Melawan Gosip di Kantor Septo Indarto (Team Double S)

28 Feb

Melawan Gosip di Kantor
Septo Indarto (Team Double S)

Gosip di kantor sering muncul tanpa diketahui penyebabnya, masalah-masalah yang digosipkan muncul dan bervariasi. Mulai dari gosip mengenai lingkungan kerja, kebiasaan seseorang sampai hubungan cinta. Ini adalah fakta yang kita hadapi sehari-hari, kadang-kadang kita malas untuk menanggapinya karena akan membuat kita stress dan menjadi beban pikiran kita sehingga menyebabkan produktivitas kerja kita menjadi turun. Gosip memang seperti virus yang dapat menyebar dengan cepat tanpa diketahui dengan jelas sumbernya. Karena setiap orang tidak akan pernah akan mengakui bahwa dia adalah pembuat gosip, gosip dalam jangka panjang jika tidak diselesaikan akan menyebabkan masalah menjadi besar dan akan menjadi konflik yang panjang sehingga menciptakan konflik dalam lingkungan kerja.
Apa yang kita harus lakukan ketika gosip menimpa diri kita? Hal yang paling sederhana adalah kita harus mengetahui hal apa yang digosipkan mengenai diri kita, jika kita mengetahui hal ini tidak benar kita bisa membantah semua gosip itu, melalui tindakan bahwa yang digosipkan adalah hal yang sama sekali tidak benar, karena gosip juga merupakan salah satu unsur politik kantor yang ditujukkan untuk menjatuhkan diri orang lain karena merasa kalah dalam persaingan dalam produktivitas.
Hal yang paling penting jika kita merasa kita tidak mampu menyelesaikan gosip tersebut, lebih baik kita bicara secara personal dengan atasan kita mengenai gosip yang berkembang di lingkungan kerja, ini penting karena menyangkut produktivitas kita dalam jangka panjang dan juga reputasi. Gosip adalah hal yang merusak, sayangnya banyak sekali orang yang percaya dengan gosip. Gosip dapat menyebabkan team work bekerja tidak sesuai dengan harapan, karena akan menciptakan konflik baru dan juga sikap curiga satu sama lain. Mari kita ciptakan budaya kerja yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: