Bertahan atau Keluar dari Perusahaan Septo Indarto (Team Double S)

11 Mar

Bertahan atau Keluar dari Perusahaan
Septo Indarto (Team Double S)

Ketika karir sudah tidak dapat berkembang lagi atau sudah merasa jenuh, maka pilihan hanya dua yaitu bertahan atau keluar dari perusahaan. Hal yang pertama harus dilakukan adalah Anda harus berpikir mengenai diri Anda, apakah Anda ingin bertahan atau Anda ingin keluar dari perusahaan. Dua pilihan memang tidak mudah oleh karena itu perlu sekali untuk berpikir dampak positif dan dampak negatif dari aksi Anda itu. Jika memang pilihannya Anda harus keluar dari perusahaan maka Anda harus mempunyai argumentasi yang kuat untuk mengatakannya setelah berpikir matang-matang, jika Anda harus bertahan maka Anda melihat peluang yang lebih besar kepada karir Anda di masa mendatang di tempat Anda bekerja.
Perusahaan harus melihat jelas dua gejala yang sedang trend saat ini kenapa banyak karyawan yang keluar dan pergi untuk mencari tempat kerja baru, apakah perusahaan tersebut memang sudah tidak memberikan tantangan yang menantang untuk karir, gaji yang ditawarkan sangat kecil, fasilitas sangat minim, lingkungan kerja yang tidak mendukung, sering terjadi permainan politik kantor yang tidak sehat, tidak adanya disiplin kerja yang baik, hubungan atasan-bawahan yang tidak harmonis.
Ada satu hal yang harus disadari bahwa ketika ada seorang pegawai yang mempunyai kualitas yang baik dan skill yang sangat bagus keluar dari sebuah perusahaan untuk mencari tempat kerja yang lebih baik, itu merupakan sebuah kerugian yang besar bagi perusahaan yang lama. Dalam era globalisasi seorang karyawan yang mempunyai kualitas yang bagus adalah sebuah kekuatan penting yang harus dipertahankan, karena dalam jangka panjang akan memberikan kontribusi yang besar bagi produktivitas dan kemajuan perusahaan. Biasanya karyawan menginginkan sebuah jenjang karir yang pasti untuk kemajuan karirnya di masa yang akan datang, bagi perusahaan yang tidak bisa memberikan jenjang karir yang bagus kepada karyawan maka akan banyak karyawan yang akan pergi dari perusahaan Anda. Membangun sebuah produktivitas yang tinggi dan skill yang unggul adalah pekerjaan yang berat. Ini membutuhkan waktu yang lama, karyawan harus sering diberikan kelas pelatihan untuk menambah ilmu dan meningkatkan skill dalam bekerja.
Perusahaan akan merasa rugi saat ini dan dimasa yang akan datang, ketika banyak para pegawai yang berkualitas meninggalkan tempat kerja perusahaan lama dan mencari perusahaan baru untuk memulai karir yang baru.
Berilah rasa nyaman kepada setiap pegawai Anda dalam bekerja. Rasa nyaman bukan hanya sekedar gaji yang ditawarkan tetapi juga fasilitas kantor dan lingkungan kerja yang baik. Karyawan akan merasa betah dan meraka akan berpikir ulang untuk pergi dari tempat kerja mereka saat ini. Saat ini karyawan-karyawan berkualitas akan selalu di cari oleh perusahaan-perusahaan yang lain dengan menawarkan gaji yang lebih tinggi, fasilitas yang lebih lengkap dan tunjangan kantor yang dibutuhkan oleh setiap karyawan. Ini harus menjadi perhatian oleh top management. Era keterbukaan dan era persaingan akan menciptakan perburuan kepada orang-orang yang berbakat dan mempunyai impian bersar untuk menjadi orang yang sukses.
Untuk memenangkan kompetisi antar perusahaan, perusahaan-perusahaan besar khususnya tidak akan takut untuk merayu karyawan-karyawan yang mempunyai nilai untuk direkrut dan disediakan jenjang karir yang lebih pasti selain itu bonus-bonus yang ditawarkan dalam jumlah besar kepada setiap karyawan. Dalam era abad 21, modal intelektual adalah modal yang sangat penting untuk diperhatikan, modal keuangan adalah modal kedua. Modal intelektual sangat penting karena akan meningkatkan kinerja sebuah perusahaan di masa saat ini dan dimasa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: