Kekuasaan Anda Septo Indarto (Team Double S)

15 Mei

Kekuasaan Anda
Septo Indarto (Team Double S)

Membicarakan mengenai kekuasaan adalah hal yang sangat menarik, karena ini menyangkut mengenai managemen dan kepemimpinan. Kekuasaan adalah sesuatu yang dipercayakan kepada diri kita oleh sekelompok orang untuk mengatur sebuah organisasi dan sekelompok orang. Kekuasaan bermata dua yaitu mampu menciptakan hal yang positif dan juga hal yang negatif. Kekuasaan berbicara mengenai visi masa depan dari seorang pemimpin, kekuasaan berbicara mengenai kemampuan Anda untuk berkomunikasi, kekuasaan berbicara mengenai kemampuan Anda berpikir dan menganalisa masalah, kekuasaan berbicara mengenai diri Anda pribadi sebagai seorang pemimpin.
Mempunyai kekuasaan adalah tanggung jawab yang luar biasa besar, mampukah seorang pemimpin menjalankan kekuasaan dengan benar, mampukah seorang pemimpin menjadi pemimpin yang teladan. Ini membutuhkan sebuah komitmen yang besar dari diri Anda sebagai seorang pemimpin. Karena jika Anda tidak mampu menjadi seorang pemimpin yang baik dalam menjalankan kekuasaan itu maka kekuasaan akan menjatuhkan diri Anda ke dalam kehancuran yang sangat sulit untuk dihapuskan dalam jangka waktu yang panjang.
Para pemimpin bisnis mempunyai kekuasaan yang besar dalam mengatur perusahaannya dalam jangka pendek dan jangka panjang, para pemimpin bisnis dapat menciptakan kebijakan perusahaan dengan kekuasaannya, para pemimpin bisnis dapat menunjuk orang-orang kepercayaannya untuk dapat menjalankan perintah-perintahnya. Tetapi jika Anda gagal Anda akan menjatuhkan diri Anda ke dalam lubang kesengsaran dalam waktu yang lama tetapi jika Anda berhasil maka itu akan membantu dan mengangkat diri Anda menjadi orang yang luar biasa dan dihormati oleh semua orang karena prestasi Anda yang Anda ciptakan untuk sebuah kesuksesan.
Oleh karena itu Anda harus berbuat baik dan menjalankan langkah-langkah yang positif dalam menjalankan kekuasaan, karena kekuasaan yang tidak dikelola dengan tindakan yang positif sama saja menghancurkan diri Anda dan juga organisasi perusahaan Anda. Ini yang Anda harus perhatikan. Orang-orang di luar lingkungan Anda selalu akan memperhatikan Anda. Yaitu:
Apakah Anda pemimpin yang baik?
Apakah Anda pemimpin yang bermasalah?
Apakah Anda jujur?
Apakah Anda pribadi yang baik?
Apakah Anda mempunyai kemampuan komunikasi dengan baik?
Itu semua yang akan dinilai oleh masyarakat terhadap diri Anda. Anda harus yakin bahwa Anda menjalankan sebuah kekuasaan dengan langkah yang baik untuk kepentingan perusahaan, Anda melakukan kebijakan yang tepat dan dapat diterima oleh semua orang. Anda adalah ornag yang berkualitas dalam menjalankan roda organisasi perusahaan.
Anda ingin menjadi pemimpin yang bersih maka Anda harus menjalankan organisasi perusahaan Anda dengan kebijakan yang positif tidak merugikan karyawan, pemegang saham dan juga masyarakat. Kemampuan Anda memimpin adalah keberhasilan diri Anda sebagai seorang pemimpin. Ketidakmampuan Anda memimpin adalah kegagalan Anda menjadi seorang pemimpin.
Fenomena mengenai kekuasaan sangat menarik dibicarakan dalam dunia bisnis dan lebih menarik dibandingkan berbicara mengenai kekayaan pribadi. Oleh karena itu Anda harus terus belajar menjadi pemimpin yang baik, belajar tidak boleh berhenti, karena kompetensi seorang pemimpin akan terus di uji dengan berbagai macam masalah. Jika Anda mampu maka Anda berhasil tetapi jika Anda gagal berarti Anda adalah orang yang akan merasakan kegagalan dalam jangka waktu yang lama. Ini akan sulit dan mungkin sangat sulit dilupakan oleh diri Anda sebagai seorang pemimpin.
Jika Anda tidak tahan melihat kekuasaan dalam diri Anda maka Anda akan banyak melakukan banyak kesalahan dan tindakan-tindakan yang bodoh, seperti membuat laporan keuangan palsu, korupsi, penipuan, penyelewangan pajak. Itu akan menciptakan diri Anda menjadi seorang penjahat bukan menjadi pemimpin sejati. Masyarakat dan para penegak hukum tidak akan tinggal diam melihat perilaku negatif Anda, mereka menggunakan kekuatan media akan terus memburu Anda sampai ke ruang pengadilan. Social Media adalah alat yang praktis sebagai sarana komunikasi untuk mengatakan pendapat baik positif maupun pendapat yang negatif.
Dalam menjalankan organisasi perusahaan maka budaya transparansi perlu ditegakan karena ini menyangkut etika dan moral. Kita ingin perusahaan yang kita jalankan mempunyai etika dan moral yang bagus sehingga akan lebih mudah menjalankan bisnis di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Karena ini juga menyangkut intergritas dari sebuah perusahaan.
Kekuasaan dapat meninggikan ego seseorang mulai dari gelar, jabatan, uang, dan kemampuan memerintah. Tetapi kita harus terus waspada dan penuh dengan kehati-hatian dalam menjalankannya karena ini menyangkut tentang nilai dari sebuah praktik kekuasaan, apakah mempunyai nilai yang positif yaitu bermanfaat atau apakah mempunyai nilai yang negatif yaitu kegagalan bagi diri Anda dan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: