Buatlah Hubungan yang Baik dengan Konsumen Anda (Septo Indarto) (Team Double S)

8 Feb

Buatlah Hubungan yang Baik dengan Konsumen Anda
(Septo Indarto)

Satu hal yang harus selalu diperhatikan ketika Anda memutuskan menjadi seorang pengusaha adalah fokus membangun hubungan yang baik dengan konsumen Anda. Hubungan yang baik adalah jaringan yang baik. Hal yang terbaik Anda lakukan adalah membangun dan mengembangkan hubungan yang berkualitas dengan konsumen Anda. Hubungan yang berkualitas adalah sebuah hubungan yang Anda bangun dan dikembangkan oleh diri Anda kepada konsumen dalam posisi yang saling mengungtungkan satu sama lain. Konsumen sangat puas ketika membeli produk Anda dan diri Anda mendapatkan masukan dari konsumen apa yang mereka inginkan. Selama ini tugas ini dijalankan oleh staf customer service, mereka memang ditugaskan untuk mengadakan kontak dengan konsumen, tetapi tidak ada salahnya Anda juga mau berinteraksi dengan konsumen. Ada dua keuntungan, yaitu:
1. Anda membuka jaringan koneksi baru.
2. Anda akan mendapatkan ide-ide baru untuk mengembangkan inovasi produk Anda.
Ketika Anda membuka interakasi dengan konsumen Anda, ini sama dengan Anda memperluas daftar kontak konsumen yang akan meningkatkan target penjualan produk yang Anda akan jual. Fungsi jaringan adalah Anda akan memiliki potensi besar untuk memimpin bisnis baru. Jadi kesimpulannya adalah ketika Anda tidak perlu lagi mencari target pasar. Hal ini karena Anda telah mempunyai daftar yang lengkap. Tugas anda akan lebih efisien karena Anda telah mempunyai konsumen yang setia.
Bagaimana caranya membangun hubungan yang berkualitas dengan konsumen? Buatlah acara promosi mengenai produk yang Anda akan jual. Ini bisa Anda buat dalam bentuk:
1. Pameran dagang
2. Konferensi pers
3. Asosiasi perdagangan.
Anda hanya perlu membuat daftar undangan kepada konsumen Anda. Anda bisa memilih siapa yang paling tepat untuk membeli produk Anda. Caranya pelajari profil mereka yang telah di simpan dalam data base perusahaan.
Ketika Anda telah mendata konsumen Anda. Langkah apa yang Anda harus lakukan selanjutnya? Yaitu fokus kepada kualitas produk yang Anda akan tawarkan. Menawarkan produk yang berkualitas sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda, karena akan terus menjaga kepercayaan konsumen. Hal yang terbaik berilah penjelasan mengenai produk yang Anda akan jual dengan bahasa yang mudah dipahami. Hubungan berkualitas yang Anda punya dengan konsumen anda adalah hal yang penting untuk di jaga.

Anda harus memperhatikan:
1. Kontak mata
2. Ekspreswi wajah
3. Minat orang lain
4. Cara berjabat tangan
5. Humor yang berkualitas
Ini adalah hal yang Anda harus perhatikan walaupun mungkinAnda selalu terbiasa melakukannya. Karena walaupun demikian kita juga sering melakukan kesalahan kecil ketika dalam keadaan kondisi badan kita lelah. Tanyakan hal-hal yang bersifat kekeluargaan kepada konsumen Anda:
1. Bagaimana keadaan keluarga Anda?
2. Bagaimana pekerjaan Anda?
3. Film apa yang Anda sukai?
4. Apa judul buku favorit Anda?
5. Pengalaman apa yang paling mengesankan dalam hidup anda?
Ini adalah kesimpulannya: Ketika Anda telah menunjukkan minat kepada orang lain, mereka akan menghargai Anda dan lebih tertarik mengenal Anda lebih mendalam.
Stephen Covey mengatakan: Carilah dulu untuk memahami dan kemudian untuk dipahami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: