Bagaimana Menciptakan Komunikasi Eksternal dalam Organisasi Perusahaan Anda Septo Indarto (Team Double S)

3 Jul

Bagaimana Menciptakan Komunikasi Eksternal dalam Organisasi Perusahaan Anda

Septo Indarto (Team Double S)

 

Para pemimpin bisnis saat ini dituntut untuk dapat menciptakan komunikasi eksternal kepada pihak luar karena hal ini berkaitan dengan cara bagaimana menjelaskan keadaan perusahaan yang sebenarnya. Seorang pemimpin dituntut untuk menceritakan bagaimana organisasi perusahaan berjalan kepada pihak luar tujuannya bukan hanya menciptakan gambaran yang harus diceritakan tetapi ada hal yang lebih penting yaitu bagaimana menciptakan keterbukaan dan kepercayaan. Era internet telah menciptakan budaya keterbukaan. Setiap orang yang mengetahui mengenai perusahaan Anda ingin menilai apakah Anda sebagai seorang manager mampu menciptakan keterbukaan dalam managemen perusahaan, jika Anda mampu itu adalah langkah yang positif untuk mempertahankan jalannya roda organisasi dan akan berdampak baik bagi kelangsungan bisnis Anda, saat ini dan dimasa yang akan datang.

Hal yang terpenting adalah investor harus diberikan sebuah kepercayaan ketika mereka menanamkan modal mereka, ini adalah kepercayaan yang diberikan oleh mereka kepada perusahaan Anda, bagaimana mengelola modal yang telah mereka tanamkan diperusahaan Anda, bagaimana Anda menciptakan budaya transparansi (keterbukaan). Berbicara dengan para investor Anda harus bersikap terbuka, berikanlah informasi yang penting untuk investor, berilah gambaran secara singkat tetapi mudah dimengerti, karena mareka ingin mengetahui bagaimana roda perusahaan berjalan dan bagaimana Anda mampu memimpin perusahaan tersebut.

Anda juga dapat memberikan informasi mengenai perusahaan Anda dalam website resmi perusahaan dari semua lini departemen, sehingga masayrakat luar dan juga para investor dapat menilai bagaimana budaya organisasi dapat berjalan dan apakah Anda menjadi seorang pemimpin yang baik untuk memimpin sebuah organisasi. Ini adalah sebuah tanggungjawab yang besar yang Anda harus jalankan tetapi ini menyangkut mengenai masa depan bisnis Anda saat ini dan dimasa yang akan datang.  

Salah satu cara yang sudah umum dilakukan oleh organisasi perusahaan adalah menerbitkan laporan tahunan mengenai neraca keuangan kepada para investor dan juga masyarakat yang tertarik untuk mengetahui dan mempelajarinya. Ini adalah sebuah langkah yang sangat bagus untuk menunjukan kepada mereka yaitu para investor dan masyarakat, bahwa Anda telah mampu menciptakan budaya keterbukaan (transparansi) kepada setiap orang. Kemampuan Anda menciptakan budaya keterbukaan akan menciptakan hal-hal yang positif bagaimana mengenai cara Anda untuk memimpin saat ini dan dimasa mendatang. Hal ini juga akan membuktikkan kemampuan Anda untuk mampu beradatapsi terhadap perubahan yang sedang berlangsung baik dalam lingkungan internal perusahaan dan perubahan eksternal. Ini adalah sebuah kesempatan yang bagus dimana Anda mampu menciptakan kepemimpinan dengan budaya yang terbuka sehingga akan menciptakan citra yang positif.

Analisa-analisa positif dari lingkungan eksternal baik yang dilakuakan oleh para investor dan juga para analis dapat membantu menaikkan citra atau image perusahaan Anda. Sudah saatnya organisasi perusahaan mampu menciptakan perubahan-perubahaan secara bertahap saat ini dan dimasa mendatang. Ini adalah sebuah keharusan yang harus dijalankan oleh para pemimpin bisnis.  Cara Anda memimpin akan terus diuji sesuai dengan berjalannya waktu, ketika Anda berhasil itu adalah sebuah prestasi, ketika Anda gagal Anda harus terus berani mencoba dan belajar lagi sampai menemukan gaya Anda untuk memimpin. Ini adalah sebuah langkah bagi Anda untuk memulai menciptakan visi baru dan misi baru yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan zaman.

Mempunyai pengaruh yang positif akan menciptakan budaya kerja yang positif, menicptakan kerjasama tim yang lebih kuat akan menciptakan sebuah kekuatan yang lebih kuat, hal ini bertujuan adalah ketika persaingan semakin ketat dan budaya kerja terus berubah karena mengikuti zaman, saatnya Anda bekerja sesuai dengan kemampuan terbaik Anda, diri Anda akan di uji dan setiap orang akan melihat bagaimana Anda mampu menjalankan apa yang telah Anda rencanakan. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: