Pertumbuhan Ekonomi Dunia 2013 Masih Sangat Lambat Septo Indarto (Team Double S)

26 Apr

Pertumbuhan Ekonomi Dunia 2013 Masih Sangat Lambat
Septo Indarto (Team Double S)

Pertumbuhan ekonomi dunia pada tahun 2013 masih sangat lambat. Organisasi Perdagangan Dunia WTO memperkirakan bahwa pertumbuhan perdagangan global hanya tumbuh sebesar 3,3 persen. Ini adalah sebuah tanda bahwa ekonomi dunia masih jauh dari tahap pemulihan. Ini harus menjadi sebuah catatan penting, berbagai kebijakan ekonomi terus diambil oleh setiap Negara tetapi hasil yang dicapai belum maksimal dan masih sangat membutuhkan kerja keras untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Dunia saat ini masih terus menunggu bagaimana zona Euro dapat mengurangi defisit anggaran belanja ditengah kesulitan ekonomi dan banyak membuat Negara-negara Eropa harus memotong anggaran dan mengurangi beban subsidi oleh Negara disektor sosial, kesehatan, pendidikan. Ini adalah permasalahan yang sangat serius ketika beban pemerintah ditiap Negara anggota Euro semakin bertambah tetapi disisi lain penerimaan Negara mengalami defisit dan hanya tumbuh dalam level yang rendah. Tenaga kerja produktif harus rela kehilangan pekerjaan mereka.
WTO juga mengkhawatirkan akan terjadi proteksi perdagangan karena krisis ekonomi. Jika setiap Negara mulai mempertimbangkan proteksi perdagangan maka semua perjanjian internasional mengenai perdagangan bebas dunia tidak dapat berjalan, sehingga akan terjadi penurunan transaksi perdagangan dunia. Zona Euro sudah terlihat akan banyak membatasi perdagangan internasional untuk melindungi perekonomian dalam negeri dan ini yang akan ditakutkan oleh Negara-negara Eropa sendiri. Ini tidak akan dapat membantu peningkatan pertumbuhan perekonomian Eropa dimasa mendatang. Eropa membutuhkan perdagangan internal Eropa yang kuat dan perdagangan internasional Eropa yang lebih kuat. Salah besar jika Negara-negara Eropa membatasi diri mereka dari kegiatan perdagangan internasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: