)

1 Okt

Free Trade Zone di China
Septo Indarto (Team Double S)

China meluncurkan zona perdagangan bebsa (Free Trade Zone) di Shanghai, zona ini ditetapkan pada tanggal 29-9-2013, zona ini bertujuan sebagai pengujian untuk reformasi yang sangat dibutuhkan oleh China untuk terus dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Ini bukan hanya sekedar wacana saja tetapi sebuah aksi yang akan memperkuat China dan sangat dibutuhkan oleh China sebagai negara ekonomi terbesar kedua di dunia.
Zona itu mencakup wilayah seluas 29 KM. Zona itu menunjukkan bahwa ini merupakan zona yang dapat memperluas kemampuan perekonomian China untuk mendorong kepemimpinan China dalam melaksanakan reformasi yang berorientasi pasar dan meningkatkan kekuatan ekonomi China.
China harus terus mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi yang stabil ketika perekonomian global dalam masa krisis dengan pertumbuhan yang stagnan dan cenderung terus menurun. Reformasi ekonomo akan dilihat sebagai kebijakan jangka panjang (Visi jangka panjang) dalam mengukur kemampuan China untuk membuat perubahan yang struktural yang dijanjikan sebagai sebuah kebijakan untuk mengganti dan menggeser kebijakan model ekonomi lama. China terus memacu pertumbuhan ekonominya untuk menghadapi perlambatan perekonomian secara global. Ancaman perlambatan ekonomi di seluruh dunia sedang terjadi, oleh karena itu diperlukan pemikiran-pemikiran yang inovatif untuk menciptakan kebijakan yang dapat memperkuat posisi negara China dalam era kompetisi global.
Pemerintah China akan menerapkan sistem baru, seperti akan menerapkan konvertibilitas YUAN yang berdasarkan atas laporan modal atas dasar percobaan, suku bunga akan ditentukan pasar, pembatasan investasi asing dikurangi di dalam area itu, pelonggaran kendali atas 18 sektor jasa mulai dari keuangan dan pengiriman.
China telah melihat masa depan dan telah yakin atas pertumbuhan ekonomi yang akan terus dipacu untuk mengantisipasi ketidakmenentuan perekonomian dunia. China ingin menjadi pemain penting dan pemimpin di era global untuk terus bersaing dengan negara-negara lain dalam menghadapi persaingan ketat. Memacu pertumbuhan ekonomi melalui investasi baru adalah hal yang mutlak untuk dilakukan saat ini. Ini mengenai pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang. Program kebijakan Free Trade Zone telah memicu pertumbuhan ekonomi China dan meningkatkan saham-saham perusahaan-perusahaan yang berbasis di Shanghai dan mendorong perpaduan harga-harga rumah serta biaya tanah disekitar area itu dan juga area yang bertetangga dengan area itu. Pemerintah China telah memperlihatkan keseriusan mereka untuk membuat kebijakan yang pro pasar dan reformasi ekonomi secara keseluruhan.
Saat ini pemerintah China lebih berfokus kepada pertmubuhan yang berbasis permintaan pasar dan menjauhkan dari investasi-investasi mahal seperti pembangunan infrastuktur yang telah diterapkan lebih dahulu di zona yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: