Pariwisata Dalam Sebuah Persaingan Global Septo Indarto (Septo Indarto)

29 Apr

Pariwisata Dalam Sebuah Persaingan Global
Septo Indarto (Septo Indarto)

Hampir semua Negara diseluruh dunia saat ini terus melakukan inovasi pelayanan dalam sektor pariwisata, sektor paraiwisata dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi bagi sebuah negara, menciptakan banyak lapangan kerja, memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pembelajaran budaya. Ini adalah sebuah kesempatan besar untuk meningkatkan status sebuah Negara di dunia internasional dalam mempromosikan kekayaan budaya dan juga inovasi pelayanan.
Pariwisata memberikan harapn besar bagi kemajuan ekonomi lokal dan peran serta masyarakat. Pariwisata modern didukung oleh industri kreatif untuk lebih hidup dan memperkaya kualitas pembangunan dari sebuah daerah. Promosi pariwisata saat ini bukan hanya menawarkan keindahan daerah semata, tetapi harus menghadirkan pelayanan dengan kualitas terbaik, pembangunan infrastruktur seperti jalan, hotel, tempat-tempat wisata, kemudahan akses informasi, kemampuan bahasa asing, pelestarian lingkungan, harga tiket pesawat yang kompetitif, sikap mental terbuka untuk berinteraksi dengan orang lain dari daerah luar yang berkunjung.
Sektor pariwisata bukan hanya dianggap sebagai sektor ekonomi tetapi harus dipandang sebagai sebuah peran aktif dari sebuah Negara atau daerah dalam mempromosikannya ke dunia internasional. Sektor pariwisata akan membawa dampak yang positif kepada masyarakat lokal, ketika masyarakat lokal dilibatkan menjadi aktor yang mampu memperkenalkan daerahnya ke panggung dunia. Masyarakat lokal harus dilibatkan dalam berbagai kegiatan promosi pariwisata, sehingga akan lebih mudah untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Diperlukan sinergi antara pemerintah, pihak swasta sebagai pihak penyelenggara pariwisata dan masyarakat lokal dalam membangun daerahnya untuk menjadi tempat untuk berkunjung. Hal ini sangat penting untuk mempermudah proses penyelenggaran pariwisata untuk para wisatawan.
Pelayanan bandara dan pelayanan hotel harus berkelas internasional untuk memudahkan para tamu untuk datang dan menginap dengan kenyamanan yang mereka inginkan. Mereka datang ke tempat tujuan untuk berwisata dan juga mengeluarkan sejumlah uang. Pelayanan harus menjadi top prioritas terbaik untuk melayani para tamu ketika mereka berkunjung untuk menikmati suasana lingkungan tempat yang mereka rasakan sangat menarik untuk dikunjungi.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam pelayanan juga sangat dibutuhkan. Pelayanan yang diberikan akan menjadi tolak ukur bagi pengembangan pelayanan tahap selanjutnya, apakah wisatawan yang berkunjung ke daerah kita sebagai tempat tujuan memberikan pelayanan terbaik atau tidak, mereka akan menilainya. Oleh karena itu pembelajaran mengenai bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik adalah hal yang harus dilakukan kepada semua orang yang terlibat dalam industri pariwisata. Pelayanan bukan hanya semata-mata mampu melayani tetapi mampu memberikan sebuah nilai lebih kepada tamu yang berkunjung.
Membangun industri pariwisata berarati membangun sebuah pelayanan terbaik baik internal (kepada pihak yang terlibat) dan juga kepada pihak eksternal (tamu yang berkunjung). Semua hal yang menyangkut mengenai pelayanan dan infrastruktur harus dipersiapkan dengan baik, harus dibuat rencana (Road Mapping) yang jelas, jangan sampai semua kesempatan yang ada dalam jangkauan kita akan lenyap dan hilang karena ketidakmampuan kita. Industri pariwisata adalah memperkenalkan sebuah citra, citra yang akan dikenal oleh semua orang diseluruh dunia.
Setiap Negara atau setiap daerah mempunyai potensi besar untuk mengembangkan industri pariwisata ke tingkat level yang paling tinggi. Tapi hal yang terpenting mewujudkannya adalah harus lebih sering untuk melakukan promosi dan juga membangun infrastruktur yang dibutuhkan oleh daerah yang akan menjadi tujuan pariwisata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: