Ekonomi yang Tumbuh Pesat Menciptakan Orang Kaya Baru di China Septo Indarto (Team Double S)

16 Sep

Ekonomi yang Tumbuh Pesat Menciptakan Orang Kaya Baru di China
Septo Indarto (Team Double S)

Pertumbuhan ekonomi global yang rendah tidak menyebabkan jumlah orang kaya di China jumlahnya menurun. China terus menciptakan orang-orang kaya baru yang telah menjadi kekuatan perekonomian China untuk saat ini dan saat mendatang. China telah membuktikkan kepada dunia, perekonomian mereka walaupun dihantam resesi ekonomi global masih bisa bertahan dan terus berkembang. Data terbaru yang dirilis oleh majalah Hurun edisi September (2013) menulis bahwa orang kaya baru di China telah melampaui jumlah 300 orang. Orang-orang kaya baru itu bukan hanya sekedar mempunyai kekayaan pribadi tetapi juga telah berhasil menjadi pemain utama dalam bisnis global. Wang Jianlin seorang pengusaha property di China kekayaaannya telah meningkat sebesar USD 22 miliar. Ini menandakan bahwa perekonomian China, khususnya perekonomian dalam negeri masih bisa tumbuh dengan baik dan indeks bisnis masih berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan.
Saat ini bisnis property menjadi salah satu bisnis yang sangat booming di China dan telah menjadi mesin uang yang cepat untuk berputar untuk mendapatkan kekayaan dalam jumlah besar. Selama bisnis berjalan dengan normal di China, permintaan untuk kantor dan apartemen akan semakin tinggi. Oleh karena itu permintaan dan penawaran harus seimbang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Perekonomian China telah menunjukkan ketahanannya, walaupun resesi global masih berlangsung dalam jangka waktu tiga tahun. Perekonomian China berjalan dengan dinamis dan terus menunjukkan pertumbuhan walauapun pertumbuhan tersebut tidak begitu tinggi seperti yang di proyeksikan oleh beberapa lembaga internasioanal. Perlambatan ekonomi China terjadi karena China terpukul atas melemahnya ekspor akibat rendahnya permintaan global. Tetapi pemerintah China terus melalukan stimulus ekonomi dalam negeri untuk menjaga pertumbuhan perekonomiannya.
Wanda Group yang dimiliki oleh Wang adalah salah satu orang kaya di China dan menurut majalah Bisnis Mingguan Forbes dia adalah orang terkaya di China saat ini dengan nilai kekayaan sebesar USD 14 miliar, Wang berekspansi bisnis dengan cara mengakuisisi jaringan bioskop terbesar di China yaitu AMC Entertainment dan sebuah perusahaan pembuat kapal mewah Sunseeker di Inggris.
Pony Ma Huateng yang mendirikan Tencent Holdings di bidang teknologi internet mempunyai nilai kekayaan sebesar USD 10.1 miliar. Sunseeker adalah perusahaan yang membuat produk-produk kapal dimana kapal-kapalnya digunakan di film-film James Bond. Menurut media China, Wang juga berencana akan membangun gedung menara pemukiman tertinggi di London-Inggris. Wanda didirikan pada tahun 1988 dengan tortal asset berjumlah sebesar USD 49 Miliar dengan laba bersih mencapai 10 miliar yuan. Angka itu akan terus bertambah.
China terus akan melakukan ekspansi bisnis global. Mereka bukan hanya sekedar menjual saja saat ini kemampuannya, tetapi orang-orang China saat ini adalah seorang innovator dan juga marketer yang hebat. Meraka mampu menciptakan desain bisnis secara menyeluruh dari bagaimana menciptakan sebuah produk, menjual produk tersebut dan ekspansi bisnis global. China telah berubah bukan hanya sebagai pemain lokal di dalam negerinya sendiri tetapi telah menjadi pemain global yang sangat penting untuk menjadi pemain global.
Perkembangan bisnis di China juga sangat luar biasa, saat ini kekayaan di China bukan hanya berasal dari industri manufaktur saja tetapi juga dari bisnis real estate. Pasar real estate tumbuh dengan sangat cepat, karena orang membutuhkan kantor dan apartemen di pusat kota untuk menunjang kegiatan bisnis mereka. Harga property di China meningkat sangat pesat karena tingginya tingkat permintaan yang sangat besar.
Pemerintah China juag terus mendorong perusahaan-perusahaan China untuk menanamkan modal diluar negeri dan membeli aset-aset di penjuru dunia. Tujuannya supaya perusahaan-perusahaan China mampu menjadi pemain global di bidang bisnis dan menguasai pasar dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: