Menciptakan Budaya Kerja Perusahaan Septo Indarto (Team Double S)

31 Jan

Menciptakan Budaya Kerja Perusahaan
Septo Indarto
(Team Double S)

Pemimpin harus mempunyai keberanian melihat ke masa depan, harus mampu memprediksi apa yang akan terjadi lima dan sepuluh tahun mendatang. Karena setiap perusahaan harus siap berkompetisi, ini bukan pekerjaan yang mudah tetapi sangat berat, jika perusahaan menang dalam kompetisi melawan para kompetitor maka perusahaan akan mampu berjalan terus tetapi jika kalah maka perusahaan akan bangkrut dan hancur. Salah satu hal untuk mengatasi masalah ini adalah para pemimpin perusahaan harus mampu menciptakan budaya kerja yang inovatif dan transparan. Budaya kerja inovatif artinya terus melakukan banyak pembaharuan gaya managemen untuk mencapai hasil yang terbaik. Budaya kerja transparan adalah menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam bekerja.
Menciptakan budaya kerja perusahaan berarti mampu menciptakan sumber daya manusia yang tangguh dan mampu bersaing, ini memerlukan sebuah visi jangka panjang. Mampu melihat peluang yang akan datang, mampu melihat kemenangan dimasa mendatang. Para pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan para stafnya untuk melihat kea rah masa depan, apa yang akan kita lakukan dimasa depan, budaya kerja seperti apa yang akan kita ciptakan, apakah budaya kerja saat ini sudah sesuai dengan perkembangan jaman untuk mencapai kesuksesan atau budaya kerja kita saat ini harus terus menerus mengalami perbaikan.
Memberi motivasi kepada karyawan dan memberikan contoh yang positif harus dilakukan oleh para pemimpin, karyawan adalah asset, perusahaan akan bergantung kepada karyawan yang mampu menciptakan produktivitas kerja dan mampu membawa perusahaan berkembang lebih baik dan lebih besar dimasa yang akan datang. Ini sekali lagi tidak mudah, para pemimpin harus berani berkomunikasi secara terbuka dan juga berani menciptakan terobosan-terobosan baru dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Dunia berputar dengan cepat, langkah seperti apa yang harus diciptakan, setiap organisasi perusahaan berpacu melawan waktu, yang terbaik akan menjadi pemenang dan yang terburuk akan kalah total dan menjadi kenangan.
Hal yang terpenting bagi diri Anda sebagai seorang pemimpin adalah Anda harus mampu menyampaikan visi perusahaan secara konsisten dan terus-menerus memberikan motivasi kepada karyawan, di waktu santai berbicaralah dengan para karyawan Anda, apa yang mereka ingin lakukan saat ini dan di masa mendatang. Ide-ide mereka sangat penting untuk kemajuan perusahaan, karena hati mereka telah menyatu dengan tempat kerja, mereka bukan hanya karyawan tetapi mereka bekerja untuk Anda sebagai sebuah keluarga, motivasi tinggi mereka bekerja adalah kekuatan bagi diri Anda dan juga organisasi perusahaan. Anda harus menunjukkan integritas Anda sebagai seorang pemimpin dalam berbagai macam situasi dan mereka para karyawan akan menunjukkan integritas mereka dengan motivasi tinggi untuk bekerja sebaik mungkin.
Menciptakan budaya kerja, pertama Anda harus berani menyampaikan visi dan misi perusahaan, berkomunikasi dengan mereka, mendengarkan mereka para karyawan berbicara dengan Anda, mengubah budaya kerja yang disesuaikan dengan jaman, meningkatkan kualitas kerja karyawan dan juga terus-menerus melakukan up grade teknologi untuk peningkatan hasil kerja.
Anda harus mempunyai komitmen yang besar kepada para karyawan, bahwa Anda akan selalu bersama mereka dalam situasi apa pun, Anda harus menunjukkan bahwa apa yabg kita lakukan dalam budaya kerja adalah hasil dari kerja keras bersama sebagai sebuah team work. Kekuatan komitmen Anda sangat diperlukan sebagai seorang pemimpin, karena para karyawan akan melihat dan mengikuti langkah-langkah Anda dalam melangkah.
Pemimpin yang berjalan untuk melangkah dengan keyakinan yang kuat maka para karyawan akan tertarik untuk mengikutinya, karena mereka melihat apa yang dilakukan oleh pemimpinnya adalah hal yang benar menurut mereka, mereka melihat sebuah integritas yang kuat dari diri Anda. Mereka melihat diri Anda dengan nilai yang tinggi, karena itu merupakan poin yang sangat penting. Mereka akan melihat Anda mampu membangun team work yang kuat dan berhasil membangun ikatan emosional diantara sesama anggota tim. Menciptakan komitmen harus tumbuh dari dalam diri dan terus menerus melakukannya tanpa pamrih. Komitmen bersifat jangka panjang, oleh karena itu jika Anda mempunyai komitmen yang kuat. Komitmen dilihat bukan sebagai keberanian saja tetapi dilihat lebih dari itu yaitu sebagai sebuah sikap yang positif yang mampu menciptakan motivasi kepada karyawan dalam bekerja, komitmen adalah sebuah kekuatan diri yang ada dalam diri Anda dan Anda wajib mempertahankan komitmen tersebut, saatnya Anda menciptakan budaya kerja yang inovatif dan mendapatkan hasil yang luar biasa yang sesuai dengan Anda harapkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: