China dan Kawasan Amerika Latin Septo Indarto (Team Double S)

6 Jun

China dan Kawasan Amerika Latin
Septo Indarto (Team Double S)

Sebagian besar Negara-negara dikawasan Amerika Latin adalah negara-negara yang sedang tumbuh perekonomiannya dan mempunyai prospek yang cerah dalam perdagangan internasional. Kawasan Amerika Latin mempunyai kekayaan sumber daya alam yang dibutuhkan oleh banyak Negara di dunia, yaitu kekayaan bahan tambang dan minyak. Ini adalah sebuah kesempatan yang baik untuk membina kerjasama tersebut. Kunjungan presiden China Xin Jinping yang dimulai dari kawasan Karibia (31/5/2013) dan kawasan Amerika Latin memperlihatkan bahwa China ingin meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan dengan kawasan ini. Negara-negara dikawasan ini membutuhkan produk-produk China, sedangkan China membutuhkan minyak dan bahan tambang sebagai sumber energi untuk mensuplai pembangunan China yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
China melihat kawasan Amerika Latin sebagai partner perdagangan global dalam jangka panjang, sehingga seluruh kawasan di benua Amerika dapat menjadi pasar utama China dari Kanada sampai Argentina. China akan memperkuat dan memperluas bidang kerjasama yang akan dibangun satu sama lain, seperti perdagangan, konstruksi, dan juga industri berat. China telah mempunyai keahlian diketiga bidang tersebut.
Komisi Ekonomi PBB untuk Amerika Latin dan Karibia (ECLAC) menulis bahwa China saat ini menjadi sumber impor nomer dua untuk kawasan Amerika Latin dan telah menggeser posisi Uni Eropa. China sangat membutuhkan suplai bahan mentah dari kawasan Amerika Latin untuk keperluan bahan baku, sementara Negara-negara di kawasan Amerika Latin membutuhkan produk-produk China sebagai barang yang dikonsumsi.
Bank Sentral Mexico dalam laporannya menulis bahwa Mexico mengimpor barang dari China senilai 57 miliar dollar Amerika dan mengekspor ke China sebesar 5,7 miliar dollar. Masih terjadi defisit yang besar dalam bidang perdagangan dimana China mendapatkan surplus yang cukup besar. Diharapkan kunjungan Presiden Xin Jinping dapat membahas kesenjangan defisit tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: