Kepercayaan Diri dan Produktivitas Kerja Septo Indarto (Team Double S)

29 Apr

Kepercayaan Diri dan Produktivitas Kerja
Septo Indarto (Team Double S)

Banyak yang akan bertanya apa hubungan kepercayaan diri dan produktivitas kerja? Hubungan antara kepercayaan diri dengan peningkatan produktivitas kerja sangat erat kaitannya. Jika Anda memimpin sebuah team work kemudian rata-rata dari anggotanya semuanya mempunyai kepercayaan diri yang rendah apakah mereka akan mampu bekerja dengan maksimal? Maka jawabannya adalah tidak. Mereka tidak mampu bekerja dengan baik, mereka kehilangan gairah untuk bekerja, mereka bekerja tanpa fokus, mereka bekerja tanpa arahan dan hasilnya adalah sebuah kegagalan.
Perhatikan hal ini: Ian Rush mantan pemain Klub Liverpool yang telah menjadi idola dan legenda The Reds sepanjang masa mengatakan bahwa apa yang telah dicapai klub Liverpool saat ini seharusnya bisa lebih baik dalam sebuah tim yang tangguh, yang saat ini menjadi persoalan yang besar adalah kepercayaan diri yang menyebabkan Liverpool susah untuk tampil konsisten. Kepercayaan diri adalah kunci dari sebuah kerjasama tim untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Strategi apapun yang akan diterapkan oleh pelatih jika pemain tidak mempunyai kepercayaan tinggi maka hasilnya tidak maksimal.
Ketika Anda menjalani sebuah organisasi perusahaan dan team work yang Anda pimpin tidak mempenyai kepercayaan diri maka hasilnya selain tidak maksimal juga bekerja tanpa arah yang jelas, sehingga menyebabkan waktu terbuang, energi habis tanpa menghasilkan hasil apapun. Ini adalah persoalan yang serius. Dibutuhkan sebuah komunikasi yang lebih sering dan selalu mengevaluasi kinerja tim, kenapa team work yang kita bentuk sangat payah dalam bekerja.
Harus ada sebuah penyegaran untuk meningkatkan kepercayaan diri dari semua anggota team work, contohnya mengubah gaya kerja yang lebih fleksibel, melakukan komunikasi dua arah untuk membantu team work dalam bekerja yang penuh dengan tekanan. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan saat Anda tampil dan Anda bekerja dimanapun, tanpa kepercayaan diri maka Anda bekerja tanpa tujuan, Anda akan kehilangan banyak konsentrasi, target-target yang telah dibuat akan sulit dicapai.
Tetapi bagaimana jika team work bekerja tanpa kepercayaan tinggi dalam bekerja, apakah harus terus diberikan motivasi atau harus dibubarkan? Jika memang hal itu berlangsung dalam cukup waktu yang sangat lama, maka jawabannya adalah dibubarkan dan membetuk kembali team work yang baru dengan orang-orang yang baru, hal ini akan lebih memudahkan untuk bekerja. Ketika kita mempunyai team work yang bekerja dengan kepercayaan tinggi maka tantangan apapun akan dengan mudah dilewati dan target-target yang telah ditetapkan akan cepat tercapai. Ini jelas adalah sebuah langkah yang tepat untuk memulai tugas-tugas baru dan team work akan sangat siap untuk mengerjakan tugas-tugas baru.
Hal yang Anda harus ketahui adalah ketika Team Work sedang bekerja untuk mencapai target-target yang ingin segera dicapai, maka tantangan akan semakin besar. Ini membutuhkan orang-orang dengan kepercayaan diri tinggi dan berani mengambil risiko dan siap belajar hal-hal baru untuk mempertajam visi dan misi mereka dalam bekerja. Tantangan akan selalu terjadi setiap saat dan itu membuat daya tahan dan tahan banting untuk menghadapinya.
Dimanapun Anda bekerja, Anda membutuhkan rekan kerja yang mempunyai motivasi dan kepercayaan tinggi dalam menjalankan tugas mereka. Karena ini akan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan akan mampu meningkatkan moral kinerja team work. Ini adalah sebuah keharusan memiliki rekan kerja yang penuh kepercayaan diri tinggi, optimis, fleksibel dan mampu bekerja dalam tekanan besar untuk mencapai target-target yang akan dicapai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: