Pemanfaatan Internet untuk UKM Septo Indarto (Team Double S)

13 Jun

Pemanfaatan Internet untuk UKM
Septo Indarto (Team Double S)

Pemanfaatan intenet untuk UKM (Usaha Kecil Menengah), khususnya e-commerce harus didorong untuk menciptakan pasar bagi UKM untuk menggaet calon pembeli sebanyak-banyaknya. Internet adalah media promosi yang dapat dilakukan oleh UKM dan biaya operasional untuk promosi sangat terjangkau sekali. UKM akan mendapatkan konsumen dalam jumlah besar. Dalam promosi di internet, pengusaha harus menggambarkan dan menjelaskan mengenai kualitas produknya sejelas mungkin dengan bahasa yang mudah dipahami oleh calon pembeli. Sehingga produk yang ditawarkan dapat terjual sesuai target yang ditetapkan. Potensi bisnis UKM di Indonesia sangat tinggi dan mempunyai prospek yang sangat bagus untuk masa depan, tetapi yang menjadi kendala adalah kurangnya kegiatan promosi, sehingga media internet yaitu e-commerce bisa menjadi sebuah media alternatif untuk mempromosikan produknya yang akan dipasarkan dan calon pembeli mengetahui produk yang akan dipromosikan dan yang akan dibeli oleh calon pembeli.
Sudah saatnya semua jenis usaha bisnis UKM didukung oleh fasilitas e-commerce untuk meningkatkan promosi dan memperluas pasar. E-Commerce menyediakan banyak sekali fasilitas-fasilitas yang bisa dikembangkan oleh para pelaku UKM seperti iklan baris, segmen pasar, variasi produk yang akan dijual, transakasi penjualan secara on line, pemesanan barang secara on line, konsumen dapat memberikan masukan kepada pihak penjual mengenai kualitas dan harga yang dijual kepada calon pembeli dll.
Pelatihan mengenai pembuatan konsep e-commerce sangat diperlukan bagi UKM, untuk dapat merancang bisnis mereka dan juga transaksi bisnis dari penjual kepada calon pembeli. E-commerce platform adalah sebuah platform sebuah webstore (toko virtual yang bisa diakses melalui jaringan internet, baik melalui PC, Samrtphone, PC Tablet dll) yang telah disiapkan untuk media promosi dan juga media untuk menjual barang dan setiap saat dapat diupgrade kebutuhannya sesuai yang diinginkan oleh pengelolanya.
Sebuah standar Webstore seperti invoice dan shopping chart adalah menjadi keharusan. Payment Gateway yaitu sistem pembayaran online yang mendukung semua transaksi di ekosistem termasuk proses pemantuan transaksi hingga pembagian dana sesuai hak dari pihak-pihak yang terkait dalam transaksi. Online advertising adalah sistem pengiklanan online yang akan menciptakan dan menghasilkan traffic (kunjungan) untuk Webstore yang telah diiklankan di internet.
Bagian logistik (tempat atau gudang penyimpanan persediaan barang) dari toko harus siap setiap saat untuk mengirim barang yang telah dipesan kepada calon pembeli dengan alamat yang dituju sesuai dengan alamat yang ditulis dapat segera dilakukan melalui pembayaran via Payment Gateway.
Diperlukan sebuah Knowledge Center yang mempunyai tugas untuk memberikan pengarahan teknis dan motivasional kepada semua pelaku UKM untuk dapat menjalankan bisnis mereka dengan baik dan berkembang sesuai dengan pertumbuhan bisnis mereka.
Indonesia harus membangun data center yang dapat menampung semua informasi bisnis UKM di seluruh Indonesia, sehingga akan memudahkan menciptakan business mapping dan juga variasi produk yang akan dipromosikan. Data Center dapat diakses oleh semua orang untuk kegiatan UKM. Hal yng terpenting adalah UKM di Indonesia memerlukan banyak mitra untuk bisnis, promosi yang berkelanjutan, produk-produk yang berkualitas untuk dijual tetapi harga yang ditawarkan tidak mahal. Kekuatan UKM dapat memberikan kontribusi bagi tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia karena UKM adalah industri padat modal dan juga dapat melakukan transaksi bisnis dalam jumlah besar. UKM perlu dibina dan dibesarkan. Indonesia membutuhkan 70 juta pengusaha untuk menciptakan lapangan kerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: