Dunia Membutuhkan Lebih Banyak Pengusaha Septo Indarto (Team Double S)

26 Apr

Dunia Membutuhkan Lebih Banyak Pengusaha
Septo Indarto (Team Double S)

Krisis ekonomi dunia yang menyebabkan terjadi penurunan aktivitas perdagangan internasional menyebabkan ribuan orang diseluruh dunia kehilangan pekerjaan. Saat ini kualitas rata-rata orang untuk hidup layak semakin berkurang dan hal ini terjadi diseluruh dunia. Dunia membutuhkan lebih banyak para pengusaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Wiraswasta adalah pekerjaan terbaik saat ini, ketika dunia sedang dalam tahap pemulihan dari krisis ekonomi. Orang-orang yang mempunyai jiwa untuk menjadi seorang pengusaha adalah orang-orang yang mempunyai jiwa pemberani untuk siap gagal menuju sukses. Perlu mempunyai pola pikir yang sistematis dan kemampuan bertindak cepat bukan bertindak lambat dengan banyak pertimbangan. Dunia bisnis adalah dunia penuh persaingan setiap orang yang terjun ke dunia bisnis harus tahan banting dan siap untuk menjadi orang gagal untuk meraih sukses dimasa mendatang.
Melihat kesempatan sebagai sebuah peluang adalah hal yang tepat. Seorang pengusaha pemula harus melihat sebuah kesempatan bisnis seperti apa yang akan dijalankan. Misalnya di tempat kediamannya ada sebuah kampus yang baru di bangun, dia mempunyai kesempatan apa yang dibutuhkan oleh para mahasiswa dan para staff universitas tersebut. Pengusaha pemula tersebut bisa mendirikan sebuah warung nasi atau tempat foto copy yang dibutuhkan oleh para mahasiswa dan juga para staff universitas yang bekerja di universitas tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu maka bisnis yang tadinya didirikan dalam skala kecil akan berkembang menjadi skala besar. Hal yang yang terpenting adalah tekun, kerja keras, siap mengambil risiko dan selalu inovasi dalam pengembangan rencana bisnis ke masa depan.
Diperlukan sebuah kesadaran yang tinggi dalam sistem pendidikan, bahwa menjadi seorang pengusaha adalah sebuah kebanggaan, karena dengan menjadi seorang pengusaha kita telah menyediakan lapangan kerja bagi banyak orang dan akan memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan Negara. Menjadi seorang pengusaha adalah sebuah panggilan jiwa untuk menjadi orang yang mandiri saat ini dan dimasa mendatang. Kita perlu sebuah proses berkelanjutan secara setahap demi setahap untuk menjadi seorang pribadi pengusaha yang berkualitas.
Pertanyaan bagaimana jika tidak mempunyai modal usaha tetapi mempunyai tekad menjadi seorang pengusaha pemula? Jawabannya adalah kita bisa bergabung dengan usaha bisnis seperti menjadi agen asuransi, agen perumahan, atau membantu orang untuk memasarkan produknya. Yang diperlukan adalah pengetahuan mengenai produk yang akan dijual kepada konsumen. Serta kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.
Menjadi pengusaha adalah hal yang tepat bagi setiap orang untuk dapat hidup mandiri, mempunyai rencana jangka panjang dan keinginan untuk terus belajar tanpa henti. Sehingga otak kita akan terus bekerja dan itu akan melahirkan banyak ide-ide baru yang akan membawa kita ke tingkat sukses selanjutnya.
Pengusaha pemula perlu mengetahui jenis usaha seperti apa yang akan dijalankan, serta modal yang dia punya untuk membiayai kegiatan operasional untuk penyediaan tempat, promosi produk, menggaji pegawai. Ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang berkelanjutan.
Dunia bisnis adalah dunia pilihan bagi setiap orang, tetapi dunia bisnis adalah dunia yang sangat dinamis. Kita belajar bukan hanya mengenai bisnis semata, tetapi kita belajar bagaimana memimpin diri kita untuk melihat keadaan saat ini dan dimasa mendatang. Kita memerlukan banyak koneksi sebagai rekan kerja dan akan memperluas jaringan kita, sehingga akan membuat kita melihat hidup dalam banyak perspektif yang kaya, bertemu banyak orang dengan banyak karakter, mampu menerima kritikan yang membangun untuk diri kita. Sehingga kualitas diri kita akan semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: