APEC dan Ekonomi Global Septo Indarto (Team Double S)

17 Mei

APEC dan Ekonomi Global
Septo Indarto (Team Double S)

Salah satu agenda yang harus dicapai oleh APEC adalah bagaimana kerjasama ekonomi dan perdagangan di kawasan Asia-Pasifik dapat mendorong pertumbuhan ekonomi global. APEC sampai saat ini merupakan salah satu badan kerjasama yang sangat diperhitungkan karena Negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar diatas 4 persen. Ini adalah sebuah keuntungan yang saat ini tidak terjadi di kawasan yang lain. Tujuan utamanya adalah perjanjian regional Asia-Pasifik ini adalah sebuah tempat bagaimana untuk mengurangi hambatan bisnis dan memperkuat produktivitas ekonomi. Sehingga dapat membawa kemakmuran bagi setiap Negara anggotanya.
Untuk abad ke 21, APEC diharapkan menjadi motor perdagangan dunia dan mendorong produktivitas kawasan dalam kerjasama dibidang ekonomi dan dibidang perdagangan. Perdagangan dunia adalah hal yang sangat penting untuk terus memacu tingkat pertumbuhan global karena setiap Negara mempunyai kewajiban untuk berpartisipasi dalam melakukan hal itu. Setiap Negara akan menawarkan produk-produk unggulan mereka sebagai ikon dari sebuah Negara. Maka aktivitas ekspor-impor akan berjalan secara normal.
APEC harus menjadi sebuah kekuatan yang dapat memberikan solusi bagi Negara-negara anggotanya yang berjumlah 21 negara, sebagian besar anggota APEC juga adalah anggota WTO. Sehingga dapat memberikan kontribusi besar bagi sebuah era baru dalam sistem perdagangan dunia. Banyak hal yang dapat diperjuangkan di APEC dan di bawa ke dalam tingkat dunia di dalam organisasi WTO. Secara kualitas, Negara-negara anggota APEC adalah Negara-negara industri modern baru dan pertumbuhan ekonomi didukung oleh kebijakan industri berbasis teknologi dan industri berbasis pertanian.
Saat ini kawasan APEC merupakan kawasan dengan porsi ekonomi terbesar di dunia yaitu sebesar 55 persen dari ekonomi dunia, dengan motor penggerak Amerika Serikat, Jepang, China, Korea Selatan, Kanada, Australia, Singapura. Negara-negara dikawasan Asia Pasifik harus fokus kepada pembangunan infrastruktur masa depan, karena aktivitas perekonomian akan terus berlangsung dengan cepat dan sangat sibuk. Diperlukan infrastruktur yang dibangun untuk mampu mengelola semua itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: