Melihat Masa Depan Dalam Strategi Bisnis Septo Indarto (Team Double S)

8 Mei

Melihat Masa Depan Dalam Strategi Bisnis
Septo Indarto (Team Double S)

Ketika perubahan datang dalam dunia bisnis, seberapa besar perusahaan yang mampu bertahan? Jawabnya tidak banyak, karena perusahaan-perusahaan yang mampu bertahan adalah perusahaan-perusahaan yang sudah mempersiapkan perubahan dari lingkungan internal mereka. Perubahan harus dipandang sebagai proses kearah yang lebih baik, sedangkan banyak para pelaku bisnis yang memandang perubahan adalah hal yang menyakitkan karena mereka tidak mengubah cara pandang mereka mengenai sebuah perubahan.
Perusahaan sekaliber Intel Corporation saat ini juga melakukan perubahan dalam memandang masa depan. Intel menyadari bahwa perubahan inovasi teknologi sedang terjadi, dimana permintaan PC dan Laptop sedang mengalami pertumbuhan yang lesu dan setiap orang menginginkan PC tablet, dimana Intel bukan menjadi pemain utama. Intel menghadapi banyak sekali para pemain baru yang belum pernah diketahui, tetapi para pemain baru dalam dunia teknologi bahkan mempunyai persiapan dalam menyambut era paska PC yaitu computer mobile.
Kita saat ini berada dalam sebuah persaingan yang lebih ketat dan sangat brutal, dimana para pesaing siap mengalahkan produk-produk kita dalam waktu singkat walaupun kita telah menguasai pasar dalam jangka waktu lama. Penguasaan pasar dalam jangka waktu lama bukan jaminan untuk mampu bertahan. Dunia saat ini memang sungguh berbeda, para pesaing hadir dengan ide-ide yang lebih gila dan lebih memahami pasar, kearah mana pasar akan berubah, produk seperti apa yang akan diterima oleh pasar, berapa nilai kapital dari pasar apakah besar atau kecil.
Sekalipun kita orang yang ahli dan berpengalaman dalam dunia bisnis, sebenarnya saat ini kita sama sekali tidak tahu apa-apa, Anda dan saya adalah orang yang harus belajar terus menerus untuk memahami perubahan ini, perubahan yang sedang terjadi dan perubahan yang akan terjadi. Setiap hari saya harus membaca banyak Koran, majalah dan buku baik dari media lokal dan media internasional. Karena saya harus belajar mengenai perubahan. Saya harus memahami perubahan apa yang terjadi. Hukum alam akan terjadi, siapa yang mempersiapkan diri lebih baik maka akan mampu bertahan di dunia masa depan. Begitu juga dalam dunia bisnis. Perubahan adalah hal yang dinamis, jika kita harus berubah maka berubah secara total tidak boleh setengah-setengah.
Di era tahun 1990-an pasar teknologi dikuasai oleh Intel-Windows Microsoft, Sony, JVC, Sharp, IBM dll. Di era tahun 2000-an pasar teknologi dikuasai oleh Samsung, Google, Android-Google, Apple, LG, Lenovo, HTC, Asus dll. Ini adalah sebuah perubahan yang didasari kepada inovasi jangka panjang, para pesaing yang dulu menjadi pemain baru lebih siap dalam mempersiapkan strategi dan bisa juga pemain lama muncul sebagai perusahaan dengan visi baru seperti Apple yang mempunyai penggemar yang setia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: