Tidak ada Branding yang Abadi yang Ada adalah Kekuatan Inovasi Septo Indarto (Team Double S)

9 Sep

Tidak ada Branding yang Abadi yang Ada adalah Kekuatan Inovasi
Septo Indarto (Team Double S)

Pada abad ke 21 tidak ada branding yang bisa menjadi abadi tanpa didukung oleh kekuatan inovasi. Inovasi adalah senjata penting untuk terus mempertahankan branding perusahaan. Kita semua hidup dalam dunia yang begitu cepat dan tanpa pernah kita sadari waktu berjalan menuju sebuah perubahan yang menyebabkan kita harus belajar kembali. Bagi para pemimpin perusahaan harus melakukan change management di seluruh departemen, harus mengubah mind set para karyawan, apa yang kita hasilkan hari ini tentunya akan menciptakan perubahan-perubahan yang positif dalam kehidupan kita dan pekerjaan kita. Kita sudah menyadari bahwa semuanya telah berubah, kekuatan eksternal menyebabkan internal organisasi perusahaan harus melakukan reformasi secara besar-besaran dan menyeluruh, intinya kita ingin tetap ingin menjadi yang terbaik dan juga terus menjadi yang terkuat selama mungkin. Inovasi adalah kata wajib yang harus dilakukan dalam menciptakan budaya kerja setiap saat untuk hari ini dan dimasa yang akan datang.
Kekuatan teknologi telah menciptakan perubahan managemen secara radikal, semua orang haru berubah dari mulai berpikir, bekerja dan bersikap. Kita tidak bisa terus mempertahankan gaya-gaya lama dalam bekerja. Ketika kita merasa semuanya sudah cukup maka itu artinya kita sudah puas, sementara itu para pesaing kita terus bekerja, menciptakan produk-produk baru dan menciptakan target baru. Kita jika tidak siap maka kita harus siap untuk kalah dalam sebuah pertempuran yang kita sebut sebagai sebuah kompetisi. Ada satu hal yang harus kita selalu ingat bahwa pasar bergerak sangat dinamis dan bergerak cepat, tanpa itu semua kita tidak pernah menyadari dimana kekuatan kita dan dimana letak kelemahan kita yang harus segera diperbaiki untuk menciptakan kinerja organisasi yang hebat yaitu yang mempunyai kinerja tinggi. Para pemimpin perusahaan harus menyadari bahwa change management harus dilakukan setiap saat tanpa itu semua sama artinya kita telah menyerah untuk kekalahan fatal karena kita tidak kuat dalam sebuah kompetisi.
Perusahaan-perusahaan diseluruh dunia saat ini menerapkan budaya inovasi disemua sektor karena tanpa menerapkan budaya organisasi maka sangat sulit untuk memenangkan sebuah persaingan. Budaya inovasi juga harus didukung oleh Negara untuk menggerakan rakyatnya untuk berkarya. Kita bisa mengambil contoh Korea Selatan dan China dalam sepuluh tahun terakhir terus mengembangkan budaya inovasi, sehingga industri di China dan di Korea Selatan mampu terus menciptakan produk-produk baru yang lebih unggul dibandingkan para pesaingnya. Perusahaan China dan perusahaan Korea Selatan juga terus menyusun strategi kompetisi jangka panjang untuktetap mampu menjadi pemain utama dibidang industri. Pemerintah China dan pemerintah Korea Selatan telah menyadari bahwa perkembangan dunia yang semakin dinamis akan membuat semua orang berubah. Dunia saat ini telah menyatu secara global. Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sngat cepat telah menyebabkan perubahan yang sangat besar dalam kehidupan kita yang telah menciptakan perubahan gaya kerja, perubahan pola hidup dan perubahan pola pikir. Ini adalah hal yang wajar dalam dunia yang menyatu tanpa ada batas-batas lagi. Dunia telah menjadi sebuah desa kecil dimana setiap orang mampu menjadi seorang bintang dan Negara menjadi sebuah pemain utama dalam kancah global. Ini adalah kenyataan yang sedang kita alami, kita lihat dan kita jalankan oleh diri kita sendiri.
Budaya inovasi dalam jangka panjang untuk meningkatkan kompetensi dalam kinerja dan membangun fondasi kuat untuk perusahaan untuk memasarkan produk dan juga memperluas pasar disetiap tempat (baca: disetiap Negara). Jika budaya inovasi tidak diterapkan maka keunggulan hanya bersifat sementara. Hukum dalam dunia bisnis adalah bahwa kompetitor akan terus melihat kita, melihat kita tentunya untuk mengalahkan kita, kemana kita akan melangkah, mereka siap untuk menghadang langkah kita untuk dapat bersaing dengan kita tentunya dengan satu tujuan: MENGALAHKAN KITA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: