Era Robot Telah Tiba Septo Indarto (Team Double S)

29 Sep

Era Robot Telah Tiba
Septo Indarto (Team Double S)

Salah satu prestasi terbesar umat manusia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah kemampuan menciptakan robot. Robot adalah penemuan besar dan mengagunkan dalam sejarah manusia pada abad ke 20 dan juga prestasi besar sejak era revolusi industri di Inggris. Robot ditemukan dan dikembangkan sesuai dengan kemajuan zaman dan juga penguasaan umat manusia kepada ilmu pengetahuan dan teknologi. Manusia tidak pernah puas untuk terus berkembang dan menciptakan karya-karya besar.
Robot berasal dari bahasa Ceska yaitu Robota yang artinya adalah pekerja yang tidak mengenal lelah. Robot diciptakan dan digunakan untuk kepentingan umat manusia, saat ini robot banyak digunakan untuk kepentingan industri, supaya bekerja lebih cepat dan efisien. Indutsri mobil dan industri pesawat banyak menggunakan pemakaian robot untuk pekerjaan yang berat yang membutuhkan keseimbangan dan ketelitian. Robot akan menjadi kebutuhan penting untuk mendukung kegiatan industri yang membutuhkan kecepatan dan juga ketelitian. Di masa depan semakin banyak pabrik-pabrik yang membutuhkan robot untuk mendukung proses produksi. Oleh karena itu riset untuk pengembangan teknologi robot sangat dibutuhkan, sehingga robot akan semakin canggih dan dapat mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu ruangan (multitasking). Tahun 1970 era dimana Robot mulai dikembangkan secara serius oleh Professor Victor Scheinman dari Universitas Stanford-Amerika Serikat yang telah mendesain lengan standar yang digunakan untuk pengembangan penelitian robot. Negara Jepang dan Korea Selatan juga terus mengembangkan riset mengenai teknologi robot. Bahkan perusahaan raksasa seperti Samsung, Sony, Honda terus-menerus mengembangkan riset pengembangan robot dan terus mempromosikan pentingnya robot menjadi sebuah bagian dari kehidupan umat manusia. Robot dapat membantu dan memudahkan kerja kita sehari-hari baik untuk pekerjaan kantor dan juga pekerjaan rumah.
Perusahaan otomotif Honda-Jepang juga terus melakukan inovasi riset selama bertahun-tahun untuk menciptakan robot yang mempunyai kepintaran seperti manusia yang bernama ASIMO dan juga perusahaan elektronik Sony-Jepang yang berhasil menciptakan robot yang bernama AIBO (robot binatang Anjing).
Robot juga dapat digunakan di dunia kedokteran untuk melakukan operasi sulit yang membutuhkan ketelitian dan juga waktu yang lama. Robot juga dapat membantu para suster dalam bekerja, seperti mendata kondisi terbaru seorang pasien di rumah sakit membawa obat-obatan yang diperlukan dll. Robot akan menjadi bagian yang sangat penting dan dapat membantu para dokter dalam merawat para pasien.
Di bidang Antariksa. Robot dapat digunakan untuk mempelajari benda-benda langit disebuh planet. Robot dapat menjelajah planet untuk memperlajari berbagai macam medan di planet-planet di luar angkasa untuk mempelajari planet-planet tersebut, seperti kondisi tanah, air, cahaya, atmosfer dll. Robot akan sering dikirim untuk menggantikan tugas-tugas astronot dalam melakukan perjalanan untuk kepentingan penelitian. Di masa mendatang, robot akan mempunyai peranan yang penting bagi penelitian benda-benda luar angkasa yang selama ini belum banyak diketahui oleh umat manusia, robot dalam waktu singkat dapat mengirim data-data penting ke planet bumi ketika sedang berada di planet lain untuk keperluan penyelidikan. Sehingga dapat membantu para ilmuwan untuk memecahkan misteri alam semesta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: