Bagaimana Menciptakan Perubahan Yang Luar Biasa

25 Apr

Bagaimana Menciptakan Perubahan Yang Luar Biasa
Septo Indarto (Team Double S)

Saat ini dimanapun Anda tinggal dan Anda bekerja, Anda tentunya sering mendengarkan kata mengenai perubahan. Perubahan telah menjadi kata yang sangat populer yang telah menggema diseluruh dunia. Orang mulai berkata mengenai perubahan hidup, perubahan gaya hidup, perubahan budaya kerja, semuanya adalah perubahan. Tetapi kita sering kali mulai bingung darimana harusnya kita mulai perubahan. Seperti yang saya pernah tulis diartikel sebelumnya ciptakan dulu Visi Diri Anda untuk jangka pendek dan jangka panjang. Itulah kunci untuk melakukan perubahan dalam diri Anda. Selangkah demi selangkah. Anda harus banyak belajar dari proses tersebut.
Kita memang hidup didunia ini dalam tantangan dan harapan. Tantangan akan meningkatkan kualitas diri kita untuk menyelesaikan semua persoalan yang akan kita hadapi. Harapan adalah sebuah jalan yang akan kita capai, tentunya dengan bekerja keras dan juga berani mengambil risiko dengan perhitungan yang tepat dan juga jangan lupa berdoa kepada Tuhan YME.
Kemampuan Anda mengelola diri Anda adalah sebuah gaya kepemimpinan yang sederhana tetapi mempunyai hasil yang luar biasa untuk kemajuan diri Anda. Anda harus mampu mengatur diri Anda untuk mendapatkan hasil yang Anda harapkan. Ini bukan mengenai impian buta, tetapi ini mengenai visi hidup kita dimasa mendatang. Anda adalah diri Anda. Anda harus mempunyai sebuah rencana, buatlah yang sederhana untuk mampu menciptkan keberhasilan untuk diri Anda. Anda harus mampu melakukan hal itu jika tidak maka Anda akan menjadi orang yang gagal dan hidup Anda akan menjadi tidak berguna.
Ketika Anda telah berhasil mengelola diri Anda dan mengenal diri Anda dengan baik, maka Anda akan mampu menjadi seorang pemimpin di tempat Anda bekerja saat ini. Kemampuan mengelola diri sendiri dengan baik adalah syarat utama untuk memimpin orang lain. Kenalilah potensi diri Anda sebelumnya sebelum melihat potensi diri orang lain.
Orison Marden mengatakan: Jauh didalam diri manusia terdapat kekuatan-kekuatan yang masih tertidur nyenyak, kekuatan yang akan membuat mereka takjub, dan tidak pernah mereka bayangkan bahwa mereka memilikinya, kekuatan yang apabila digugah dan ditindaklanjuti akan mengubah kehidupan mereka dengan cepat.
Kekuatan manusia ada pada dirinya, yang menjadi pertanyaan adalah: Seberapa cepat dia mengenali kekuatan dirinya menjadi sebuah potensi yang luar biasa untuk kemajuan hidupnya. Ini adalah poin yang sangat penting.
Anda juga harus mampu mengembangkan kecerdasan diri Anda, menganalisa apa rencana Anda saat ini dan dimasa yang akan datang. Anda memerlukan kecerdasan fisik, mental, emosi dan spiritual. Manusia telah mempunyai empat unsur ini sejak lahir. Perkembangan dia hidup akan menentukan keempat unsur ini. Mengembangkan keempat unsur ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan internal (diri kita) dan eksternal (lingkungan kita). Karena keduanya sangat penting untuk membentuk diri kita. Apakah kita akan menjadi orang yang berkualitas atau orang yang gagal.
Kita harus mampu melihat perubahan dilingkungan sekeliling kita dan kita harus segera melakukan perubahan untuk diri kita sendiri. Lingkungan pasti akan berubah dan itu sudah menjadi hukum alam. Hal yang terpenting adalah kita mampu melihat perubahan lingkungan kita sebagai hal yang positif dan dapat memotivasi perubahan itu untuk meningkatkan kualitas diri kita.
Orang selalu bertanya apa yang disebut sebagai visi pribadi. Visi Pribadi adalah sebuah perencanaan yang kita buat untuk membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup kita.
Menurut Stephen Covey (2004): Visi adalah sebagai sebuah kondisi yang terlihat dalam mata pikiran kita.
Dari sebuah visi yang sederhana dalam kehidupan kita, maka akan terjadi sebuah perubahan yang luar biasa yang sebelumnya belum pernah kita lihat. Teatpi satu hal yang harus kita lihat, semua itu memerlukan sebuah proses dan tahapan dalam mewujudkannya. Tidak ada proses yang instan untuk melakukannya. Ini membutuhkan sebuah keberanian dalam bertindak dalam sebuah energi yang positif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: