Dell adalah Efisiensi dan Inovasi Septo Indarto (Team Double S)

2 Feb

Dell adalah Efisiensi dan Inovasi
Septo Indarto (Team Double S)

Dell adalah perusahaan teknologi yang dikenal sebagai perusahaan yang mementingkan inovasi dan efisiensi. Ini adalah cara mereka melihat pasar dan terus melanjutkan semangat budaya kerja untuk menjadi perusahaan teknologi terbaik di desktop PC dan Mobile Computer. Dell adalah sebuah branding yang terus berkembang dan bertahan sampai saat ini, branding Dell telah mendapat tempat di hati para konsumen diseluruh dunia, perusahaan asal Texas, Amerika ini adalah perusahaan yang mempunyai jangkuan global, awalnya adalah perusahaan teknologi skala kecil dan sama sekali tidak diperhitungkan, tetapi Michael Dell adalah orang yang ahli dalam strategi managemen dia adalah orang yang ahli mengirimkan desktop PC dan Mobile Computer kepada konsumen dengan cara langung dan akan memberikan harga yang lebih murah kepada konsumen dibadingkan merek lain. Tetapi Dell sama sekali tidak menurunkan kualitas produk yang dijual walaupun harganya lebih murah dibandingkan para competitor, yang harus kita lihat adalah bagaimana menciptakan efisiensi dalam rantai distribusi penjualan sehingga dapat dilihat oleh konsumen dan memberikan kepuasan kepada konsumen. Bisnis teknologi adalah bisnis dengan managemen yang kompleks, inovasi tanpa henti, mampu melihat masa depan, mengerti apa yang diinginkan oleh konsumen. Tidak semua perusahaan teknologi mampu bertahan jika mereka tidak mampu melihat arah perubahan yang begitu cepat, kita hidup di dunia yang penuh dengan perubahan, setiap orang menginginkan perubahan dalam hidupnya, teknologi membantu perubahan tersebut untuk hidup, berkerja dan bersantai.
Michael Dell adalah orang yang bergerak cepat, ketika sebuah masalah muncul dipermukaan maka dia bergerak cepat untuk menyelesaikan masalah itu. Karena bisnis berjalan dengan cepat dan sangat keras, Michael Dell selalu mengatakan bahwa sebuah produk harus mampu menciptakan sebuah keuntungan mulai dari hari pertama (ketika pertama kali mulai di jual), dia selalu mengharapkan para managernya adalah database yang berjalan yang mampu mengumpulkan informasi mengenai segala hal diperusahaan ini mulai dari pertumbuhan bisnis yang tinggi hingga jumlah rata-rata suku cadang harus diganti selama 30 hari sejak satu komputer mampu terjual.
Tujuannya untuk melihat angka penjualan apakah turun atau naik, peningkatan kualitas produk, serta suku cadang yang tersedia. Dell berada dalam bisnis yang mempunyai mobilitas yang sangat tinggi. Dia harus memberikan penagarahan kepada setiap orang untuk dapat terus memacu produktivitas, karena dalam bisnis teknologi produktivitas adalah hal yang utama.
Michael Dell selalu memperhatikan statistik yaitu margin operasi, bagi Micheal Dell bahwa penjulan produk tidak cukup hanya sekedar meraih laba dan tumbuh pesat. Para manager harus mampu meraih kedua hal itu untuk dapat memaksimlkan keuntungan dalam jangka panjang, dengan kata lain produk harus diberi harga yang murah sehingga konsumen mau untuk membelinya tetapi jangan terlalu rendah karena akan memangkas laba, bagi Dell definisi keberhasilan adalah mereka yang bisa menghemat uang, dan dalam jangka panjang mampu memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan.
Kehebatan strategi dari Michel Dell adalah kemampuan untuk mengkombinasikan antara keinginan akan kesempurnaan dan juga menelusuri data terakhir (hingga ke konsumen) hal ini yang sangat sulit diikuti oleh para pesaing.
Dia sebagai seorang manager adalah orang yang biasa tetapi mampu menciptakan kerja sama tim yang kuat. Yang dia inginkan adalah perilaku tidak egois menjadi budaya kerja perusahaan, semua orang diharapkan mengorbakan kepentingan mereka demi kepentingan bisnis, Dell akan menunjuk seorang eksekutif tanpa ragu untuk menjalankan bisnis penting, mereka diharapkan bekerja sama satu sama lain dan saling mengkoreksi kesalahan serta secara bersama-sama menanggung kesalahan jika terjadi sesuatu, kepemimpinan senior di Dell adalah sebagai tim managemen tanpa nama. Tujuannya untuk menjaga kekompakan dan kerja sama team work, semua kemampuan harus dikeluarkan untuk kepentingan bisnis perusahaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: