KEMAMPUAN BAHASA ASING AKAN MEMUDAHKAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA KERJA DAN PERGAULAN SEPTO INDARTO (TEAM DOUBLE S)

4 Mei

KEMAMPUAN BAHASA ASING AKAN MEMUDAHKAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA KERJA DAN PERGAULAN
SEPTO INDARTO (TEAM DOUBLE S)

Menguasai bahasa asing bukan lagi sebagai tambahan tetapi harus menjadi sebuah keharusan, khususnya bahasa Inggris. Bahasa adalah sebuah simbol dan kemampuan kita untuk berkomunikasi, berbicara dalam bahasa asing adalah kemampuan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam berbagai macam latar belakang budaya dan melihat perspektif dunia dari sudut pandang yang lebih luas. Di dunia ini terdiri dari berbagai macam suku bangsa, bahasa, adat istiadat yang berbeda. Dunia kita satu tetapi luar biasa mempunyai keragaman. Dunia itu indah karena karena kita akan melihat banyak kekayaan budaya selain budaya kita sendiri. Mempelajari bahasa asing berarti kita mau belajar budaya lain untuk memperluas pandangan kita, memperkaya intelektual kita, kita dapat lebih menghargai sesama umat manusia dalam keragaman.
Bahasa adalah simbol untuk berkomunikasi, kita mampu untuk melihat, mengenal, mempelajari dan membuka pikiran, mata hati kita untuk melihat keragaman. Kita dapat belajar banyak hal dari budaya lain untuk meningkatkan produktivitas hidup kita, ada peradaban yang sangat maju dan ada peradaban yang luar biasa unik, itu adalah kesempatan kita untuk lebih mengetahui banyak hal dalam hidup kita. Kita hidup dalam keberagaman, kita hidup dalam sebuah harmoni, kita hidup dalam sebuah komunitas, komunitas itu sangat luar biasa beragam. Kita wajib mengenalnya, kita bisa berkomunikasi, kita bisa membagi pengalaman kita dan belajar dari pengalaman orang lain dengan latar belakang budaya yang berbeda.
Ketika Anda menjadi seorang ekspatriat, ini adalah keuntungan bagi diri Anda untuk membuka wawasan Anda, belajar budaya setempat, mengenal warga lokal, menghadiri undangan-undangan untuk pesta budaya. Hasilnya sungguh indah dunia ini, dunia yang kita tinggali dan kita kaji adalah dunia yang sangat kaya. Dengan belajar bahasa asing dan belajar budaya lain berarti Anda adalah orang yang mampu beradatapsi dengan lingkungan sehingga Anda akan menjadi orang yang akan menghargai keberagaman dan juga akan dihargai dan dihormati orang lain karena Anda tahu bagaimana berkomunikasi dan bersikap.
Hal ini juga akan mempermudah Anda dalam dunia kerja, apalagi jika organisasi perusahaan mempunyai staff yang berasal dari berbagai Negara. Kemampuan managemen Anda dan kemampuan Leadership Anda akan diuji, bagaimana membentuk sebuah team work yang multikultur, bagaimana memotivasi mereka, bagaimana berdialog dengan mereka, bagaimana Anda menjadi seorang mentor. Anda butuh keberanian untuk melakukan hal itu, karena Anda adalah seorang pemimpin. Perbedaan adalah kekayaan, Anda harus mempunyai visi yang kuat untuk menyatukan keberagaman itu, team work yang kuat adalah team work yang mampu bekerja dengan optimal dengan ide-ide brilian, tidak masalah para staff berasal dari berbagai macam suku bangsa. Ini adalah tugas Anda.
Mempelajari bahasa asing bukan hanya ditujukan sebagai kemampuan untuk dapat berkomunikasi, tetapi harus dilihat dari perspektif yang lebih luas, Anda mempunyai kemampuan untuk mempelajari peradaban orang lain, mempelajari sejarah mereka, mempelajari kesenian mereka, mempelajari ilmu dan pengetahuan yang mereka kuasai. Hidup Anda akan semakin kaya karena pengalaman yang Anda punya saat ini. Hidup adalah dinamis, melihat dunia harus dari berbagai macam sudut pandang. Tuhan memberikan kita akal dan pikiran, semua peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan sungguh kaya mengenai pelajaran yang dapat kita ambil dari dunia yang kita tinggali, belajar dan terus belajar.
Mempelajari bahasa asing mempunyai nilai positif karena kita mampu menerobos batas-batas yang ada dan kita mampu untuk membangun sebuah hubungan dengan orang lain dari Negara yang berbeda. Kita bisa melihat kebiasaan mereka, kita bisa berbicara sebagai seorang sahabat, kita bisa mempelajari karya sastra mereka untuk mempelajari budaya dan perjalanan sejarah peradaban sebuah bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: