Turki dan pengaruhnya di Kawasan Timur Tengah Septo Indarto (Team Double S)

18 Mei

Turki dan pengaruhnya di Kawasan Timur Tengah
Septo Indarto (Team Double S)

Dalam sepuluh tahun terakhir peran Turki di wilayah Timur Tengah dan dunia internasioanl terus naik, Turki saat ini telah menjadi Negara dengan pengaruh besar, menjadi Negara kunci bagi terciptanya stabilitas politik kawasan di wilayah Timur Tengah. Turki berhasil memainkan perannya untuk aktif terlibat dalam setiap pembahasan mengenai berbagai macam masalah di kawasan Timur Tengah. Turki telah menjadi Negara yang diperhitungkan dan dihormati oleh pihak barat dan tetangga mereka dikawasan Timur Tengah.
Siapa tokoh dibelakang layar? Jawabnya adalah Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan. Erdogan dikenal orang yang mempunyai pemikiran yang modern, sehingga menciptakan peran Turki yang lebih luas dalam perimbangan politik kawasan. Di Timur Tengah, Erdogan adalah tokoh yang kharismatik dan sangat dihormati. Negara-negara Barat melihat Erdogan sebagai pribadi yang mempunyai pemikiran yang sangat maju. Dia menjabat sebagai perdana menteri Turki sejak 14 maret 2003. Dia adalah seorang pimpinan Adalet ve Kalkınma Partisi (AKP, atau Partai Keadilan dan Pembangunan).
Turki bukan hanya dikenal sebagai Negara dengan sejuta pesona yang mempunyai peninggalan kekayaan budaya dan sejarah, tetapi saat ini Turki telah menjadi Negara paling cepat pertumbuhan ekonominya. Income perkapita Turki naik sebesar tiga kali lipat ketika Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan berkuasa. Pertumbuhan ekonomi Turki pada tahun 2012 adalah sebesar 9,2 persen. Moody’s juga memerikan pernyataan pujian kepada Turki bahwa sejak awal tahun 2009 beban utang Turki turun 10 persen menjadi 36 persen dari produk domestik brutonya.
Peningkatan pemeringkatan ini jelas akan memperkuat posisi Turki sebagai salah satu Negara tujuan investasi. Turki telah membangun infrastruktur yang diperlukan untuk pengembangan mobiltas ekonomi masyarakat. Sehingga perekonomian dapat berjalan dengan lebih efisien. Pemerintah Turki adalah pihak yang paling yang rajin untuk memperomosikan peluang investasi ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia.
Saat ini dalam bidang politik dan di bidang ekonomi, Turki adalah Negara yang stabil. Sehingga para investor dapat menanam modalnya di Turki, pemerintah Turki memberikan berbagai macam insentif, seperti penghapusan atau penundaan pajak. Kenaikan peringkat ini juga akan dinilai sebagai sebuah kesempatan besar untuk berinvestasi di Turki dan dapat menarik modal jangka panjang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Turki di kawasan Timur Tengah dan juga di kawasan Eropa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: