Peta Bisnis Yang telah Berubah (2) Septo Indarto (Team Double S)

7 Mei

Peta Bisnis Yang telah Berubah (2)
Septo Indarto (Team Double S)

Dalam 20 tahun terakhir, perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi dunia bisnis dalam segala hal, teknologi informasi telah mengubah dunia, mengubah cara orang bekerja, mengubah cara orang untuk berpikir, mengubah dunia teknologi itu sendiri, mengubah cara marketing, mengubah gaya Kepemimpinan kearah kepemimpinan dalam teknologi dan juga transformasi kepemimpinan. Satu kata yang tepat PERUBAHAN disegala bidang. Situasi pasar bergerak dengan dinamis dan setiap waktu melahirkan banyak tren baru. Nilai-nilai lama yang telah tertanam ketika kita belajar di universitas dalam mempelajari mengenai bisnis dalam waktu singkat nilai-nilai lama itu dengan cepat digantikan oleh nilai-nilai baru. Intinya tetap satu yaitu PERUBAHAN.
Perubahan berjalan begitu cepat, karena perubahan berjalan sesuai dengan waktu, waktu berjalan sesuai dengan prosesnya. Saat ini dalam dunia bisnis dikenal dengan istilah Migrasi Nilai, yaitu perpindahan nilai pasar dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya, hal ini terjadi karena adanya perubahan, perubahan dalam membentuk sebuah model yang baru yang disesuaikan dengan perubahan zaman. Perubahan itu berjalan karena mengikuti penciptaan model bisnis yang lebih baik dari model sebelumnya.
Perusahaan-perusahaan diseluruh dunia saat ini terus mencari pasar-pasar baru dan perilaku konsumen untuk dapat menjual produk-produk mereka. Kemampuan marketing sangat diperlukan, strategi untuk menguasai pasar harus segera dipelajari, dianalisa dan kemudian langsung bertindak memasuki pasar, teknologi informasi mutlak harus dikuasai oleh semua staff dari semua departemen. Karena perubahan akan berjalan dengan cepat, semua perusahaan akan mengikuti kemana arah tren pasar akan berjalan. Analisa-Pelajari-Langsung bertindak.
Perusahaan-perusahaan harus terus mempelajari mengenai strategi marketing, mempunyai data lengkap mengenai demografi, menganalisa keadaan keamanan-sosial-politik untuk kepentingan jangka panjang, riset untuk inovasi, dan melihat perilaku konsumen. Semuanya membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Karena kita hidup dalam sebuah keadaan yang menuntut perubahan. Perubahan akan terjadi setiap saat. Tapi satu hal kita harus tetap mempelajari perubahan tersebut dan membuat analisa yang mendalam mengenai dampak positif dan dampak negatif.
Perilaku konsumen yang sering berubah harus dijadikan sebagai sebuah pedoman untuk menciptakan model bisnis yang tepat bagi perusahaan dimasa mendatang. Bukan hanya survey pasar saja yang diperlukan, tetapi harus melihat konsumen ketika mereka membeli sebuah produk, produk apa yang paling dibutuhkan, kenapa mereka membeli produk tersebut, apa manfaatnya bagi mereka ketika menggunakan produk tersebut, selama berapa lama mereka akan menggunakan produk tersebut. Semua harus dipelajari dan dianalisa secara mendalam.
Para pemimpin bisnis harus menyadari bahwa setiap model bisnis dalam jangka waktu tertentu akan selalu berubah dengan singkat karena model bisnis akan menyesuaikan dengan keadaan. Maka hal yang terbaik adalah mengikutinya dan terus mendukung model bisnis yang baru untuk tetap dapat bersaing dalam mencari pasar. Hal ini penting untuk menyusun strategi-strategi baru untuk mendukung model bisnis masa depan dan dapat dijadikan pilihan utama sebagai sebuah strategi untuk dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Para pemimpin bisnis harus mengerti mengenai perubahan-perubahan yang terjadi dan bagaimana menciptakan strategi yang tepat sebagai prioritas untuk menjangkau dan melayani para pelanggan.
Saat ini baik perusahaan-perusahaan skala besar dan perusahaan-perusahaan skala menengah dapat menguasai pasar dalam sebuah persaingan. Teknologi internet telah membuat dunia bisnis lebih demokratis, hal yang terpenting selain promosi maka yang harus dilakukan adalah terus menciptakan strategi-strategi baru. Para pesaing akan selalu mencari sesuatu yang baru, menciptakan nilai baru untuk pelanggan dan mitra bisnis. Para pesaing akan terus berada di depan, dalam dunia bisnis dimasa lalu para pesaing selalu akan mengikuti perusahaan yang berhasil menguasai pasar dengan menciptakan produk yang sama tetapi menawarkan harga yang lebih murah. Strategi itu saat ini sudah tidak dapat digunakan lagi.
Para pemimpin dalam dunia bisnis harus bertanya: APA MODEL BISNIS BERIKUTNYA YANG HARUS KAMI CIPTAKAN DAN BAGAIMANA KAMI MAMPU MENCIPTAKAN INOVASI UNTUK MERAIH PELANGGAN DALAM JUMLAH BESAR? Model bisnis generasi selanjutnya diciptakan karena perusahaan-perusahaan terus melakukan inovasi untuk kemajuan organisasinya, kemajuan riset, kemajuan marketing. Perusahaan-perusahaan akan lebih menyadari bahwa persaingan akan semakin ketat. Tidak ada waktu untuk santai dan waktu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Perusahaan-perusahaan harus mampu menciptakan Nilai Pasar yaitu mencerminkan kepercayaan para investor terhadap masa depan sebuah perusahaan. Mereka akan melihat kinerja perusahaan apakah memberikan keuntungan atau menciptakan kerugian. Nilai Pasar sangat penting untuk dikaji terus karena nilai pasar akan menandakan sebuah perubahan yang besar dari suatu pasar, suatu industri dan suatu perekonomian disebuah Negara. Jika nilai nilai pasarnya besar dan bagus maka perusahaan harus menciptakan nilai pasar dan menghasilkan laba yang besar dari penjualan produk atau jasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: