Kebijakan Ketat Perusahaan Septo Indarto (Team Double S)

23 Jan

Kebijakan Ketat Perusahaan

Septo Indarto (Team Double S)

 

Mengelola perusahaan dengan kebijakan yang ketat harus dilaksanakan untuk menghindari praktik-praktik yang tidak sesuai dengan aturan berlaku yang telah dibuat dan disepakati secara bersama-sama. Terlihat sangat mudah tetapi dalam praktiknya sangat sulit. Praktik-praktik curang dimasa mendatang harus kita waspadai ini bisa terjadi di dalam organisasi perusahaan Anda dan dalam jangka panjang akan membuat perusahaan Anda dalam kesulitan yang panjang. Berbagai cara sering ditempuh untuk menghindari skandal-skandal yang diciptakan dalam organisasi khususnya para staf internal, seperti membuat laporan palsu, penyelewengan keuangan dan ditulis dalam laporan keuangan dengan angka-angka yang terlihat wajar, kepemimpinan yang salah arah yang dilakukan oleh atasan, tidak adanya komunikasi yang efektif antar pegawai, kerja sama tim yang lemah, banyaknya isu politik kantor yang sengaja diciptakan untuk menjatuhkan semua orang, sering terlihat akrab dengan atasan tetapi tujuannya untuk mendapatkan kenaikan jabatan.

Penyelewengan-penyelewengan ini telah terjadi diseluruh dunia dan telah berlangsung cukup lama. Transpransi adalah sebuah kekuatan baru untuk membuka skandal-skandal yang tidak baik di organisasi perusahaan. Perusahaan yang bekerja dengan tidak efisien menyebabkan pergerakan mereka dalam persaingan cenderung melambat atau stagnan. Jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan kesulitan dan menurunkan kinerja perusahaan dengan ditandai produktivitas para pegawai yang turun, orientasi yang tidak jelas dalam menjalankan sebuah tugas, setiap orang memiliki pandangan yang paling benar untuk menjalankan kebijakan yang telah disepakati, pada akhirnya yang kita lihat adalah sebuah kehancuran yang luar biasa.

Menjalankan program kebijakan ketat perusahaan adalah hal yang mutlak, memang pada awalnya sangat tidak mudah untuk mengetahui kecurangan-kecurangan yang tidak terlihat oleh karena itu membutuhkan waktu, tetapi top management harus segera melakukannya, jika tidak maka akan terjadi konflik internal yang sangat panjang dan pada akhirnya menciptakan ketidakstabilan jalannya perusahaan. Ini menjadi sebuah hal yang menakutkan bagi kita semua. Kita ingin bekerja dalam lingkungan yang normal yang penuh keterbukaan bukan lingkungan yang tidak normal, penuh skandal-skandal, satu sama lain menjatuhkan karena mempunyai orientasi hanya satu siapa yang paling berkuasa?

Kekuasaan dalam organisasi perusahaan bisa mencari incaran bagi siapa saja, karena setiap setiap orang dalam jangka waktu tertentu mempunyai sebuah maksud atau tujuan yang tidak hanya sekedar untuk bekerja, tetapi menginginkan hal yang lebih. Ini adalah sebuah peristiwa yang kita sering lihat dilingkungan kerja kita, seperti Bapak A ternyata mempunyai ambisi untuk menjadi seorang direktur di perusahaan dan menggunakan segala cara termasuk kampanye di dalam organisasi internal perusahaan, seperti menggunakan twitter, facebook, BBM yang semuanya ditujukkan kepada semua staff perusahaan untuk mendukung dirinya untuk mendapatkan jabatan yang tinggi.

Para Top Management harus pintar untuk mengamati fakta yang terjadi dalam organisasi internal perusahaan, karena sifatnya tidak terlihat, jika Top Management terlambat untuk mengetahui masalah-masalah ini, maka akan fatal kejadiannya, konflik yang terjadi akan terus berkembang dan lebar menjadi sebuah konflik yang sulit untuk ditangani. Ini memerlukan perhatian yang serius dan tidak bisa dianggap sebuah masalah kecil. Jika Top Management menganggap ini sebuah masalah yang kecil maka akibatnya sangat fatal, karena yang akan timbul adalah persaingan yang tidak sehat.

Kode etik perusahaan? Jika itu yang selalu menjadi sebuah pertanyaan, semua perusahaan mempunyai kode etik, tetapi yang sering kali menjadi masalah adalah apakah kode etik itu dipatuhi dan dijalankan oleh semua staff dan para top management. Jika tidak dijalankan itu hanya menciptakan banyak masalah baru, karena kode etik adalah rambu-rambu yang mengingatkan setiap orang untuk mematuhi setiap peraturan yang dibuat, tetapi sering kali dilanggar untuk sebuah kepentingan maka itu akan menciptakan banyak masalah. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: