Asia Timur Jepang dan Masa Depannya Septo Indarto (Team Double S)

19 Feb

Asia Timur
Jepang dan Masa Depannya
Septo Indarto (Team Double S)

Jepang sampai saat ini masih dipandang dan disegani sebagai Negara kuat di kawasan Asia Timur, Jepang adalah Negara Asia pertama yang sejajar dengan Negara-negara barat yaitu Eropa dan Amerika dalam mencapai kemakmuran dibidang ekonomi, sehingga Jepang disebut sebagai Negara maju. Tetapi saat ini Jepang bukanlah kekuatan utama lagi dikawasan Asia Timur. China dan Korea Selatan telah menjadi Negara yang kuat dibidang ekonomi seperti Jepang empat puluh tahun yang lalu. China terus menjadi kekuatan baru di kawasan Asia Timur dalam bidang ekonomi dan militer, Korea Selatan menjadi Negara industri dimana produk-produknya saat ini mampu menyaingi kualitas produk-produk Jepang di pasar dunia. Korea Selatan telah menjelma manjadi Negara industri maju dan terus meningkatkan posisinya sebagai salah satu Negara maju dengan pembangunan industri dan riset teknologi.
Jepang saat ini mengalami banyak kemunduran kemampuan dalam bidang manufaktur. Produk-produk manufaktur Jepang mendapatkan saingan yang serius dari produk manufaktur buatan China, Korea Selatan dan Taiwan. Jepang seperti kehilangan kekuatannya, tidak seperti pada tahun 1970-1990, Jepang adalah Negara kuat, kemampuan industri mereka sangat kuat dan mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Saat ini kemampuan tersebut masih ada, tetapi sudah menurun kemampuannya, ini yang menjadi persoalan serius dalam jangka panjang, dimana Jepang telah mengalami kemandekan perekonomian yang serius dan nyata, berbagai upaya telah dilakukan tetapi hasil yang diperoleh jauh dari memuaskan.
Saat ini jumlah pekerja di sektor manufaktur di Jepang telah turun hingga dibawah 10 juta orang, hal ini merupakan kejadian pertama kali dalam lima puluh tahun terakhir. Jumlah orang yang bekerja pada sektor manufaktur telah turun menjadi 9,98 juta dan itu adalah angka yang sangat rendah sejak tahun 1961. Saat ini pemerintah Jepang terus mengeluarkan berbagai macam kebijakan untuk mendorong sektor manufaktur yang menjadi andalan Jepang sejak lama sebagai Negara industri maju. Tetapi perusahaan-perusahaan manufaktur Jepang ternyata mengambil langkah untuk mendirikan pabrik-pabrik manufaktur ke Negara lain untuk perakitan tujuannya untuk memangkas biaya operasional yang besar.
Jepang sedang bekerja keras untuk bagaimana menciptakan sebuah kebijakan yang bisa mempertahankan perusahaan-perusahaan manufaktur tetap berada di Jepang. Jika perusahaan-perusahaan manufaktur Jepang terus berinvestasi di luar negeri dan membangun pabrik-pabrik manufaktur baru di luar negeri maka banyak penduduk yang akan kehilangan pekerjaan. Sehingga perekonomian akan terus bergerak lambat untuk dapat menuju proses pemulihan. Deflasi (penurunan harga) masih terjadi dan perekonomian sama sekali tidak bergerak, jika ini terus terjadi dalam jangka panjang maka hal ini akan menjadi tanda bahaya bagi pemerintah Jepang, khususnya pemerintahan yang baru terbentuk di bawah pimpinan Shinzo Abe.
Pemerintah baru dibawah Perdana Menteri Shinzo Abe terus mempunyai program yang akan memperbaiki perekonomian, pemerintah Jepang berupaya memperbanyak belanja pemerintah dan pelonggaran moneter. Tujuannya supaya roda perekonomian dapat bangkit kembali. Ini membutuhkan waktu dan kerja keras, karena akan menyangkut perekonomian Jepang saat ini dan dimasa yang akan datang. Tetapi Jepang terus berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan semua permasalahan yang sedang dihadapi. Karena Jepang menyadari bahwa kekuatan kawasan Asia telah berubah saat ini, dimana akan banyak Negara-negara Asia akan menjadi Negara industri dan akan bersaing satu sama lain dalam bidang industri untuk menjual produk-produk mereka, Jepang harus siap dengan perubahan tersebut, karena Asia telah menjelma sebagai sebuah kekuatan ekonomi dunia, dimana Jepang dimasa lalu adalah pemimpinnya, tetapi saat ini China dan Korea Selatan berhasil menjadi pemimpin dikawasan ini dalam ekonomi dan industri manufaktur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: