Komunikasi Mempunyai Sebuah Kekuatan Septo Indarto (Team Double S)

14 Mei

Komunikasi Mempunyai Sebuah Kekuatan
Septo Indarto (Team Double S)

Apakah Anda sepakat dengan sebuah pertanyaan yang saya ajukan kepada Anda: Bahwa perusahaan yang solid dan mempunyai pertumbuhan bisnis yang bagus dan prospek yang cerah dimasa mendatang adalah perusahaan yang berhasil menciptakan budaya komunikasi yang baik dalam lingkungan internal perusahaan? Jika jawaban Anda mengatakan ya sebagai tanda setuju, bahwa perusahaan-perusahaan yang berhasil memperbaiki kinerja mereka adalah perusahaan-perusahaan yang dapat menciptakan transparansi (Budaya Keterbukaan).
Kemampuan komunikasi yang baik bukan hanya membutuhkan sebuah skill yang baik dan pemilihan kata-kata yang tepat untuk diucapkan tetapi hal yang lebih penting adalah memperlihatkan gaya kepemimpinan Anda dalam memimpin sebuah perusahaan.
Kemampuan komunikasi ekternal (diluar lingkungan) dan kemampuan komunikasi internal (didalam lingkungan) dalam sebuah budaya organisasi perusahaan adalah hal yang penting. Ini menyangkut sebuah penilaian dan bisnis jangka panjang. Ketika Anda harus melakukan komunikasi eksternal Anda akan berhadapan dengan media massa, LSM, Birokrat pemerintah. Anda harus bisa menjelaskan mengenai situasi perusahaan Anda saat ini. Kemampuan komunikasi internal yang baik diperlukan untuk membangun budaya kerja dan membangun budaya komunikasi antara staff dan top management. Perusahaan harus dapat menciptakan budaya komunikasi internal yang baik untuk memotivasi produktivitas karyawan.
Revolusi teknologi internet telah mengubah cara bagaimana melakukan komunikasi eksternal dan komunikasi internal. Para investor memerlukan sebuah laporan yang jujur terhadap bisnis Anda saat ini dan prospek yang akan datang. Ini adalah sebuah tanggung jawab dalam bisnis. Untuk mendapatkan laba dalam jangka panjang bukan hanya strategi perusahaan saja yang mempunyai pengaruh besar tetapi juga sebuah kejujuran sebagai sebuah etika dan pintu untuk menuju sebuah kesuksesan. Internet membuat transparasi dari kegiatan sebuah perusahaan menjadi sebuah standar baru dalam komunikasi global. Investor ingin mempelajari seluruh kegiatan perusahaan dan prestasi perusahaan serta ingin mengetahui jejak rekam bisnis perusahaan dimasa lampau. Tujuannya hanya satu untuk melihat kepentingan jangka panjang.
Hal yang penting untuk selalu diingat adalah internet telah mengubah mengenai distribusi informasi dan bagaimana melakukan komunikasi yang baik serta cara perusahaan untuk berbisnis. Mereka para investor memperhatikan seluruh kegiatan yang Anda lakukan, keberhasilan seperti apa yang telah Anda capai dan kegagalan apa yang telah Anda lakukan dan bagaimana memperbaikinya. Karena itu menyangkut budaya keterbukaaan, kemampuan Leadership dan Management yang tepat dalam mengelola semua masalah yang muncul.
Ketika Anda menjadi seorang manager untuk memimpin sebuah perusahaan. Ada satu hal yang Anda harus ketahui adalah: Setiap teknologi baru lahir maka perusahaan Anda dalam waktu singkat harus segera untuk menyesuaikannya, karena saat ini budaya kerja dalam waktu singkat akan dengan cepat berubah. Ini akan mempengaruhi cara Anda berbisnis saat ini dan dimasa mendatang. Ini adalah sebuah tantangan dan juga sebuah kesempatan besar jika perusahaan anda mampu menyesuaikan gaya kerja sesuai dengan perubahan zaman.
Semua saat ini telah berubah dan itu mengubah gaya Anda dalam berpikir, belajar, berkomunikasi. Kemajuan teknologi akan terus berlangsung tetapi yang paling penting adalah kemampuan Anda untuk mampu terus mengikutinya kearah mana budaya kerja akan berubah. Berilah motivasi kepada diri Anda untuk melakukan perubahan bagi diri sendiri dan setelah itu bagi lingkungan Anda di tempat Anda bekerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: