Ekonomi Dunia 2013 (2) Septo Indarto

10 Mei

Ekonomi Dunia 2013 (2)
Septo Indarto

IMF (International Monetary Fund) meminta semua Negara maju untuk segera mengambil langkah yang diperlukan untuk memacu kembali pertumbuhan ekonomi global.Perekonomian global sangat penting untuk bangkit dan pulih kembali. IMF juga meminta Negara-negara maju untuk menciptakan lapangan kerja sehingga angka pengangguran dapat diturunkan. Jika Negara-negara maju tidak mampu memulihkan segera pertumbuhan pereknomian maka dunia internasional akan memasuki era resesi dalam jangka panjang dan ini akan memukul semua kegiatan ekonomi dan kegiatan industri sehingga menurunkan kualitas hidup.
Penciptaan lapangan kerja adalah hal yang mendesak untuk segera dilakukan untuk dapat memulihkan kegiatan perekonomian ke arah perbaikan dan pada jangka panjang dapat memacu pertumbuhan. Ini penting sekali untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dunia yang juga akan menyerap tenaga kerja, sehingga dalam jangka panjang ekonomi berjalan ke arah stabil dan pertumbuhan yang dinamis. Pemerintah di Negara-negara maju diharapkan mau melonggarkan kebijakan keuangan yang ketat, sehingga warga Negara bisa mendapatkan pinjaman modal untuk menciptakan lapangan kerja.
Uni Eropa yang telah dua tahun mengalami resesi ekonomi harus mengubah kebijakan perekonomian. Di harapkan kebijakan perekonomian harus lebih pro warga sehingga warga Eropa bisa bekerja kembali, membuka usaha bisnis dan dapat menyediakan lapangan kerja segera, hal ini akan membantu beban pemerintah yang sudah sangat berat dalam mengelola anggaran keuangan Negara. Penting sekali kebijakan yang pro warga untuk segera memulihkan tingkat kepercayaan warga terhadap pemerintah, sehingga kualitas hidup warga bisa meningkat dan mereka bisa mengembangkan usaha bisnis mereka menjadi tulang punggung perekonomian.
Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde meminta Eropa, Amerika dan Jepang untuk bertindak lebih berani dan tegas dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Langkah itu harus dilakukan untuk membangun kepercayaan di masa depan untuk terus dapat memacu pertumbuhan yang berkelanjutan.
Pertumbuhan ekonomi di Eropa, Amerika dan Jepang masih harus terus dikaji setiap saat, karena belum ada upaya yang berhasil untuk memacu pertumbuhan, ini masih sangat membuat semua prihatin, angka yang didapatkan masih terlalu kecil, sementara proses pemulihan masih sangat berjalan lambat. Tingkat pengangguran masih tinggi sekali. Ini akan menciptakan banyak masalah dimasa mendatang jika tidak segera diatasi. Kebijakan yang dibuat belum mampu mengatasi masalah, jika semuanya berjalan lambat maka resesi ekonomi akan terus terjadi dan pertumbuhan ekonomi akan terus negatif.
Hal yang terpenting adalah dalam memulihkan perekonomian global adalah untuk segera menciptakan kebijakan yang pro warga dan menciptakan lapangan kerja untuk kaum muda sehingga mereka dapat berkarya dan meningkatkan produktivitas mereka. Jika angka pengangguran bagi kaum muda sangat tinggi dan perusahaan-perusahaan banyak yang takut untuk menerima mereka maka hal itu akan menjadi beban dalam jangka panjang bagi Negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: