Menciptakan Bisnis Model baru Septo Indarto (Team Double S)

8 Mei

Menciptakan Bisnis Model baru
Septo Indarto (Team Double S)

Tahun 1980, ketika Intel terus memproduksi microprossesor yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar PC adalah hal yang tepat. Kemampuan untuk terus melakukan inovasi teknologi didukung dengan strategi pemasaran yang cerdas. Ketika produk Microsoft mendominasi OS tahun 1980-an maka Intel menciptakan microprossesor yang dapat dengan cepat disesuaikan dengan kebutuhan pasar baik untuk keperluan korporasi maupun kebutuhan rumah tangga.
Duet Windows-Intel atau yang dikenal sebagai Wintel mampu menguasai hampir 80 persen pasar komputer di seluruh dunia bagi pasar desktop maupun untuk laptop. Intel menawarkan berbagai macam varian dari teknologi microprossesor kepada konsumen yang ingin menjadi pemakai komputer. Komputer digunakan untuk bekerja dan juga untuk dunia hiburan.
Selama tahun 1980-1990 istilah Intel Inside sangat akrab bagi pengguna komputer. Intel Inside telah menjadi sebuah standar bagi komputer yang berkualitas dan bertenaga. Walaupun beberapa perusahaan diseluruh dunia juga memproduksi microprosessor tetapi tidak ada yang mampu mengalahkan kepopuleran Intel dalam mendesain teknologi komputer generasi saat ini dan generasi mendatang. Intel adalah pemain yang sangat mapan untuk industri PC, Intel menguasai hampir 80 persen dan sisanya diperoleh oleh AMD (Advance Micro Device). Intel dan OS Windows telah meningkatkan nilai pasar teknologi komputer selama dua puluh tahun.
Pesaing-pesaing Microsoft, seperti Linux, Sun Microsystem juga terus menciptakan OS alternatif sebagai OS yang bisa digunakan oleh semua orang. Linux mempunyai cirri khas open source dan dikembangkan oleh komunitas-komunitas pencinta Linux. Era 1980-1990, posisi Microsoft begitu kuat dan tidak mempunyai saingan yang mengancam. Microsoft begitu dominan untuk pasar rumah tangga dan juga korporasi. Program OS Windows dijadikan standar untuk sebuah OS untuk siapa saja yang menggunakan komputer.
Era internet mulai tren, tahun 1995 ketika Windows 95 diluncurkan, pesaing Windows, Nescape Navigator meluncurkan aplikasi program untuk internet dan tidak lama kemudian Windows meluncurkan Internet Explorer (IE). Persaingan keduanya dalam sebuah era baru yang dinamakan era internet sangat pesat. Tetapi karena Windows telah mempunyai posisi yang kuat maka IE dapat dengan mudah menguasai aplikasi program untuk menjelajah internet. Era tahun 2000, aplikasi-aplikasi software untuk menjelajah internet mulai diciptakan ada mozzila firefox, opera, chrome, safari dll.
Era internet melahirkan model bisnis baru dan juga perkembangan teknologi baru. Perusahaan-perusahaan start up banyak yang lahir dan kemudian berkembang, salah satu pemain tangguh yang tidak pernah diperhitungkan adalah Google. Google adalah mesin pencari yang paling mudah digunakan dan efisien. Awalnya mesin pencari Google digunakan untuk mencari jutaan informasi dalam jaringan internet yang sangat luas dan sangat rumit. Google didesain untuk mempermudah hal itu sebagai sebuah proyek dari Larry Page dan Sergei Brin untuk gelar doktor mereka di Standford University. Larry dan Sergey berpikir bahwa dimasa mendatang orang akan lebih banyak mencari informasi melalui jaringan internet karen alebih mudah dan efisien.
Ketika Larry dan Sergey berhasil menciptakan Google. Google telah melihat peluang dimasa depan, selain mesin pencari, Google telah berpikir untuk menyediakan layanan kepada pengguna komputer melalui jaringan internet. Google meluncurkan layanan Gmail, membeli Youtube, membeli blogspot dll. Internet bagi Google menyediakan ruangan yang tidak terbatas, Google juga meluncurkan Google Map yang mempunyai fasilitas peta 3 dimensi yang up date setiap saat.
Google melihat banyak sekali potensi-potensi baru dalam dunia digital. Internet telah menjadi kebutuhan semua orang, mulai dari hanya mencari informasi, berdiskusi, melihat pameran virtual, menciptakan kerja sama team work, mengubah cara pemasaran, aktivitas surat-menyurat, menulis berita dan menulis mengenai catatan sehari-hari. Pelayanan di internet semakin banyak dan beragam, pengguna komputer mendapatkan kebebasan untuk memilih yang disesuaikan untuk kebutuhannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: