Perkembangan Ilmu Managemen Oleh Septo Indarto (Team Double S)

10 Apr

Perkembangan Ilmu Managemen
Oleh Septo Indarto (Team Double S)

Dalam lima puluh tahun terakhir, perkembangan ilmu managemen terus berkembang luar biasa pesat. Ilmu Managemen telah berhasil menjadi sebuah ilmu yang dipelajari oleh semua orang dari berbagai latar belakang disiplin ilmu. Perkembangan ilmu managemen dipengaruhi oleh berbagai bidang dan ilmu managemen juga mempengaruhi berbagai bidang. Sehingga terjadi saling ketergantungan satu sama lainnya untuk menjadi sebuah kombinasi ilmu yang lahir untuk menyesuaikan perubahan-perubahan zaman yang disebabkan oleh kemajuan pola pikir umat manusia.
Ilmu managemen juga mengembangkan banyak sekali teori-teori baru untuk meningkatkan pemahaman yang baru tentang arti penting dari sebuah perubahan, seperti Blue Ocean Strategy, SWOT, Six Sigma, GE Matrix, BCG Matrix, Stake Holder Analysis.
Perkembangan ilmu tersebut terjadi karena kebutuhan yang ada akan selalu memunculkan cara-cara baru. Perkembangan dunia yang maju akan menyebabkan perubahan gaya kerja dalam sebuah organisasi, menyebabkan perkembangan teknologi semakin maju dan cepat karena inovasi terus dilakukan.
Manusia mempunyai pemikiran selalu melihat masa depan dan ingin berbuat sesuatu dimasa depan. Ilmu Managemen beradatapsi mengikuti perubahan itu. Kita saat ini berada dalam sebuah teknologi revolusi komunikasi yang begitu cepat perkembangannya. Maka lahirnya ilmu managemen komunikasi dan ilmu managemen teknologi, semua orang membutuhkannya untuk dipelajari dan mengambil manfaat dari perkembangannya.
Manusia membutuhkan cara-cara baru dalam menjalani aktivitasnya khususnya dalam bekerja, ini menyebabkan mereka akan terus berupaya menjalani sesuatu atau menghasilkan sebuah karya yang lebih baik dari masa sebelumnya.
Seperti saat ini, tren yang terjadi adalah diseluruh dunia mengenai semangat entrepreneurship, sehingga ilmu managemen mengikuti perkembangan itu dan melihat studi-studi kasus yang baru untuk menciptakan teori-teori yang baru dalam melihat semua aspek dalam managemen entrepreneurship. Yang dibutuhkan adalah bagaimana menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri kemudian mengembangkan pekerjaan kita, sehingga kita dapat merekrut orang lain dan tercipta lapangan kerja bagi banyak orang, orang-orang yang kreatif sangat dibutuhkan di dalam dunia entrepreneurship, semangat pantang menyerah, selalu berani mengambil risiko sebagai risk taker, melihat perubahan pasar, bagaimana mempromosikan sebuah barang dan lain-lain.
Perkembangan teknologi web juga luar biasa pesat. Web saat ini sangat dibutuhkan semua orang bukan hanya sebagai media mencari informasi saja, tetapi telah menjadi sebagai sebuah kekuatan baru dalam mengembangkan operasional bisnis, seperti web e-commerce, web e-office dll. Web telah menjadi sebuah media baru untuk orang bekerja dan juga berinteraksi satu sama lainnya. Hampir semua pekerjaan dari mulai yang sederhana samapai yang kompleks membutuhkan web sebagai sarana pekerjaan utuk saling terkoneksi satu sama lainnya. Web menjadi sebuah teknologi yang dapat mengubungkan dengan jutaan orang diseluruh dunia dan setiap manusia saling berinteraksi satu sama lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: