Kebijakan Ketat Perusahaan (III) Septo Indarto (Team Double S)

23 Jan

Kebijakan Ketat Perusahaan (III)

Septo Indarto (Team Double S)

 

Jika Anda menjadi seorang pemimpin apakah Anda akan melakukan sebuah aksi untuk menyelamatkan organisasi Anda ketika Anda telah merasakan sesuatu yang tidak beres atau melihat sesuatu yang akan menciptakan sebuah kehancuran kepada organisasi Anda?

Apakah Anda akan menunggu sampai akar masalah itu diketahui kemudian baru membuat sebuah tim untuk menyelidiki masalah tersebut, kemudian menganalisa masalah tersebut, baru menciptakan sebuah kesimpulan dan menetapkan sebuah aksi untuk menyelesaikannya?

Tapi apa yang Anda lakukan semuanya terlambat, Anda tidak bergerak cepat menyelesaikan masalah yang terjadi, Anda mungkin dapat menyelesaikan masalah tersebut satu per satu, tetapi yang menjadi sebuah pertanyaan adalah seberapa cepat solusi bisa diambil dan diciptakan ketika Anda harus berpacu dengan waktu yang singkat, sementara itu roda perusahaan terus bergerak.

Hal yang terbaik adalah Anda harus bertindak ketika sudah melihat hal yang tidak beres yang akan menganggu kinerja perusahaan, Anda harus bergerak cepat hal ini dikarenakan Anda berpacu dengan waktu dan harus menyelamatkan perusahaan dari kehancuran, kredibilitas Anda sebagai seorang pemimpin perusahaan sangat dipertaruhkan, hal ini akan menyangkut integritas Anda, langkah apa yang Anda ambil, pikirkan dengan matang, lihat lingkungan sekeliling Anda, siapa pencipta masalah dalam internal organisasi. Poinnya Anda harus bergerak cepat. Karena semakin cepat maka masalah akan lebih cepat terbuka dan Anda mampu menciptakan sebuah solusi untuk menyelamatkan roda organisasi perusahaan Anda.

Langkah-langkah Anda bergerak dalam menyelesaikan permasalahan dalam organisasi Anda akan menentukan masa depan perusahaan, ini tidak boleh dianggap pekerjaan yang mudah. Sekali lagi Anda harus bergerak dengan cepat, karena ini menyangkut kredibilitas Anda, hal yang terpenting Anda harus perhitungkan adalah jangan sampai media mengetahui sedang terjadi masalah dalam organisasi internal Anda, jika media telah mengetahui maka permasalahan internal organisasi Anda telah menjadi bahan berita di dalam masyarakat dan menjadi konsumsi publik, sehingga publik akan melihat dan terus mengamati apa yang Anda lakukan, sekali lagi ini menyangkut integritas Anda sebagai seorang pemimpin. 

Pemimpin yang baik dalam memimpin sebuah perusahaan adalah keberanian bertindak, ketika melihat ada sesuatu yang tidak beres maka dia akan bertindak supaya masalah tidak menjadi masalah yang besar, karena masalah yang besar membutuhkan proses waktu yang lama untuk menyelesaikannya dan akan membuang energi yang besar, apalagi jika media memberitakan secara besar-besaran dan sesuai dengan kronologi maka itu akan mengancama kredibilitas Anda, publik akan bertanya apakah Anda memang layak yang menjadi pemimpin sebuah organisasi perusahaan atau malah menjadi orang yang menjadi berita besar karena tidak mampu menjadi seorang pemimpin karena telah gagal total mengelola sebuah masalah internal dalam organisasi perusahaan.

Dalam dunia teknologi yang semakin canggih, penyebaran berita akan semakin cepat dan mudah melalui web site berita dan sosial media, jika Anda gagal menciptakan sebuah solusi yang tepat untuk dapat menyelesaikan masalah yang terjadi maka itu akan mengancam karir Anda dimasa yang akan datang. Masalah besar yang terjadi di dalam internal organisasi perusahaan karena para pemimpinnya atau top management tidak mampu mengelola masalah yang terjadi dan membiarkan berkembang menajdi besar dan pada akhirnya menghancurkan kredibiltas mereka, karena orang akan menilai tidak mempunyai kemampuan yang memadai.   

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: