Persaingan Ekonomi Abad ke 21 Bagian 3 Septo Indarto (Team Double S)

26 Jan

Persaingan Ekonomi Abad ke 21 Bagian 3
Septo Indarto (Team Double S)

Melihat persaingan ekonomi abad 21 harus dilihat sebagai sebuah kesempatan dalam meningkatkan kualitas kerja dan melakukan inovasi diberbagai bidang. Peningkatan daya saing merupakan hal yang sangat penting, karena hal ini merupakan menyangkut sebuah reputasi yaitu untuk menjadi yang terbaik dalam sebuah kompetisi global. Globalisasi harus memberikan ruang kepada setiap orang dan setiap Negara dalam menatap masa depan. Negara juga mempunyai peran penting untuk memajukan rakyatnya, karena rakyat adalah sebuah kekuatan yang luar biasa dalam membangun Negara. Negara harus melihat potensi kreativitas rakyatnya dan harus mampu memberikan ruang yang luas untuk menciptakan kreativitas tinggi untuk rakyatnya.
Persaingan ekonomi abad ke 21 juga bukan hanya dilihat kepada tingkat pendapatan warga Negara (Income) dan kemampuan Negara dalam mengelola managemen untuk mengatur Negara, hal yang yang lain harus diperhatikan adalah bagaimana menciptakan infrastruktur yang memadai sesuai perkembangan zaman. Pembangunan infrastktur dapat menciptakan mobilitas masayarakat dan mobilitas ekonomi berjalan dengan cara yang lebih efisien. Ini harus diatur juga dalam kebijakan publik yang diciptakan oleh pemerintah. Karena hal ini menyangkut mengenai daya saing sebuah Negara sebagai tempat yang aman dalam melakukan kegiatan bisnis dan juga tempat yang aman dalam melakukan investasi.
Kualitas kesehatan penduduk juga harus diperhatikan, karena jika penduduknya sehat maka mereka akan giat bekerja. Tercipta banyak sekali produktivitas untuk pembangunan dan berkarya yang akan menyumbang besar kepada pertumbuhan ekonomi. Penyediaan akses kesehatan murah dan berkualitas sangat dibutuhkan oleh setiap orang, karena saat ini kesehatan adalah faktor utama dan sangat penting untuk setiap orang, jika masyarakat mempunyai banyak masalah dalam hal kesehatan maka dalam jangka panjang yang akan dirugikan adalah Negara dan juga para pelaku ekonomi. Karena rakyat tidak bisa bekerja dengan maksimal ketika mereka sakit dan jika ingin berobat maka biaya akan mahal dan secara langsung itu akan menyebabkan penurunan produktivitas dalam bekerja. Kesehatan penduduk harus diperhatikan karena ini juga akan memberikan dampak yang positif dalam jangka panjang. Klinik-klinik kesehatan perlu dibangun disetiap daerah tujuaanya supaya setiap orang dapat mengaksesnya dan mendapatkan perawatan kesehatan yang memadai jika mereka membutuhkannya.
World Economics Forum telah menentukan indeks mengenai daya saing sebuah Negara. Ada tiga unsure yaitu:
1. Persyaratan dasar. (Menjelaskan kenapa daya saing Negara itu bisa naik dan turun).
2. Penopang efisiensi. (Apakah Negara tersebut mampu menciptakan sistem yang efisien, seperti birokrasi yang efisien).
3. Faktor Inovasi dan Kecanggihan. (Menyangkut daya saing ekonomi dan menciptakan produk-produk baru yang inovatif).
Setiap pemerintah disetiap Negara harus memperhatikan daya saing masing-masing negaranya, tujuannya apakah Negara mampu menciptakan iklim yang sehat dan tempat yang nyaman untuk bekerja. Hal ini bisa dilihat dari produktivitas rakyatnya, apakah mengalami kemajuan atau kemunduran.
Menciptakan izin untuk memulai sebuah bisnis juga merupakan faktor yang sangat penting. Penyediaan informasi dan kemudahan mendapatkan akses informasi untuk memulai sebuah bisnis di suatu daerah harus dilihat sebagai peluang untuk membangun daerah dan masyarakat lokal setempat. Koordinasi antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat dibutuhkan. Pemerintah lokal dapat memberikan gambaran yang lengkap, sementara pemerintah pusat ikut menyediakan modal untuk pembangunan infrastruktur, sehingga pemerintah daerah mampu membangun infrastruktur yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan daerahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: