Kepemimpinan Gaya Baru Septo Indarto (Team Double S)

17 Mei

Kepemimpinan Gaya Baru
Septo Indarto (Team Double S)

Kepemimpinan abad ke 21 dalam organisasi perusahaan sudah sangat berkembang dan maju. Para pemimpin tidak hanya fokus kepada dirinya sendiri dalam memimpin tetapi fokus kepada pengembangan sistem. Karena kepemimpinan abad ke 21 bukan terletak pada figure tetapi pada sistem yang akan dijalankan. Perubahan ini sejalan dengan perkembangan zaman dimana setiap orang dalam bekerja menginginkan sebuah alam yang demokratis, sehingga ide-ide dapat berkembang dengan pesat dan segera dijalankan.
Cara-cara baru dalam menciptakan kepemimpinan yang fokus kepada kinerja perusahaan telah banyak di gagas oleh para CEO yang melihat masa depan sebagai sebuah cara yang tepat untuk menciptakan kepempinan yang kuat untuk organisasi perusahaan. Jack Welch, ketika memimpin GE banyak memikirkan untuk mengubah cara kerja di GE untuk lebih produktif, para manager dipanggil untuk mengemukakan gagasan mereka mengenai perubahan yang akan diciptakan di GE. Ini adalah sebuah keharusan untuk menciptakan sebuah gaya inovasi kerja baru menghindari stagnasi.
Bahwa alam demokrasi harus berjalan, pemimpin harus menciptakan banyak komunikasi dengan staff dan juga media, menciptakan arah baru dalam organisasi untuk mampu berjalan. Stagnasi artinya kematian sedangkan perubahan artinya kemajuan. Para pemimpin yang berfokus kepada kinerja perusahaan bukan hanya memberikan kesempatan kepada para staff untuk berkembang tetapi juga memberikan kesempatan kepada staff untuk diberikan tanggungjawab jalannya organisasi perusahaan, sehingga mereka diberikan peran sebagai pemimpin sesuai dengan kapasitas mereka. Ini adalah sebuah keharusan dan bentuk tanggung jawab para pemimpin kepada para staffnya.
Di General Electric, Jack Welch selalu mengambil waktu lembur untuk mengembangkan sistem kepemimpinan dalam organisasi perusahaan, Jack Welch ingin menciptakan perubahan besar dalam gaya kepemimpinan di GE. Ini adalah sebuah keharusan, karena pesaing GE akan bertambah, jika tidak ada perubahan dan arah baru maka GE juga akan mengalami stagnasi roda organisasi, itu sama artinya menuju kematian. Jack Welch telah mempunyai visi bahwa membangun kepemimpinan gaya baru yang lebih berfokus kepada kinerja adalah hal yang lebih penting dan menciptakan struktur birokrasi yang lebih efisien, sehingga kinerja akan lebih cepat untuk bisa dilakukan. Perusahaan membutuhkan sebuah kecepatan dalam berjalan karena perubahan telah terjadi disemua lini.
Perusahaan-perusahaan saat ini lebih fokus kepada kepemimpinan yang berfokus kepada kinerja, bukan lagi single man. Contohnya Google mempunyai tiga orang pemimpin yaitu Sergei Brein, Larry Page, Eric Schmidt. Ketiganya dengan keahlian yang berbeda memimpin Google untuk fokus kepada kinerja Google sebagai perusahaan penyedia layanan teknologi. Keberhasilan Google menyediakan layanan teknologi karena melihat berbagai kesempatan yang luar biasa besar dan tanpa batas dalam dunia teknologi. Kuncinya utamanya hanya satu yaitu: INOVASI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: