Pemimpin Komunikatif Septo Indarto (Team Double S)

24 Jan

Pemimpin Komunikatif
Septo Indarto (Team Double S)

Kita sering mendengar dan membaca mengenai pemimpin komunikatif di berbagai seminar dan juga majalah tentang motivasi dan bisnis. Para ahli managemen selalu mengatakan bahwa pemimpin komunikatif adalah pemimpin yang diperlukan untuk memimpin sebuah organisasi, dia harus mengenal lingkungan internal dan lingkungan eksternal organisasi. Pemimpin yang komunikatif adalah dambaan setiap orang.
Pemimpin komunikatif seperti John F. kennedy, Sukarno, Barack Obama, Jack Welch selalu mampu menyampaikan ide-ide mereka yang mudah dipahami oleh setiap orang dan juga mampu memberikan motivasi kepada semua orang. Ada yang mengatakan bahwa menjadi pemimpin komunikatif telah mewarisi bakat itu sejak lahir, tetapi walaupun bakat itu telah ada sejak lahir, pribadi yang bersangkutan harus tetap melatih gaya bicara dan mampu menjelaskan mengenai ide-ide yang disampaikan kepada para pendengarnya atau bawahan mereka.
Pemimpin komunikatif memang sangat diperlukan dalam sebuah organisasi, karena ini menyangkut jalannya organisasi di masa mendatang, para pemimpin komunikatif mampu memberikan arahan yang jelas kepada para pengikutnya mengenai visi dan misi organisasi dan kerangka kerja dalam jangka pendek dan jangka panjang. Pemimpin komunikatif mampu melihat sebuah tantangan menjadi sebuah peluang, itu terjadi di perusahaan Google, ketika para karyawan melihat sebuah proyek yang diciptakan harus mampu menjadi sebuah inovasi yang dapat mengubah budaya kerja setiap orang. Contohnya Google Map adalah proyek ambisius Google, ketika pertama kali dibuat banyak sekali masukan-masukan untuk terus disempurnakan saat ini menjadi sebuah program aplikasi yang dibutuhkan oleh setiap orang, baik untuk bekerja, mencari alamat seseorang, menangani bencana alam dll.
Karena dalam menjalankan sebuah roda organisasi kemampuan komunikasi adalah segalanya, itu berlaku dimana saja. Seorang pemimpin harus mengetahui cara berkomunikasi, kapan harus berkomunikasi, dan hal apa yang harus dikomunikasikan secara efektif dan efisien. Bahwa pemimpin yang baik akan menjadi komunikator yang baik. Dia mampu bekerja bersama-sama dengan bawahanya mengenai target-target yang akan dicapai. Karena hasil yang baik akan menciptakan kesuksesan besar bagi dirinya dan bawahannya dalam menjalankan sebuah organisasi.
Dalam transparent Leadership, para pemimpin harus mengetahui dengan baik karakter anak buahnya dan anak buahnya juga harus mengetahui mengetahui karakter pemimpinnya. Komunikasi dua arah sangat diperlukan. Karena budaya keterbukaan akan menciptakan rasa tanggung jawab bersama. Bagaimana jika seorang pemimpin tidak mengetahui karakter anak buahnya dan juga anak buahnya tidak mengetahui karakter pemimpinnya, maka tidak akan tercipta sebuah komunikasi yang efektif dan itu akan terus menganggu kinerja organisasi. Budaya keterbukaan bukan hanya menciptakan sebuah rasa tanggung jawab bersama tetapi juga dapat menciptakan sebuah kebersamaan, ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas kerja team work untuk semakin sulit.
Pemimpin komunikatif juga harus menciptakan target-target yang akan diselesaikan dan melihat masa depan sebagai peluang untuk memajukan kinerja organisasi, dia harus fleksibel dalam mengatur sebuah managemen tim, mampu menganalisa masalah yang dihadapi, mampu menampung aspirasi-aspirasi dari anak buahnya. Dia juga harus berani mengukur kinerja tim, apakah mengalami kemajuan atau mengalami kemunduran dan tahu waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan bawahannya mengenai kinerja tim dan terus melakukan inovasi kebijakan dengan gebrakan-gebrakan yang baru. Dia harus mempunyai langkah yang dinamis untuk terus bergerak dan siap menghadapi tantangan dimasa depan dan terus memperkuat budaya kerja organisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: