Pariwisata dan Inovasi Teknologi Septo Indarto (Team Double S)

19 Jul

Pariwisata dan Inovasi Teknologi
Septo Indarto (Team Double S)

Saat ini pariwisata telah menjadi ikon industri diseluruh dunia, tetapi dalam dunia yang penuh dengan mobilitas tinggi, kemampuan penunjang pariwisata juga bergantung kepada kemampuna inovasi teknologi. Penggabungan industri pariwisata dan kemampuan inovasi teknologi adalah hal yang utama. Beberapa negara seperti Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat bukan hanya menawarkan pariwisata tetapi juga pengembangan teknologi untuk mendukung sektor pariwisata.
Seperti yang kita rasakan saat ini, ketika kita melakukan perjalanan dengan naik pesawat udara, jarak tempuh yang kita lalui semakin pendek, karena inovasi mesin pesawat terbang yang berkembang dan juga desain pesawat yang futuristik di buat dengan konsep Going Green berhasil menciptakan pesawat dengan tenaga lebih besar dan juga hemat bahan bakar. Pemesanan tiket secara on line juga mempermudah orang-orang pergi wisata dengan memilih maskapai penerbangan favoritnya yang menawarkan tiket dengan harga yang terjangkau dan juga pelayanan yang prima.
Informasi pariwisata juga lebih mudah untuk diakses oleh semua orang disleuruh dunia melalui internet yang memuat jutaan informasi dan juga visual, belum lagi peran media sosial yang menyebarkan informasi-informasi yang lebih berwarna sebagai sarana promosi pariwisata. Saat ini menemukan objek-objek pariwisata semakin mudah dengan menggunakan software Google Map 3 Dimensi yang memungkinkan kita berani pergi ke kota dan tempat yang ingin kita kunjungi.
Penawaran-penawaran hotel-hotel dengan harga terjangkau di internet memudahkan kita untuk memilih hotel untuk tinggal di negara tujuan yang disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Hotel-hotel murah yang layak untuk tidur dan juga makan dengan harga terjangkau menjadi banyak pilihan yang dipilih oleh semua orang untuk lebih menghemat dan dapat berbelanja sovenir dari negara atau tempat yang kita kunjungi.
Pertumbuhan bisnis maskapai penerbangan murah seperti AirAsia, Tiger Airways, Citilink dll menyebabkan banyak orang ingin berpegian untuk berwisata mengujungi sebuah daerah atau tempat favorit dengan biaya yang terjangkau termasuk asuransi perjalanan. Industri pariwisata dunia akan terus tumbuh walaupun banyak negara yang saat ini terkena krisis ekonomi. Penyewaan mobil seperti pelayanan Zipcar di Amerika juga merupakan sebuah inovasi pelayanan yang menyebabkan orang-orang dapat menyewa mobil sesuai dengan waktu yang dikehendaki, ini juga akan mendorong industri pariwisata berkembang.
Penemuan-penemuan baru dibidang teknologi dapat mendorong industri pariwisata, seperti penyediaan kereta cepat di Perancis, Jerman, Italia. Setiap orang dapat melakukan perjalanan darat dan sambil menikmati pemandangan yang indah disepanjang perjalanan. Perlu adanya strategi khusus untuk menjual pariwisata, bukan hanya sekedar mengikuti pamerab-pameran pariwisata saja, tetapi juga membangun infrastruktur Yang layak bagi pembangunan pariwisata itu sendiri. Korea Selatan adalah negara yang berhasil dengan program promosi pariwisatanya dengan menggunakan budaya K-Pop dengan mempromosikan musik dan K-Movie dengan mempromosikan film-film nya ke seluruh dunia.
Kota metropolitan Dubai membangun gedung tertinggi di dunia saat ini Burj Al Khalifa dan mempromosikannya ke seluruh dunia, berhasil menciptakan sebuah opini global bahwa kota Dubai adalah kota bisnis dan pariwisata paling canggih dalam membangun sebuah kota dengan menggunakan teknologi paling modern pada abad 21. Saat ini berjuta-juta orang ingin menikmati wisata teknologi ke kota Dubai dan juga melakukan aktivitas bisnis di kota Dubai.
Industri pariwisata dibangun saat ini juga harus didukung dengan industri teknologi tujuannya hanya satu untuk kenyamanan berkunjung dan juga sebagai media promosi. Banyak cara untuk membangun pariwisata dan juga mempromosikan pariwisata dan menarik turis dunia. Tapi satu hal yang paling penting adalah pembangunan infrastruktur adalah hal utama dalam mengembangkan pariwisata, strategi promosi yang berkelanjutan, penyediaan tenaga kerja untuk industri pariwisata.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: