Indonesia dan IMF Septo Indarto (Team Double S)

7 Feb

Indonesia dan IMF
Septo Indarto (Team Double S)

Krisis ekonomi yang terjadi antara tahun 1997-1998 menyebabkan Indonesia harus meminjam dana dalam bentuk hutang kepada IMF untuk memulihkan perekonomiannya, IMF turut mengatur kebijakan ekonomi Indonesia yang menghasilkan krisis politik dan krisis keamanan, banyak bank yang ditutup, subsidi untuk rakyat miskin dicabut, IMF mengatakan dengan kata yang sederhana: Subsidi dicabut karena memberatkan anggaran belanja. Ini adalah rumus bantuan ekonomi IMF diseluruh dunia, mulai dari krisis ekonomi Asia di masa lalu hingga krisis ekonomi di Eropa ( Spanyol dan Yunani).
Ekonomi kita pun diatur dalam masalah penerimaan dan pengeluaran selama beberapa tahun. IMF terus mengirim para konsultannya ke Indonesia, sebagai pengawas kebijakan perekonomian Indonesia. Semua kebijakan ekonomi Indonesia harus diketahui, dipelajari dan disetujui oleh IMF. Tapi itu adalah pengalaman masa lalu yang dapat dijadikan pelajaran yang sangat berharga.
Saat ini Indonesia memberikan bantuan modal kepada IMF sebesar $1 milyar. Indonesia ingin berperan aktif dalam diplomasi ekonomi internasional. IMF adalah lembaga yang dapat mewakilinya. Indonesia ingin berperan juga dalam mengatasi masalah ekonomi di Afrika dan di Asia. Indonesia mempunyai kepentingan nasional jangka panjang bahwa perekonomian Asia dan Afrika juga harus maju dan stabil di masa mendatang, kita bisa menjual produk-produk buatan Indonesia ke Asia dan ke Afrika. Kawasan Asia dan kawasan Afrika mempunyai peluang dan potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
Indonesia dapat memberikan gagasan yang penting bagi penyelesaian ekonomi global dan mewakili kepentingan Negara berkembang khususnya untuk kawasan Afrika dan kawasan Asia. Pinjaman kepada IMF merupakan komitmen Indonesia dan juga Negara-negara lain dalam grup 20 (G-20). Tujuannya untuk aktif dan berperan serta dalam mengatasi masalah perekonomian global dan memperkuat ekonomi global.
Indonesia dapat menunjukkan kepemimpinannya sebagai salah satu Negara wakil dari Asia. Kawasan Asia terus tumbuh dan berjalan dengan cepat dalam mobilitas ekonomi regional, ini adalah sebuah langkah kebijakan ekonomi yang bagus diciptakan oleh pemerintahan dari masing-masing di Negara Asia. Asia mengalami pertumbuhan yang stabil walaupun ekspor berjalan akan lambat dan turun, karena pasar Amerika dan Eropa sedang lesu akibat krisis ekonomi.
Di masa mendatang Negara-negara Asia, termasuk Indonesia bisa memberikan kontribusi yang lebih besar kepada IMF dan ikut serta menyusun kebijakan bantuan ekonomi IMF di seluruh dunia. Kita sebagai sebuah bangsa telah membuktikkan bahwa di masa lalu Indonesia adalah Negara yang di bantu oleh IMF, tetapi saat ini Indonesia adalah Negara pemberi bantuan kepada IMF. Ini adalah langkah yang positif dari kemajuan ekonomi kita dan juga merupakan salah satu kesuksesan dalam diplomasi internasional di bidang ekonomi. Kita telah mempunyai kemampuan untuk itu, kita masuk dalam G-20 yaitu Negara-negara yang mempunyai pertumbuhan ekonomi yang tonggi dan memberikan pengaruh yang besar dalam kontribusi kepada perekonomian internasional.
Indonesia juga bisa memberikan bantuan yang lebih besar lagi dimasa yang akan datang kepada IMF sebagai penyeimbang kekuatan besar Negara-negara maju, sehingga kita bisa menjadi wakil dari Asia untuk mensuarakan kepentingan Asia di forum dunia khususnya dalam diplomasi ekonomi internasional. Ini adalah langkah yang maju dan diplomasi yang hebat, langkah yang strategis tentunya akan dilihat sebagai sebuah kekuatan diri untuk lebih berperan aktif dalam ekonomi internasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: