Pemimpin Komunikatif (4) Septo Indarto (Team Double S)

26 Jan

Pemimpin Komunikatif (4)
Septo Indarto (Team Double S)

Dalam organisasi Anda diisi oleh orang dari berbagai macam latar belakang, ini adalah sebuah kekayaan dan kekuatan, karena keberagaman akan menciptakan pandangan yang luas bagi seorang pemimpin untuk dapat mengatur organisasinya sebaik mungkin. Keberagaman akan menciptakan kekuatan tim yang solid karena setiap orang akan menerima berbagai macam perbedaan cara berpikir, berkomunikasi dan bertindak, tetapi hal ini yang menciptakan kehidupan yang sangat indah, kita didunia akan melihat berbagai macam latar belakang budaya dan kemudian mempelajarinya, hal itu akan memperkaya wawasan kita mengenai makna dari sebuah arti kehidupan. Keberagaman adalah rahmat dari Tuhan, hal ini harus kita syukuri tanpa itu kehidupan akan berjalan monoton dan sangat membosankan.
Oleh karena itu sangat penting sekali bagi seorang pemimpin untuk mempelajari mengenai berbagai macam kebudayaan, sehingga hal itu akan menambah wawasan dan menciptakan kualitas kepemimpinan yang luar biasa. Ini merupakan sebuah kekuatan moral jika seorang pemimpin dapat memimpin sebuah organisasi dan didalamnya terdapat banyak orang-orang yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda. Pemimpin akan di uji mengenai hal ini:
1. Apakah dia mampu memimpin organisasi yang diisi oleh orang-orang yang mempunyai latar belakang budaya yang berbeda.
2. Apakah mempunyai wawasan yang luas untuk mempelajari budaya-budaya lain.
3. Apakah mampu berkomunikasi dengan semua orang yang mempunyai latar belakang budaya yang berbeda.
4. Apakah dia mampu menciptakan team work yang solid dan menyantukan visi anak buahnya.
5. Apakah dia mampu melihat perbedaan sebagai sebuah kekuatan yang luar biasa.
6. Apakah dia mampu menciptakan sebuah solusi dalam tindakan dengan cepat dalam organisasinya dan mendapat dukungan penuh dari anak buahnya.
Budaya yang beragam adalah sebuah kekuatan dalam organisasi, karena Anda perlu mempunyai kekuatan untuk menyatukan mereka, Anda harus yakin bahwa ini adalah sebuah kekuatan yang akan berkembang saat ini dan dimasa yang akan datang. Budaya yang beragam akan menciptakan perspektif yang lebih luas dalam kepemimpinan organisasi, kemampuan seorang pemimpin sangat ditentukan oleh kemampuan dirinya.
Para pemimpin komunikatif juga sudah menyadari bahwa kehidupan dimuka bumi diisi oleh kekayaan budaya yang sangat banyak, mempelajari budaya lain adalah sebuah keharusan untuk dapat memimpin sebuah organisasi, kita akan melihat hal-hal yang baru, kita akan mempelajari bahasa yang berbeda, kita akan mempelajari adat istiadat yang berbeda. Oleh karena itu kualitas kepemimpinan akan ditentukan oleh diri kita sebagai seorang pemimpin.
Organisasi yang berisi orang-orang yang mempunyai latar belakang budaya yang berbeda akan memperkuat organisasi itu untuk mencari orang-orang yang berbakat dalam kepemimpinan di masa yang akan datang. Karena kehidupan berjalan sangat dinamis, pola pikir yang penuh dengan keterbukaan adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin. Ini menyangkut integritas dan nilai Anda pribadi sebagai seorang pemimpin.
Dimasa menadatang ketika dunia semakin menyatu dan semua orang akan terhubung satu sama lain dengan teknologi informasi, keberagaman adalah kekuatan dan kekayaan, orang akan senang mempelajari kebudayaan lain karena menyadari bahwa kita hidup di dunia dengan penuh keanekaragaman, manusia diciptakan dari berbagai macam latar belakang budaya, tujuannya supaya kita bisa saling mengenal, saling mempelajari, saling menghormati, saling menghargai, tujuannya untuk menciptakan kehidupan yang harmonis di dunia ini dan menciptakan kekuatan yang luar biasa di dalam persatuan. Sebagai seorang pemimpin Anda harus siap dengan kekuatan yang luar biasa itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: