Memulai Sebuah Perubahan dalam Lingkungan Organisasi Perusahaan Septo Indarto (Team Double S)

1 Feb

Memulai Sebuah Perubahan dalam Lingkungan Organisasi Perusahaan
Septo Indarto (Team Double S)
Perubahan adalah proses yang penting bagi sebuah organisasi, itu merupakan sebuah keharusan yang harus dijalankan, perubahan bersifat dinamis karena hal itu akan terus terjadi setiap saat, dunia berputar, waktu berputar dan roda kehidupan berputar dalam perputaran itu membutuhkan sebuah energi yaitu kemampuan kita untuk melakukan sebuah perubahan. Sering sekali para pemimpin atau manager perusahaan merasa kesulitan dan bingung bagaimana memulai sebuah perubahan dalam lingkungan organisasi, pemimpin harus melihat faktor eskternal dan faktor internal, tujuannya untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh sebuah organisasi perusahaan.
Pemimpin atau manager perusahaan perlu berkomunikasi dengan para staff mengenai perubahan yang akan dijalankan dan itu bisa dilakukan dengan menulis poin-poin penting yang mudah dimengerti dan para staff bisa memberikan masukan mengenai hal apa yang bisa dilakukan dan hal apa yang tidak bisa dilakukan. Perubahan memang membutuhkan sebuah proses waktu, proses waktu itu bisa singkat dan bisa lama, hal ini tergantung kesiapan semua staff dalam menjalankan perubahan. Perubahan memberikan sebuah tantangan baru karena menciptakan budaya baru. Pemimpin yang berani melakukan perubahan dan mengajak para anak buahnya adalah pemimpin yang menciptakan budaya kerja perusahaan yang inovatif. Karena dia sadar waktu berputar dan pola managemen akan selalu berubah setiap waktu sehingga kita terhindar dari zona yang nyaman. Kita harus mampu merubah rutinitas kerja yang akan menyebabkan kita merasa nyaman dan pasif untuk berpikir kreatif, karena berpikir kreatif akan meningkatkan kualitas diri kita, oleh karena itu kita harus mampu menciptakan perubahan bagi organisasi ke arah yang positif dan lebih baik sehingga operasional organisasi akan berjalan lebih efisien.
Perubahan memang mutlak dilakukan, tetapi hal yang terpenting adalah semua staff harus siap melakukan perubahan dan tidak menciptakan isu-isu yang negatif ketika perubahan akan dijalankan karena hal itu justru akan menghambat jalannya perubahan. Perubahan adalah sebuah kekuatan karena perubahan membutuhkan kemampuan managerial yang baik dan juga kemampuan Leadership yang baik, tanpa dua faktor itu maka pemimpin tidak akan mampu menciptakan perubahan yang sesuai dengan yang diharapkan.
Seorang pemimpin juga bisa membentuk sebuah tim yang menilai mengenai kemajuan dan kemunduran mengenai perubahan, seperti daftar pertanyaan:
1. Apakah setiap staff memahami mengenai perubahan yang sedang dilakukan?
2. Apakah setiap staff mampu mengikuti perubahan tersebut?
3. Apakah pemimpin perusahaan melakukan komunikasi yang efektif kepada para staff mengenai pentingnya sebuah perubahan?
4. Dampak seperti apa yang ditimbulkan akibat perubahan tersebut?
5. Apakah semua staff dapat menciptakan kualitas kerja yang lebih baik ketika perubahan tersebut sedang dijalankan?
Ini membutuhkan sebuah komitmen yang besar dari seorang pemimpin dalam memimpin para staff untuk berhasil menciptakan perubahan tersebut. Perubahan juga harus mampu mengubah pola pikir dan mental setiap karyawan, jangan hanya sebuah peraturan yang ditulis di kertas. Perubahan harus mampu menciptakan sebuah nilai tinggi bagi kemajuan perusahaan. Perusahaan mempunyai harapan besar bahwa perubahan yang diciptakan akan menciptakan budaya kerja yang baru dan meningkatkan produktivitas para karyawan.
Tidak semua orang menyukai apa yang disebut mengenai perubahan karena hal itu sangat menyakitkan, tetapi dunia berputar dan kehidupan berjalan dengan dinamis, siapapun Anda, Anda harus mampu menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik. Karena itu menyangkut masa depan Anda. Anda sebagai seorang pemimpin harus terus mempertajam visi Anda mengenai masa depan karena kompetisi akan terus meningkat dari waktu ke waktu, berpikirlah lebih kreatif dan lebih inovatif untuk menciptakan sebuah perubahan. Para staff akan dibelakang diri Anda, mendukung kebijakan Anda, mengikuti apa yang Anda lakukan, karena mereka sadar bahwa perubahan adalah hal yang penting bagi kemajuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: