Komunikasi untuk Mencegah Gosip Septo Indarto (Team Double S)

2 Mei

Komunikasi untuk Mencegah Gosip
Septo Indarto (Team Double S)

Komunikasi yang baik sangat dibutuhkan untuk mencegah sebuah gosip. Hal yang harus kita perhatikan adalah jangan pernah menyepelekan sebuah gosip yang tidak jelas berasal dari mana. Dalam organisasi perusahaan sebuah gosip akan menjadi api yang akan menjatuhkan seluruh mental seluruh staff, ini ibarat seperti api yang akan membakar siapa saja. Gosip yang timbul harus segera diselesaikan tanpa itu semua, Anda dan teman kerja Anda berjalan tanpa arah menuju sebuah fase krisis yang menyebabkan ketidakharmonisan dalam hubungan professional kerja. Maka akan berdampak buruk kepada kinerja perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang.
Banyak sekali orang yang selalu menganggap gosip hanya sebagai angin lalu dan selalu mengatakan, biarlah gosip berkembang dan nanti akan hilang dengan sendirinya. Itu mungkin betul jika itu adalah gosip mengenai masalah pribadi Anda. Tetapi jika ini menyangkut gosip dalam internal perusahaan, maka semua pihak akan dengan mudah termakan isu yang tidak jelas, saling curiga. Gosip akan menyebar seperti virus dan api yang akan menghancurkan karir semua orang dalam internal perusahaan. Perusahaan yang penuh dengan gosip yang tidak jelas berarti mempunyai masalah komunikasi dan budaya kerja yang sangat luar biasa buruk.
Gosip yang menyebar luas sama seperti sebuah virus komputer yang menyerang seluruh server komputer dalam waktu singkat semua komputer di kantor akan mengalami masalah, semua data akan dirusak, maka yang akan timbul adalah kerugian besar dalam jangka waktu panjang. Gosip yang menyebar dengan cepat akan menjatuhkan moral karyawan, karena banyaknya gosip yang tidak jelas asal usulnya itu membuat para karyawan akan frustasi dan menyebabkan kepercayaan diri mereka akan jatuh segera dan itu adalah hal yang membahayakan bagi kinerja perusahaan.
Bagaimana mencegah gosip yang telah menyebar secara cepat? Yang pertama harus dilakukan adalah ciptakan segera komunikasi internal antara top management dengan staff, staff dengan staff, buat pernyataan di surat kabar mengenai keadaan internal perusahaan yang sebenarnya dan hal ini sangat penting untuk dilakukan karena menyangkut masa depan perusahaan, mengadakan jumpa pers atau wawancara untuk menjelaskan keadaan internal perusahaan yang sebenarnya. Gosip yang menyebar dapat diselesaikan dan harus di buat tim investigasi dari mana gosip ini berasal. Karena Anda harus sadar, gosip memang terlihat sangat sepele tetapi akan menyebabkan harga saham Anda menjadi jatuh karena investor akan merasa ketakutan untuk membeli saham perusahaan Anda karena banyaknya gosip yang bermunculan.
Ketika gosip sudah bermunculan dengan cepat, top management dapat menggunakan e-mail, sms, whatsapp, voice mail, skype, twitter, facebook untuk membantah gosip tersebut. Teknologi sangat diperlukan untuk mengambil langkah yang cepat, ini sangat menguntungkan untuk perusahaan. Ketika gosip telah reda maka top management dapat berbicara secara tatap muka secara langsung dengan para staff sehingga komunikasi dua arah dapat diciptakan untuk mengambil sebuah persepsi dan kesimpulan. Itu adalah langkah yang sangat penting untuk meningkatkan kinerja karyawan dan meningkatkan moral karyawan, memang hal ini membutuhkan waktu, tetapi hal itu adalah langkah yang terbaik.
Ketika gosip telah mereda dan juga diketahui asal usulnya. Maka top management dapat memberikan motivasi kembali kepada para staff untuk bekerja dengan baik di lingkungannya. Budaya keterbukaan akan mendorong setiap masalah dapat diselesaikan secara baik, itu adalah sebuah solusi yang tepat. Maka setiap perusahaan harus menciptakan budaya komunikasi dan budaya kerja yang transparan. Top Management harus sering berdialog dengan para staff membahas mengenai isu-isu saat ini, memberikan ruang bagi para staff untuk menyampaikan asoirasi mereka, menguatkan kerja sama dalam sebuah team work yang kuat. Sehingga kinerja perusahaan dapat berjalan kearah normal. Itu adalah tugas kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: