Loyalitas Karyawan Kepada Perusahaan Septo Indarto (Team Double S)

24 Jan

Loyalitas Karyawan Kepada Perusahaan
Septo Indarto (Team Double S)

Saat ini ketika persaingan antar perusahaan semakin ketat, maka untuk mencari loyalitas karyawan kepada perusahaan adalah hal yang sulit, apalagi karyawan-karyawan yang mempuyai kompetensi bagus dalam bidang pekerjaannya maka dia dapat pindah ke perusahaan yang lain jika dia sudah merasa tidak cocok dan tidak nyaman ketika bekerja di perusahaannya saat ini. Hal ini tentu menimbulkan rasa cemas dan khawatir bagi setiap Top Management disetiap perusahaan. Bagi karyawan, mereka menginginkan perusahaan tempatnya bekerja bukan hanya memberikan gaji dan bonus saja setiap bulan, tetapi juga menjadi tempat yang menarik bagi pengembangan karir, mempynyai team work yang solid dalam bekerja, komunikasi yang efektif, pengambilan sebuah keputusan yang cepat tanpa birokrasi yang berbelit-belit. Ini adalh impian banyak para karyawan yang berlaku secara universal, dimana pun mereka bekerja diseluruh dunia.
Saat ini kita hidup di era keterbukaan, dimana setiap orang bisa melihat perpektif mengenai pekerjaan dan karir mereka lebih luas dan lebih menantang. Mereka yang bekerja selalu menginginkan bekerja ditempat yang terbaik, oleh karena itu mereka para karyawan bekerja juga dengan loyalitas tinggi dan menunjukkan keahlian mereka di tempat kerja. Mencari karyawan yang ingin bekerja terus di perusahaan kita, memang tidak semudah apa yang kita pikirkan, karena jalannya sebuah organisasi perusahaan bersifat dinamis, karyawan juga akan melihat dan berpikir apakah tempat mereka bekerja saat ini adalah tempat yang terbaik ketika mereka sudah bekerja selama lima atau delapan tahun. Jika tidak mereka akan pergi dan mencari perusahaan-perusahaan yang memberikan hal-hal terbaik yang mereka inginkan. Karena semakin lama para karyawan bekerja, mereka hanya menginginkan dua hal yaitu kesempatan finansial yang lebih baik dan kemajuan karir. Karyawan saat ini selalu dengan kesadaran sendiri meng up grade diri mereka untuk menjadi karyawan yang berkualitas dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Ini adalah sebuah kesadaran diri yang mereka lakukan, karena saat ini setiap karyawan menyadari bahwa persaingan dalam dunia kerja akan semakin ketat dan dinamis, oleh karena itu meningkatkan kualitas diri adalah hal utama yang telah menjadi prioritas.
Karyawan akan menjadi setia kepada tempat dia bekerja karena merasa nyaman secara emosional dengan lingkungannya, mempunyai atasan yang selalu memberikan motivasi kerja, mempunyai team work yang solid sehingga mampu menyelesaikan semua target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Adanya kompetisi yang sehat antar karyawan sehingga menciptakan motivasi untuk melaksanakan tugas sebaik mungkin.
Karyawan merasa tidak betah dengan tempat kerjanya saat ini, karena merasa tidak ada keterikatan emosional dengan lingkungannya. Lingkungan dilihat sangat kaku, pola komunikasi hanya satu arah yaitu atasan-bawahan, team work yang lemah karena satu sama lain saling berkompetisi untuk kepentingan pribadi, hal ini tidak jarang menciptakan lingkungan yang tidak harmonis dan menciptakan politik kantor yang negative, sehingga satu sama lain menciptakan banyak isu yang tidak mempunyai bukti kuat. Pada akhirnya menciptakan kekacauan dalam lingkungan kerja. Maka tidak heran banyak kemudian karyawan yang pindah dari tempat kerjanya dan mencari tempat kerja yang baru yang sesuai dengan harapannya.
Jika karyawan ingin mempunyai loyalitas yang tinggi maka perusahaan harus menciptakan lingkungan kerja senyaman mungkin, perusahaan harus memberikan perhatian apa yang diinginkan oleh para karyawan dan tantangan apa yang membuat mereka akan semakin maju dari waktu ke waktu, ini memang membutuhkan proses yang panjang, oleh karena itu perusahaan harus mampu beradatapsi dengan pola kerja yang baru yaitu memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengeksplorasi kemampuannya sebaik mungkin dan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembangkan dirinya untuk menciptakan kompotensi terhadap keahliannya, hasilnya adalah baik perusahaan dan karyawan sama-sama untung, karena sumber daya manusia yang berkualitas adalah asset dan senjata perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan lain. Ini yang harus menjadi perhatian bagi semua perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: