Indonesia di Tengah Arus Perubahan Dunia Modern Septo Indarto (Team Double S)

18 Agu

Indonesia di Tengah Arus Perubahan Dunia Modern
Septo Indarto (Team Double S)

Tanggal 17 Agustus setiap tahun kita selalu memperingatinya sebagai tanggal lahir kemerdekaan kita sebagai bangsa yang berdaulat karena setelah sekian lama kita di jajah oleh negeri Belanda selama 350 tahun dan pendudukan Jepang selama 3.5 tahun. 17 Agustus bukan hanya diperingati mengenai bagaimana para pahlawan kita di masa lalu berjuang untuk merebut dan kemudian mempertahankan kemerdekaan baik melalui perjuangan militer dan juga perjuangan diplomasi internasional.
Indonesia adalah nama yang unik karena nama ini mencerminkan sebuah Negara kepulauan yang paling panjang diseluruh dunia, mempunyai banyak suku dan ragam bahasa. Indonesia adalah cermin dari keragaman yang kaya raya yang telah menyatu dalam ideologi pancasila sebagai pondasi kehidupan bernegara dan berbangsa.
Indonesia saat ini berjalan dalam perubahan dunia yang begitu cepat. Kesempatan untuk menjadi Negara besar sangat besar karena mempunyai potensi yang luar biasa karena didukung kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan juga perbaikan kualitas hidup masyarakatnya. Tetapi tantangan yang dihadapi juga begitu besar. Dalam bidang ekonomi kita harus bersaing dengan Negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Australia dalam skala yang lebih besar dalam regional Asia-Pasifik kita harus bersaing dengan China, India, Korea Selatan. Kekuatan ekonomi saat ini jauh lebih berperan dalam rangka pergaulan internasional dan menjadi Negara yang menjadi pemain penting dalam jangka panjang. Kekuatan ekonomi memberikan sebuah kekuatan yang lebih besar dalam menentukan langkah sebuah bangsa untuk dapat berjalan tegak dan terhormat dan memberikan pengaruh yang besar dalam menguasai percaturan politik internasional di panggung global, Negara China telah membuktikan langkah itu semua. Perubahan telah terjadi kekuatan baru telah muncul dan juga menjadi potensi yang dapat kita manfaatkan sebagai tujuan nasioanal kita saat ini dan dimasa mendatang.
Pembangunan infrastruktur bidang teknologi telah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap Negara dalam bersaing untuk memperebutkan hegemoni kawasan dan mampu mempunyai pengaruh yang besar. Indonesia harus mampu melakukannya. Indonesia harus mempunyai sebuah grand strategy yang besar dalam membangun infrastruktur di bidang pembagunan teknologi saat ini dan juga di masa mendatang. Hal ini memerlukan sebuah komitmen dan juga visi yang besar, apakah kita mampu berjalan atau kita malah gagal dalam mewujudkannya. Ini adalah sebuah keharusan tanpa itu semua kita akan terus tertinggal, karena sumber daya manusia harus didukung oleh kekuatan teknologi, maka kita akan mampu berdiri tegak di panggung dunia. Indonesia harus menjalin kerjasama pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan Negara-negara lain, kita harus belajar untuk mengejar ketertinggalan kita. Kita harus mulai membangun pusat-pusat riset yang mempunyai standar kelas dunia dan juga terus mendukung generasi muda kita untuk lebih giat dan aktif dalam pengembangan riset untuk menunjang pembangunan nasional. Ini penting sekali untuk membaca setiap permasalahan yang kita hadapa dalam membangun masyarakat. Kita harus mengembangkan semua potensi yang kita miliki menjadi sebuah keunggulan kompetitif dalam persaingan internasional.
Sudah saatnya setiap individu mempunyai rasa tanggung jawab yang besar untuk membangun Negara dan mampu mengembangkan ide-ide kreatif untuk membangun masayarakat. Kita hidup saat ini dalam dunia tanpa batas, dimana individu-negara mampu menjadi sebuah kekuatan dunia karena mempunyai ide yang hebat dan didukung dengan infrastruktur teknologi yang modern pada abad 21, pemain-pemain individu-negara telah menjadi sebuah kunci yang sangat penting untuk membangun sebuah Negara, memberikan pengaruh positif dalam membangun masyarakat dalam pengembangan pembangunan dibidang ekonomi dan dibidang teknologi. Pembangunan dibidang ekonomi dan dibidang teknologi harus terintegrasi satu sama lain tanpa itu semua kita akan sulit bersaing dengan Negara-negara lain dalam kawasan regional. Persaingan sangat diperlukan untuk membuka mata kita bahwa jita harus siap bersaing dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: