Masyarakat Digital dan Era Bisnis Digital Oleh Septo Indarto

4 Feb

Masyarakat Digital dan Era Bisnis Digital
Oleh Septo Indarto

Saat ini internet adalah sebuah kebutuhan. Kebutuhan untuk mencari informasi dan berkomunikasi. Inovasi web 2.0 menciptakan teknologi internet yang lebih interaktif. Internet mengalami sebuah revolusi yang sangat cepat dan menyebabkan pola kehidupan umat manusia berubah dengan sangat cepat. Sebuah ruang yang lebih luas bagi peradaban umat manusia. Semua sumber informasi bisa di baca, di bagi ke sesama pengguna internet dan dianalisa kebenarannya. Internet adalah salah satu penemuan terbesar di dalam sejarah umat manusia yang menyebabkan pola kehidupan manusia berubah secara cepat.
Saat ini kita hidup di sebuah era baru, yaitu era digital, dimana setiap orang terhubung satu sama lain melalui jaringan internet. Jaringan internet memberikan kita sebuah koneksi kepada semua teknologi yang ada disekeliling kita. Saat ini sebuah smartphone dari Android-Google, iPhone-Apple, Symbian-Nokia sudah mampu menjalan kan berbagai macam aplikasi yang terhubung dengan jaringan internet dan juga mampu menyalakan sebuah televisi dengan program software yang telah di rancang dan menghubungkannya dengan alat lain melalui koneksi internet, memeriksa isi kulkas, melihat jumlah uang kita di bank melalui fasilitas e-banking. Kita hidup dalam sebuah tempat yang saling terkoneksi:
1. Diri kita dengan teman, anggota keluarga, teman di tempat kerja.
2. Diri kita dengan teknologi yang ada di sekeliling kita.
Social networking seperti facebook, Yutube, twitter mempercepat ke arah pembentukan sebuah masyrakat baru yaitu masyarakat digital dimana semua orang diseluruh dunia dapat terkoneksi satu sama lainnya yang berasal dari semua negara yang ada di planet bumi.
Begitu juga dengan aktivitas bisnis. Saat ini aktivitas bisnis telah berhasil menciptkan banyak cara baru dalam dunia marketing. Ilmu marketing menjadi lebih luas dan dinamis karena mengikuti perubahan dalam kehidupan bisnis di dalam masyarakat. Saat ini banyak sekali perusahaan dalam melakukan riset pasar melalui survey on line di mana hal ini jauh lebih mudah dan konsumen di minta ikut survey jauh lebih banyak. Coba sekarang Anda bayangkan kembali ke tahun 1960-an, ketika sebuah perusahaan akan melakukan riset pasar berapa jumlah karyawan yang akan dikirim ke lapangan untuk menemui calon konsumen. Tentunya ini membutuhkan biaya dan waktu. Saat ini perusahaan-perusahaan di seluruh dunia melakukan aktivitasnya melalui jaringan internet: Mulai dari promosi, seminar, training, merekrut karyawan, rapat semua terkoneksi dengan jaringan internet.
Internet telah menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi semua perusahaan. Bahkan saat ini perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia terus melakukan up grade teknologi informasi, memperkuat keamanan data, meningkatkan kapsitas jaringan sehingga dalam jangka panjang akan mempermudah aktivitas bisnis di masa yang akan datang. Kita hidup di dalam era digital dimana kita melakukan aktivitas bisnis dengan teknologi digital.
Aktivitas bisnis akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan waktu. Waktu yang akan mengantar kita untuk melakukan inovasi dan saat ini internet adalah media yang paling efektif dan yang paling tepat dan sering digunakan oleh semua orang. Masyarakat digital dan era bisnis digital adalah era dimana akan membantu kita dan sebuah pertanyaan untuk Anda, apakah Anda siap untuk sukses?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: