Membuat Perubahan adalah Menciptakan Kultur yang Baru Septo Indarto (Team Double S)

2 Mei

Membuat Perubahan adalah Menciptakan Kultur yang Baru
Septo Indarto (Team Double S)

Ketika sebuah organisasi perusahaan sudah merasa bahwa perubahan adalah hal yang mutlak untuk dilakukan, maka sebenarnya yang dilakukan adalah bagaimana menciptakan sebuah kultur baru yang sesuai dengan perkembangan zaman. Ini adalah hukum alam bagi kehidupan, termasuk dalam kehidupan kita dalam bekerja dan beraktivitas sehari-hari. Perubahan adalah proses untuk membentuk sebuah budaya baru yang berisi aturan-aturan baru, visi baru, menyesuaikan cara kerja baru dan melihat masa depan sebagai sebuah kesempatan untuk mencapai kesuksesan. Tanpa itu semua adalah hal yang mustahil bisa kita capai. Perubahan adalah simbol dari pemikiran manusia yang berisi ide-ide yang luar biasa.
Bagaimana menciptakan sebuah perubahan itu, hal yang terpenting adalah budaya komunikasi dalam sebuah organisasi perusahaan harus bersifat terbuka dan jujur antara top management dan juga para staff. Ini merupakan sebuah keharusan, tanpa itu semua akan terjadi kesalahan komunikasi yang menyebabkan kekacauan kinerja perusahaan yang berakibat luar biasa fatal dan perusahaan akan memasuki sebuah era kritis. Ini harus dihindari jangan sampai terjadi berlarut-larut.
Hal yang pertama ketika sebuah organisasi perusahaan akan membuat sebuah perubahan adalah top management dapat menciptakan sebuah kontrak tertulis mengenai hal yang akan dilakukan dan mengenai hal yang tidak akan dilakukan. Top Management bisa memanggil karyawan satu persatu selama 10 menit, berbicara dalam komunikasi dua arah dan harus mengatakan bahwa ini yang akan kami lakukan, silahkan baca. Boleh dibawa pulang, kami akan memberikan waktu selama tiga hari, silahkan dipelajari, jika ada beberapa poin Anda merasa keberatan Anda dapat menulisnya di kolom mengenai input bagi organisasi.
Anda harus mengetahui seberapa besar para karyawan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang akan dilakukan dengan segera, seberapa besar mereka dapat belajar dengan cepat, seberapa cepat mereka dapat mengubah cara mereka bekerja dalam peraturan-peraturan yang baru. Semua perubahan memerlukan sebuah proses dan waktu, itu wajar, tetapi jangan sampai menghabiskan waktu terlalu banyak. Jika menghabiskan waktu terlalu banyak dalam menciptakan sebuah perubahan maka energi kita akan habis, semua rencana akan batal.
Hindari semua hal yang bersifat isu-isu yang terlihat akan membahayakan proses perubahan. Setiap isu yang timbul karena karyawan merasa tidk nyaman harus segera diselesaikan segera dan dicari akar permasalahannya, sudah saatnya isu-isu yang tidak jelas dan juga politik kantor dihilangkan karena itu akan mengancam gerakan perubahan itu sendiri.
Komitmen yang tinggi, komunikasi yang terbuka dan budaya kejujuran adalah kunci dari suksesnya sebuah perubahan, sehingga perubahan dapat dengan cepat diterapkan di dalam sebuah organisasi perusahaan. Dalam proses awal ketika perubahan sedang berjalan, adalah hal yang alami ketika kultur lama masih terbawa, tetapi baik top management dan para staff dapat menghapusnya secara bertahap, perlu waktu dan evaluasi dan itu adalah proses yang alami. Hal yang terpenting adalah sebuah keyakinan bahwa perubahan yang dilakukan akan mengarah kepada proses menuju arah yang lebih baik. Tanpa itu semua sanagat sulit, jika Keyakinan tidak kuat maka proses perubahan akan berjalan sangat lambat, hasilnya adalah semua akan merasa frustasi.
Dibutuhkan sebuah krediblitas yang tinggi untuk top management, para staff akan yakin bahwa top management mampu melakukannya dan para staff akan mendukungnya. Sangat mustahil akan bisa dilakukan jika para staff tidak mau mendukung top management. Kerjasama antara top management dan para staff akan menciptakan komitmen yang tinggi untuk berjalan bersama dan saling membantu sama lain untuk melaksanakan sebuah perubahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: