People Management Septo Indarto (Team Double S)

6 Feb

People Management
Septo Indarto (Team Double S)

Ketika kompetisi antar perusahaan semakin ketat, maka Top Management menyadari mengenai sebuah arti penting dari peran People Management. Biasanya orang mengatakan bahwa People Management dikelola oleh Departemen HRD saja, sementara departemen yang lain tidak berhak untuk mencampuri urusan itu. Tetapi dalam kenyataannya setiap departemen selain departemen HRD juga harus mampu mengimplementasikan mengenai People Management, tujuannya supaya orang-orang yang berada dalam lingkar organisasi bisa bekerjasama satu sama lain ketika akan melakukan sebuah pekerjaan.
Para pemimpin perusahaan harus mampu untuk mengerti mengenai People Management, karena ini menyangkut bagaimana memimpin sebuah team work dalam perusahaan. People Management adalah salah satu seni managemen dan juga seni kepemimpinan. Anda sebagai seorang pemimpin perusahaan di haruskan belajar mengenai People Management, Anda diharuskan mengerti dengan benar karakter orang-orang disekeliling Anda, apa kebaikan mereka dan apa keburukan mereka, ini membutuhkan pandangan yang tajam dan jeli dan tidak mudah, kemampuan berkomunikasi adalah hal yang tepat untuk berdialog dengan team, apa yang mereka rasakan saat ini, apakah mereka merasa tertekan karena pekerjaan yang dikerjakan begitu berat. Anda sebagai pemimpin perusahaan harus terjun bukan menunggu adanya keluhan dari para staff, jika Anda menunggu berarti Anda sedang menunggu masalah-masalah besar akan timbul. Karyawan yang sedang stress membutuhkan perhatian lebih bukan hanya oleh psikiater tetapi juga perhatian dan motivasi dari seorang pemimpin, karyawan akan merasa diperhatikan oleh pemimpinnya.
Di dalam organisasi perusahaan diisi oleh berbagai macam karakter manusia, ada yang pendiam, ada yang cerewet, ada yang judes, ada yang egois dll, tetapi itulah sifat manusia, tugas Anda adalah bagaimana menyatukan kekuatan mereka dan melihat hal yang positif dan hal yang negative dari masing-masing karyawan untuk menciptakan sebuah team work yang solid. Ini tidak mudah, butuh waktu yang lama, tetapi pendekatan secara pribadi ketika makan siang atau makan malam setelah jam kerja adalah satu satu aktivitas yang wajib dijalankan oleh para pemimpin perusahaan.
Bagi perusahaan saat ini karyawan adalah asset yang luar biasa sangat berharga, kemampuan jalannya organisasi perusahaan ditentukan oleh kemampuan sumber daya manusia yang tinggi, mempunyai jiwa inovasi, menyukai tantangan, team work yang solid. Perusahaan saat ini dipandang bukan hanya sebagai tempat kerja saja yang tugasnya duduk, bekerja, lalu pulang. Perusahaan saat ini dipandang sebagai sebuah tempat petualangan untuk menghasilkan karya-karya dari ide-ide kreatif. Karya menjadi sebuah nilai yang sangat mahal, saat ini kita hidup dalam dunia kreatif, sehingga karya-karya kreatif yang diciptakan merupakan hal yang sangat penting.
Menggali potensi seorang karyawan juga membutuhkan waktu, karena kita harus mengenal segala aspek mengenai kepribadian orang itu. Kita harus belajar mengenai karakter, motivasi, kepribadian dll dari setiap karyawan. Jika kita telah mengenal diri mereka dengan baik, akan sangat mudah untuk menggali potensi mereka, Anda sebagai seorang pemimpin perusahaan harus mempunyai mindset bahwa karyawan adalah orang-orang yang kreatif dan produktif yang mampu memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan perusahaan. People Management memang bukan hal yang mudah untuk dijalankan, tetapi dengan menjalankannya akan lebih mudah bagi seorang pemimpin perusahaan untuk melihat potensi setiap karyawan dan dapat menciptakan peta mengenai kemampuan dari masing-masing orang. Ini memang sebuah pekerjaan yang menarik, penuh dengan tantangan, tetapi membutuhkan proses waktu yang panjang. Tapi hasilnya LUAR BIASA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: