Pentingnya Kemampuan Berinovasi Septo Indarto (Team Double S)

5 Feb

Pentingnya Kemampuan Berinovasi
Septo Indarto (Team Double S)

Setiap hari Anda bangun pagi, kemudian mandi dan sarapan pagi lalu pergi ke kantor, dikantor Anda mengerjakan pekerjaan sehari-hari selama 8 jam atau lebih 8 jam ketika kantor membutuhkan tenaga ekstra dari para staffnya untuk bekerja karena pekerjaan yang harus dikerjakan sangat banyak. Selama 8 jam Anda bekerja Anda mengerjakan hal-hal yang rutin yang sesuai dengan posisi Anda saat ini.
Pernakah Anda bertanya dalam diri Anda: Apakah saya merasa jenuh dalam mengerjakan pekerjaan ini karena setiap hari saya melakukannya, walaupun saya sudah ahli tetapi kadang-kadang merasa jenuh dan dalam jangka panjang tanpa Anda sadari akan menyebabkan kemunduran dan penurunan produktivitas kerja, Anda akan mengambil libur untuk meredakan suasana yang jenuh, ituadalah pilihan bagus. Tetapi ada satu hal saat ini semua organisasi perusahaan membutuhkan pegawai-pegawai yang berani menciptakan inovasi untuk meningkatkan kualitas kerja mereka dan memberikan kontribusi yang positif kepadao rganisasi perusahaan, sehingga organisasi perusahaan akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan waktu.
Kita harus melihat lingkungan kita, apakah mereka memberikan pengaruh positif kepada diri kita. Apakah kita mampu berdatapsi dengan lingkungan mereka. Apakah lingkungan juga akan mendukung kita seandainya saya melakukan sesuatu yang menurut lingkungan saya adalah sesuatu yang berbeda. Saat ini banyak sekali organisasi perusahaan yang melaksanakan program change management, tujuannya hanya satu adanya perubahan, yaitu perubahan dalam lingkungan kantor, Top Management ingin menerapkan perubahan pola kerja yang tidak ingin terjebak hanya pada rutinitas belaka yang setiap hari terus dilakukan oleh semua staff. Mereka menginginkan para staff bukan hanya mampu bekerja, tetapi mampu mengambil inisiatif dan memberikan ide-ide mereka untuk kemajuan perusahaan.
Ada satu hal yang harus diingat dan juga dijadikan sebuah standar baru dalam budaya kerja pada abad ke 21, bahwa perusahaan saat ini menginginkan para pegawainya mampu menciptakan inovas-inovasi yang berasal dari ide-ide mereka. Top Management akan mendukung hal itu. Karena kita hidup dalam sebuah era dimana ide adalah sebuah kekuatan yang luar biasa untuk menciptakan kemajuan.
Ide menciptakan kreativitas, kreativitas menciptakan sebuah nilai tambah, nilai tambah menciptakan produk yang kompetitif dipasaran untuk di jual kepada konsumen.
Ide adalah sebuah senjata yang hebat, ide yang hebat walaupun terlihat sangat sederhana tetapi mampu meningkatkan produktivitas kerja kita dalam menciptakan sebuah kreativitas maka harus didukung oleh Top Management. Sering kali kita membaca bahwa perusahaan saat ini mencari karyawan-karyawan yang memiliki cara berpikir yang berbeda (Out of the Box). Mereka karyawan seperti ini adalah orang-oarang yang mempunyai kualitas dan mempunyai cara berpikir dalam jangka panjang untuk kemajuan organisasi perusahaan. Perusahaan sangat bergantung sekali kepada para pegawai yang mempunyai talenta tinggi yang mampu menciptakan kreativitas bagi lingkungan kerjanya.
Kita hidup dimana persaingan akan menciptakan sebuah budaya baru, karena ini berasal dari sebuah kompetisi antar organsiasi perusahaan. Contoh yang paling sederhana saat ini banyak perusahaan yang memberikan PC tablet kepada para karyawannya untuk memudahkan mereka para karyawan untuk bekerja. Perusahaan menginginkan efisiensi, PC Tablet dapat membantu hal itu, para pekerja yang berprofesi sebagai Marketer dan Teknisi saat ini dilengkapi dengan PC tablet karena mobilitas kerja mereka sangat tinggi. Perusahaan sebuah gadget yang menciptakan budaya kerja yang lebih efisien, pemeberian PC tablet kepada karyawan adalah salah satu caranya, mereka dapat membuat konsep, berbagai konsep, dan melakukan konsep-konsep tersebut dalam implementasinya.
Kemampuan para staff untuk menggunakan teknologi untuk mendukung pekerjaannya sangat penting. Teknologi dibuat dengan tujuan untuk membuat produktivitas kerja, kita saat ini tidak mau melihat para karyawan kita terlihat gagap teknologi, pelatihan dibidang teknologi untuk peningkatan kemampuan para staff dalam menguasai bidang pekerjaannya adalah hal yang sangat penting, karena ini adalah bagian dari program change management, oleh karena itu kemampuan menciptakan inovasi sanagat dibutuhkan oleh organisasi perusahaan untuk bergerak maju kea rah yang lebih baik.
Kreativitas tidak boleh berhenti, karena jika berhenti akan menghentikan laju organisasi perusahaan, kemampuan terbaik harus dikeluarkan karena ini menyangkut persaingan eksternal. Bagaimana jika sebuah perusahaan yang mempunyai pegawai tidak mempunyai jiwa inovasi dalam melakukan pekerjaannya? Itu pertanyaan yang sering muncul, jawabannya adalah perusahaan tersebut harus mempunyai pemimpin yang berjiwa inovasi, bagaimana jika tidak? Perusahaan itu harus merekrut pemimpin dari luar perusahaannya (lingkungan eksternal) untuk memimpin, karena inovasi akan menciptakan banyak peluang baru yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Inovasi memberikan ruang bebas dan sangat besar untuk pengembangan kreativitas. Kreativitas akan menciptakan inovasi. Karena Inovasi dalam abad teknologi akan menjadi DNA perusahaan-perusahaan besar dan perusahaan-perusahaan kecil untuk mampu tetap mampu bersaing dan bertahan dalam sebuah kompetisi yang sangat ketat. Diperlukan sebuah kerja sama Team Work yang kuat, penyatuan visi dan misi dalam melihat jangka panjang, program-program kerja yang didukung ole hide-ide baru dan segar.
Para pemimpin organisasi perusahaan harus mampu menciptakan design-design baru mengenai pekerjaan yang akan dikerjakan. Penggunaan teknologi kantor untuk pengembangan design pekerjaan sangat penting. Kita tidak boleh hanya fokus kepada administrasi saja, khususnya pekerjaan administrasi yang dilakukan sejak lama, ini berbahaya, karena perubahan lingkungan eksternal perusahaan akan cepat berubah, para pesaing pasti akan menciptakan budaya kerja yang lebih maju dari kita karena mereka juga ingin tetap eksis dan memenangkan persaingan. Bagi perusahaan yang melakukan banyak change management diharapkan mampu menciptakan perubahan internal yang lebih baik, karena harus melihat pola persaingan yang semakin ketat. Para pemimpin perusahaan harus menunjukkan kepemimpinannya di tengah perubahan yang terjadi, bergerak cepat, mendesain ulang strategi, peningkatan kualitas kerja dari para staff, memilih teknologi kantor terbaru yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
Kemampuan melihat sesuatu dengan cara yang berbeda sangat diperlukan, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan dilakukan oleh para pesaing. Para pesaing tentunya ingin mengalahkan kita dalam segala hal. Itu adalah hal yang wajar, karena kita bekerja pada sebuah era kompetisi, kompetisi yang memungkinkan setiap orang mampu menjadi seorang innovator dalam pekerjaannya, setiap orang mampu melihat dunia yang lebih luas dan menantang, teknologi telah membuka ruang yang lebih luas kepada kita. Apakah kita mampu? Jawabannya pada diri Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: