Pemimpin Komunikatif (2) Septo Indarto (Team Double S)

24 Jan

Pemimpin Komunikatif (2)
Septo Indarto (Team Double S)

Mampukah Anda melihat lingkungan Anda di organisasi Anda dan mengadakan pendekatan personal untuk lebih memahami lingkungan Anda dan berdialog dengan mereka dalam suasana santai dan penuh dengan kekeluargaan. Ini adalah sebuah langkah yang bagus untuk menjalin sebuah komunikasi. Hal yang menarik Anda akan dapatkan adalah Anda akan menemui karakter yang beragam dalam lingkungan Anda, apa kelebihan mereka dan apa kekurangan mereka. Ini mengenai sebuah langkah yang tepat untuk menjalin sebuah komunikasi dua arah dengan tim Anda, hal itu akan menciptakan suasana kekeluargaan yang penuh sikap saling menghargai satu sama lain.
Anda harus mampu menciptakan kondisi yang ideal bagi diri Anda sebagai seorang pemimpin, hal yang terbaik adalah bagaimana Anda menciptakan suasana itu dari diri Anda terlebih dahulu. Anda harus mampu mengkomunikasikan mengenai visi dan misi Anda kepada semua staff, apa yang akan kita lakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang, dimana posisi dan kekuatan perusahaan kita dalam lima dan sepuluh tahun mendatang, apakah kita cukup kuat untuk bergerak maju, bagaimana cara meningkatkan kualitas dari produktivitas para pegawai. Hal itu semua perlu Anda katakan kepada semua staff di perusahaan Anda, jadi mereka mengetahuinya mengenai target-target yang akan dicapai dalam jangka pendek dan jangka panjang. Ini membutuhkan komitmen yang kuat antara diri Anda dan para staf. Hubungan pribadi yang baik harus diciptakan ketika akan melangkah bersama dalam memajukan organisasi perusahaan.
Anda juga harus sering turun ke lapangan mengevaluasi kinerja para staff di tiap departemen, ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemajuan yang telah dicapai, jika para staff mengalami kesulitan dalam mencapai target yang telah Anda tetapkan maka Anda harus member pengarahan yang jelas dan bimbingan yang teratur kepada para staff supaya mereka dapat mengerjakan target-target yang menjadi prioritas perusahaan. Para staff di tiap departemen membutuhkan motivasi dari diri Anda sebagai seorang pemimpin ini adalah hal yang alami, mereka menginginkan pemimpin yang dapat dijadikan contoh dan mereka akan merasa bangga dengan kedekatan Anda kepada diri mereka, mereka tentunya akan menghormati diri Anda karena Anda telah dirasakan dekat dengan diri mereka. Hubungan pribadi yang baik dalam lingkungan kerja yang professional adalah salah satu jalan untuk menuju kesuksesan bersama, karena dalam jangka panjang akan menciptakan team work yang solid dan telah mengetahui kelebihan dan kelemahan dari masing-masing individu.
Anda bersama para staff juga harus sering berdiskusi mengenai tantangan dan kesulitan yang sedang dihadapi dan juga mencari jalan keluarnya. Ini sangat penting untuk menciptakan suasana kerja yang positif dan membangun untuk memberikan motivasi satu sama lainnya. Anda harus berbicara jujur dengan staff Anda dan tidak menutupi apa yang sedang terjadi dengan sikap seperti itu para staff juga akan bersikap jujur dengan Anda dan selalu menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi, ini penting sekali untuk menyelesaikan setiap masalah agar tidak menjadi besar di kemudian hari.
Anda harus berani menyampaikan visi Anda kepada para staff dengan etika, integritas, komunikasi yang efektif, dan sopan. Karena setiap orang akan melihat diri Anda sebagai seorang pemimpin. Oleh karena itu bersikaplah sebaik mungkin di depan mereka tapi jangan terkesan dibuat-buat tetapi bersikap baik dengan tulus dan alami, itu akan membuat mereka para staff akan menyukai diri Anda dan akan selalu mendengarkan apa yang Anda katakana karena mereka para staff telah merasa nyaman dengan diri Anda dan mereka akan bekerja sebaik mungkin untuk menjadi tujuan-tujuan yang telah ditetapkan perusahaan menjadi sebuah target bersama bagi kesuksesan tim di dalam sebuah organisasi perusahaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: